Tokoh publik yang satu ini memiliki fakta unik tentang perjalanan karirnya sebagai pemimpin, Sob.  Biar lebih nyaman membacanya, bolehlah sambil duduk atau menikmati kopi sampai tulisan ini tuntas terbaca. Karena 10 fakta unik Anies Baswedan selama memimpin akan diulas dan semoga menginspirasi ya.  

Perjalanan karir yang unik pernah dialami Anies Baswedan.  Fakta yang menarik adalah lompatan karir  beliau yakni dari seorang rektor universitas menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan, Sob. Ini merupakan lompatan karir yang luar biasa. 

Dibalik lompatan karir itu ternyata takdir berbicara lain, Sob. Anies Baswedan ternyata masuk ke dalam daftar menteri yang direshuffle oleh Presiden Joko Widodo setelah kurang lebih satu tahun beliau menjabat sebagai menteri. Tentu alasannya cukup masuk akal karena Presiden Joko Widodo membutuhkan percepatan atas kinerja para menterinya. 

Namun, kini persepsi bahwa kinerja Anies Baswedan kurang selama menjadi menteri ternyata terbantahkan, Sob. Saat ini beliau menjadi pejabat pemerintah DKI Jakarta sebagai seorang gubernur. Beliau menjabat menggantikan kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sejak tahun 2017. 

Ada banyak fakta unik dari kepemimpinan Anies Baswedan, tetapi dalam tulisan ini hanya sepuluh fakta yang akan diulas. Sepuluh fakta unik Anies Baswedan selama memimpin berikut ini mampu memberikan inspirasi bagi siapa pun yang kelak ingin menjadi pejabat publik. 

1. Berani Bicara Fakta

Seorang pemimpin harus berbicara apa adanya tentang fakta yang terjadi, Sob. Karena dengan mengatakan fakta, pemimpin sama halnya berbicara kejujuran dan kebenaran. Meskipun hal tersebut terasa pahit dan getir untuk diterima. 

Sosok Anies Baswedan telah lama mengingatkan kepada warganya tentang bahaya Covid-19, Sob. Bahkan rencana PSBB sempat diperdebatkan oleh banyak pihak baik dari kalangan sipil maupun pemerintahan.

Akhirnya, fakta berbicara lain sekarang. Pihak yang meremehkan penyebaran wabah Covid-19 menjadi terdiam. DKI Jakarta menjadi kawasan darurat karena temuan kasus Covid-19 telah mencapai ribuan kasus. Fasilitas kesehatan pun sudah tidak memadai untuk menampung pasien lebih banyak lagi. 

2. Kuat Memegang Prinsip

Selama memimpin, Anies Baswedan sangat menyadari bahwa masyarakat seringkali sulit menerima kebijakannya. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Mulai dari pengetahuan, sosial, sampai dengan politik. 

Fakta unik Anies Baswedan yang perlu disoroti adalah beliau kuat memegang prinsip. Keputusannya mungkin tidak dianggap tepat menurut kebanyakan orang, Sob. Namun, beliau yakin pasti ada masa dimana masyarakat akan menyadari bahwa sebenarnya kebijakannya memang tepat.

3. Lapang Dada dengan Kritik

“Dipuji tidak melayang. Dihina tidak tumbang.” Ini adalah quote yang paling popular disampaikan oleh Anies Baswedan, Sob. Bahkan sebelum beliau menjabat sebagai gubernur pun telah lama digaungkan. 

Pantas saja bila beliau selalu tenang menerima kritik. Sepertinya memang beliau memang sudah lapang dada dengan kritik. Fakta unik Anies Baswedan kali ini adalah beliau berterima kasih kepada pada haters karena sudah meluangkan waktu untuk memikirkannya dengan melontarkan kritik-kritik yang pedas. 

4. Suka Menelusuri Masalah 

Mungkin Sobat Ngobi pernah mendengar atau membaca berita tentang Anies Baswedan terkait anggaran belanja lem Aica Aibon mencapai 6 Miliar Rupiah. Berita ini sempat viral seakan-akan mengesankan bahwa beliau memfasilitasi kebiasaan negatif anak untuk “ngelem”. 

Padahal fakta uniknya adalah beliau berusaha menelusuri dan menyesuaikan permasalahan sistem perencanaan anggaran dan belanja, Sob. Sebenarnya, permasalahan ini sudah ada di pemerintahan sebelumnya. Hanya saja, Anies Baswedan berusaha menuntaskannya. Maklum, seringkali berita politik mampu membesar-besarkan permasalahan. Good news is bad news.

5. Pandai Menemukan Peluang

Untuk menembus pasar buku Eropa maka dibutuhkan cetakan buku versi Bahasa Jerman, Sob. Harap maklum karena kiblat ilmu pengetahuan di Eropa berpusat di Jerman. Untuk itulah, bila Sobat Ngobi ingin bukunya tembus pasar Eropa, maka sebaiknya dialihbahasakan terlebih dahulu ke dalam Bahasa Jerman. 

Menyadari peluang ini, Anies Baswedan mengikuti pameran Frankfurt Book Fair 2015 selama 3 hari di Jerman. Karena menghabiskan dana besar mencapai 146 Miliar, Anies Baswedan dituding melakukan penyimpangan dana. Akhirnya, beliau dilaporkan ke KPK. Fakta uniknya, beliau percaya sudah melakukan hal yang benar sesuai prosedur dan tidak mengkhawatirkan kasus tersebut., Sob.

6. Suka Membuat Pembaruan

Gubernur DKI Jakarta yang satu ini pandai membuat pembaharuan. Misalnya soal kasus proses perencanaan dan penyusunan anggaran di pemerintahan. Beliau berusaha untuk membuat aplikasi yang disertai dengan pembaharuan secara berkala. Hal ini sangat efektif untuk mencegah kesalahan staf dalam melakukan entry data

7. Penuh Kehati-hatian

Fakta unik Anies Baswedan berikutnya adalah beliau adalah sosok pemimpin yang penuh kehati-hatian, Sob. Tidak hanya itu, karena beliau berlatar belakang pendidikan tinggi sehingga menjadikannya pemimpin yang mengerti akan data. 

Sebagai contoh, beliau mengerti bahwa jumlah tenaga medis spesialis ICU dan paru-paru mencapai 200 orang di DKI Jakarta.  Sedangkan secara nasional berjumlah sekitar 800 orang. Beliau selalu berusaha memastikan tenaga medis tersebut selalu aman dan tidak berkurang di masa pandemi karena dapat mempengaruhi penanganan kasus Covid-19, Sob.

8. Mengerti Alur Solusi

Seorang Anies Baswedan memang memiliki naluri sebagai peneliti, Sob. Fakta uniknya adalah beliau mengerti alur penyelesaian masalah. Termasuk dalam penyelesaian pandemi. 

Tidak hanya sebatas mengerti kualitas alat tes Covid-19, tetapi juga beliau mengerti tentang infrastruktur penanganan pandemi, Sob. Beliau mengambil contoh kasus wabah SARS di Singapura. Pasca wabah itu, pemerintah Singapura membangun infrastruktur memadai bila ada wabah yang akan datang. Beliau mengerti alur solusi suatu permasalahan. 

9. Jiwa Pemersatu

Yang tidak kalah penting tentang fakta unik Anies Baswedan adalah beliau memiliki jiwa pemersatu, Sob. Beliau menyadari bahwa Indonesia adalah bangsa yang bhineka, sangat beragam. Oleh karena itu, beliau mengimbau untuk menghiraukan isu atau berita yang berdampak memecah belah persatuan dengan menonjolkan perbedaan. 

Sadar atau tidak kebanyakan orang senang dengan berita sensasional tanpa mempertimbangkan dampaknya secara luas. Jadi, Sobat Ngobi sebaiknya lebih berhati-hati dan memilih berita dengan baik. 

10. Mempromosikan Indonesia

Di dalam berbagai kesempatan Anies Baswedan selalu menceritakan bahwa Indonesia adalah masyarakat yang memiliki toleransi terhadap perbedaan dan menerima kesetaraan, Sob. Bahkan, Indonesia yang terdiri dari ratusan suku dan bahasa dapat dipersatukan dengan satu bahasa. Bahasa Indonesia. 

Demikianlah 10 fakta unik Anies Baswedan selama memimpin sebagai pejabat publik. Semoga mampu menambah wawasan dan inspirasi Sobat Ngobi dimana pun dan kapan pun. 

4 Comments

Leave a comment