Setiap orang memang memiliki rasa percaya diri yang berbeda-beda. Ada yang merasa percaya dirinya tinggi, namun ada yang sebaliknya. Rasa percaya diri memang bisa kapan saja tumbuh dalam diri seseorang,  tapi jika kepercayaan diri itu tidak dijaga dengan baik, maka semua itu akan sia-sia, loh sobat ngobi.

Nah, jika anda adalah salah satu orang yang merasa punya kekurangan dalam hal percaya diri atau sering minder, berikut adalah 7 tips psikologi yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anda.

1. Hadapi Ketakutan Anda

Masing-masing orang pasti punya ketakutan tersendiri dalam hidupnya. Tapi hal itu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Rasa takut akan membuat anda berada di zona aman dan menghindari risiko rasa sakit fisik, mental dan emosional. Padahal tanpa hal itu, tubuh dan otak anda bisa menjadi lemah. Ketakutan bisa juga membatasi anda dalam menggunakan bakat dan kemampuan yang ada dalam diri anda. Untuk itu coba eliminasi rasa takut dan pikiran negatif ya, sobat ngobi.

Tanamkanlah dalam hati bahwa tidak ada yang mampu mendatangkan kebaikan atau keburukan sekecilpun kecuali dengan izin Allah pencipta alam semesta.

2. Bangun Rasa Percaya Diri Anda

Trik psikologi untuk anda yang kurang percaya diri lainnya adalah dengan cara membangun kekuatan diri. Hal itu bisa dilakukan dengan memberanikan diri memulai hal apapun, termasuk dalam pekerjaan, bersosialisasi dan sebagainya, karena hal ini bisa memberikan kesan yang positif.

Jika semakin kita mengenal banyak orang, itu bisa dijadikan kesempatan bagi anda untuk bisa mendefinisikan diri di lingkaran sosial baru. Maka dari itu, cobalah lebih terbuka lagi pada orang lain dan melebarkan pertemanan anda di banyak lingkup sosial.

3. Tolonglah Orang Lain

Dengan banyak membantu orang lain, ternyata bisa meningkatkan kepercayaan diri loh sobat ngobi. Menolong orang lain dapat memberi Anda tujuan, meningkatkan keterampilan sosial, menghilangkan stres dan menyuntikkan hal positif ke dalam hidup Anda.

Dengan membantu orang lain, apalagi menunjukkan rasa kasih sayang seperti memeluk seseorang, tubuh anda akan melepaskan hormon oksitosin atau hormon kasih sayang yang akan mengurangi stress dan meningkatkan kepercayaan diri.

4. Lalukan Kontak Mata

Komunikasi yang baik merupakan hal krusial bagi semua orang di dalam sebuah lingkup sosial. Karena itu, ahli psikologi sering mengungkapkan bahwa melakukan kontak mata alias melihat mata pada lawan bicara adalah satu hal wajib dalam sebuah percakapan.

Namun, jika anda menghindari kontak mata, itu menandakan bahwa anda tidak memiliki rasa percaya diri. Jadi, cobalah untuk tetap mempertahankan kontak mata dengan lawan bicara anda ya, sobat ngobi. Tentu ini akan membantu anda mendapatkan kepercayaan diri di lingkungan sosial, bukan?

5. Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Siapa nih, diantara sobat ngobi yang masih suka membandingkan diri dengan orang lain? Sebaiknya mulai dikurangi ya. Sebab, jika anda merasa hidup orang lain terlihat lebih baik dari hidup anda, itu bisa melemahkan kepercayaan diri. Hal ini bisa terjadi karena anda akan cenderung subjektif menilai diri seseorang. Kita jadi berpikir kalau orang lain lebih baik dan membuat diri sendiri seakan bukan apa-apa.

Ingatlah bahwa kita semua berasal dari latar belakang yang berbeda, pengalaman yang berbeda, dan takdir yang tidak mungkin untuk dibandingkan. Selain itu bagaimana cara anda menikmati hidup dengan bahagia dan apa adanya adalah harga mahal yang tidak semua orang bisa lakukan.

6. Memaafkan Diri Sendiri Dan Orang Lain

Setiap orang pernah melakukan kesalahan. Namun, bila Anda terus-terusan menyesali kesalahan dan tidak bisa move on Anda akan terus dihantui oleh rasa bersalah dan selalu merasa minder. Maka dari itu anda harus belajar untuk memaafkan diri sendiri atau orang lain yang pernah menyakiti Anda. Dengan begitu, Anda bisa fokus menata masa depan dengan lebih percaya diri.

7. Terlihat Percaya Diri

Trik terakhir yang paling mudah dan bisa anda lakukan adalah dengan mengubah penampilan agar terlihat seperti orang yang percaya diri. Hal itu bisa anda lakukan dengan berpakaian dengan baik dan rapi sesuai dengan situasi dan kondisi.

Berjalan dengan tegak juga bisa menjadikan Anda terlihat percaya diri. Dengan begitu, orang-orang di sekitar akan melihat Anda sebagai sosok yang berbeda. Bahkan menurut penelitian, bahasa tubuh seperti orang yang percaya diri secara tidak langsung akan mengurangi tingkat stres, lho sobat ngobi.

PENUTUP

Nah, itulah 7 tips psikologi yang dapat meningkatkan kepercayaan diri yang bisa sobat  ngobi terapkan. Jangan berhenti melatih rasa percaya diri dan bangkitlah menjadi pribadi yang lebih kuat ya sobat ngobi..

Untuk pertanyaan hari ini, hal apakah yang masih membuat Anda sering merasa tidak percaya diri?

Leave a comment