Cukup menggerakkan jari-jemarinya menari diatas keyboard sambil bersantai ditempat indah dengan laptop atau ipad ditangan. Yah itulah kelebihan salah satu profesi sebagai penulis lepas atau biasa disebut freelance writer.

Dengan tingginya persaingan media digital saat ini maka pekerjaan yang satu ini semakin banyak dibutuhkan kedepannya untuk menyajikan informasi yang cepat dan terus terupdate.

Nah jika Anda memiliki bakat atau keinginan memulai karir sebagai penulis lepas atau freelance writer, maka wajib baca artikel ini sampai habis ya!

Kita akan membahas bidang pelulisan yang bisa menjadi spesialisasi Sobat Ngobi, dimana untuk masing-masing bidang tersebut membutuhkan keterampilan yang berbeda-beda.

Apasaja pekerjaan pelulis lepas alias freelance writer?

1. Penulis Resume & CV

Menulis resume dan CV bisa menjadi pekerjaan freelancer yang menguntungkan. Itu karena banyak orang memerlukan resume baru atau surat curriculum vitae setiap tahunnya. Menurut badan pusat statistic Indonesia, Di negara kita jumlah penganggurannya mencapai 5% atau kurang lebih sekitar 13,5 juta orang menganggur.

Itupun kalua datanya valid, ayo coba sobat ngobi yang masih nganggur tulis di kolom komentar biar nanti pemerintah sadar.

Baik kembali ke topik, nah makanya menjadi seorang penulis Resume atau CV tentu merupakan peluang besar. Resume sendiri merangkum diantaranya;

  • pendidikan
  • keterampilan, dan
  • pencapaian karier para pencari kerja.

Sementara CV berfokus pada daftar riwayat hidup yang lebih lengkap.

2. Penulis Deskripsi Produk

Pada tahun 2020 pada situs Statista.com, mereka memperkirakan akan ada lebih dari 2 Miliar pembeli online di seluruh dunia. Dimana setiap produk yang mereka beli akan membutuhkan deskripsi produk. Deskripsi produk seperti sebuatn namnya: mendeskripsikan suatu produk untuk menarik pembeli potensial.

Menurut NNGroup, 20% orang tidak jadi membeli di situs web karena mereka tidak dapat memahami deskripsi dari produk tersebut. Dengan deskripsi produk yang berdampak langsung pada tingginya penjualan, maka penulis deskripsi produk tentu akan sangat diminati.

Di Indonesia sendiri situs ecommerce semakin banyak yang tentu bisa menjadi pundi-pundi penghasilan sobat ngobi.

3. Penulis Konten Website

Sebagai penulis lepas konten website, Anda akan memiliki banyak peluang. Menurut Internet Live Stats, ada sekitar 2 miliar situs online saat ini, dan jumlahnya bertambah setiap detik.

Semua situs web tersebut membutuhkan konten, sehingga tidak mengherankan bahwa rata-rata di setiap tahunnya memperkirakan bahwa permintaan penulis akan meningkat sekitar 8% per tahun.

Konten situs website tentu sangat bervariasi, mulai dari tulisan yang ditulis untuk halaman beranda dan tentang situs, hingga tulisan untuk halaman landing page dan blog. Selain itu tulisan ini juga banyak bidangnya seperti kesehatan, bisnis, otomotif dll.

4. Proofreader atau Editor

Dengan begitu banyak situs website online, ada banyak permintaan untuk konten website, dan penting bagi bisnis untuk terus memperbaikinya. Itulah sebabnya menjadi freelancer proofreader atau editor adalah karir freelance yang bermanfaat. Dimana kerjaan Anda adalah memperbaiki dan mengoreksi tulisan yang ada di website.

Beberapa orang kadang menjadi bingung tentang perbedaan antara mengedit dan mengoreksi. Inilah perbedaannya. Editor memeriksa gaya bahasa, nada, alur cerita, dan lainnya, dan memastikan konten tersebut menyampaikan pesan yang tepat.

Sementara untuk Proofreaders lebih fokus untuk memastikan tidak ada kesalahan yang fatal, seperti kesalahan pengetikan dan ejaan dan tata bahasa.

5. Translator atau Penerjemah

Di era ketika orang dapat mengakses konten dari mana saja di dunia, bisnis wajib memerlukan layanan penerjemah. Itulah mengapa menjadi penerjemah lepas alias freelance translator adalah pilihan karier yang layak dipertimbangkan.

Misalnya, apakah Anda tahu bahwa hanya 20% populasi dunia berbicara bahasa Inggris, dan hanya seperempat dari mereka yang berbicara menggunakan bahasa ibu? Itulah alasan bagus untuk menganggap penerjemah lepas sebagai karir yang layak.

Rata-rata setiap tahunnya permintaan untuk penerjemah nda juru Bahasa meningkat 18% setiap tahunnya. Menarik bukan?

6. Penulis Kreatif

Penulis kreatif atau creative writer adalah tentang bercerita, tetapi akhir-akhir ini, penulis kreatif tidak hanya menulis novel saja.

Keterampilan menulis kreatif sangat diminati dalam bisnis, karena perusahaan ingin menjangkau target audiens mereka dengan cerita yang menarik. Karena dengan cerita penulis akan mampu membawa emosi para audiens-nya sehingga tertarik untuk membeli.

Penulis kreatif juga berguna dalam industri media dan hiburan yang diperkirakan akan berlipat ganda antara 2016 dan 2020. Permintaan akan penulis lepas dan penulis reguler tumbuh sekitar 8% per tahun,

7. Penulis Artikel & Blog

Jika Anda mempertimbangkan berapa banyak situs website yang online setiap menitnya, Anda akan menyadari bahwa permintaan akan konten tidak akan hilang.

Artikel dan posting blog adalah bagian penting dari konten tersebut. Artikel dan posting blog membantu bisnis menarik dan mempertahankan perhatian pengunjung situs website, dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan, jadi jenis karir penulis ini adalah keterampilan pokok yang wajib bagi penulis di abad ke-21.

Lalu Apa perbedaan antara artikel dan posting blog? Saat ini, tidak begitu jelas. Artikel-artikel dulunya lebih panjang, karya-karya berbasis penelitian, yang kadang-kadang dihasilkan dari wawancara. Sementara Postingan blog lebih pendek, kurang obyektif.

Tetapi saat ini, banyak situs yang mempublikasikan tulisan blog dalam bentuk panjang, dengan perhatian terhadap detail sama banyaknya dengan artikel.

8. Sales Copywriter

Saat ini, setiap bisnis online, dan semua bisnis perlu menjual produk dan layanan kepada pelanggan mereka. Itulah salah satu alasan mengapa menjadi sales copywriter atau penulis promosi masuk akal bagi para freelancer.

Tulisan promosi menjadi sangat diminati, dan mereka yang melakukannya dengan baik membantu perusahaan memperoleh ratusan juta – atau bahkan milyaran rupiah keuntungan. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang karir lepas ini.

9. Transcriptionist

Menjadi seorang transcriptionist adalah pilihan yang bagus untuk karir freelancer. Seperti pertunjukan lepas lainnya, ini memungkinkan Anda menentukan waktu Bekerja Anda sendiri dan sangat fleksibel. Anda juga dapat bekerja di beberapa bidang seperti: bidang medis, hukum, atau bisnis – atau hanya transkripsi umum.

Transkripsi berarti mengubah file audio menjadi teks. Dengan podcasting dan video menjadi lebih populer, ada lebih banyak lagi kebutuhan untuk jasa transkripsi yang dapat diandalkan kedepannya.

Kesimpulan

Nah, itulah 9 Jenis spesialisasi dalam bidang penulis bagi sobat ngobi yang ingin menjadi freelance writer. Tetap semangat berkarya dengan menggoreskan pena sobat ngobi diatas kertas ya.

Jangan lupa juga untuk bergabung di komunitas Freelancer Indonesia sob. Tempat kita akan sharing seputar freelancer dan berbagi informasi pekerjaan kedepannya.

Untuk pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya, atau bisa juga membaca artikel kami lainnya tentang dunia freelance

14 Comments

Leave a comment