“Aku pengennya bekerja sesuai dengan passion.” Pernah dengar pernyataan itu? Lantas sebenarnya apa arti passion itu? Mengapa kini banyak anak muda yang bersikeras ingin bekerja sesuai dengan passion.  Seberapa besar peran passion dalam kehidupan seseorang? 

Ternyata pertanyaan seberapa pentingnya passion itu terjawab dalam quote yang dilontarkan oleh Dr. Gamal Albinsaid. Bunyi dari quote tersebut adalah sebagai berikut:

“If you follow your passion, money, people, and impact will follow you.” 

Dr. Gamal Albinsaid

Banyak orang membicarakan passion, lantas apa arti passion? Dan bagaimana cara menemukan passion kita? Pembahasan ini akan kita ulas disini. Simak terus ya, Sob.

Apa Arti Passion ?

Apa arti passion dalam bahasa Indonesia? Kalau dialihbahasakan dalam bahasa Indonesia, passion disebut juga dengan renjana atau gairah. Bila ditelisik secara makna sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia arti dari kata renjana sendiri adalah rasa hati yang kuat. 

Nah, kalau diinterpretasikan dengan pernyataan bekerja sesuai dengan passion, maka artinya bekerja sesuai dengan rasa hati yang kuat. Biasanya anak muda menyederhanakannya dengan bekerja sesuai dengan hobi. 

Sedangkan bila dilihat apa arti passion menurut Wikipedia, maka arti passion adalah perasaan, dorongan, atau hasrat yang kuat terhadap seseorang atau sesuatu. 

Apa arti passion menurut seorang penulis buku Be A Passionpreneur, Edvan Kautsar?

Edvan mendefinisikan passion sebagai suatu energi dari dalam diri yang membuat kita semangat dan tak merasa kelelahan dalam menjalani hidup dan membuat pikiran kita terus aktif bekerja. 

Contohnya seperti ini, setiap hari Edvan Kautsar memiliki jadwal yang padat untuk roadshow dan mengisi seminar di berbagai tempat yang berbeda. Pernah ada orang yang bertanya pada Edvan,

“Apakah kakak tidak capek setiap hari seminar sampai tiga tempat?”

Edvan menjawab dengan santai, “Saya tidak capek karena yang saya lakukan itu hobi saya dan saya menikmatinya.” 

Begitulah gambaran passion. Seseorang yang bekerja dengan passion, adalah orang yang bekerja sesuai dengan hal yang digemarinya. Sehingga, ketika ia bekerja rasanya seperti tidak bekerja. Ada kecintaan yang dalam ketika menjalankan pekerjaannya. Sehingga, seringkali waktu berjalan dengan cepat. 

Benar juga yang disampaikan oleh Dr. Gamal Albinsaid, ketika kita mengikuti passion kita, maka uang, kehormatan, bahkan kekuasaan akan datang sendiri pada kita. Mengapa hal itu bisa terjadi? 

Analoginya adalah seperti berikut, ingatkah kamu ketika pertama kali jatuh cinta? Bagaimana usaha yang kau lakukan untuk mendapatkan hati pujaanmu? Tentu, kamu akan melakukan segala cara dengan penuh cinta dan bahagia berharap akan mendapatkan hati sang pujaan. 

Begitulah bekerja dengan passion, ketika kita mengerjakan hal yang kita cintai, maka kita akan mengerahkan hal terbaik dari diri kita. Kita mencurahkan pikiran, ide kreatif, tenaga, waktu terbaik kita untuk pekerjaan kita. Kita tidak mau asal-asalan dalam mengerjakannya. Sehingga, otomatis uang pun datang sendiri dari arah tak disangka-sangka. 

Misalnya, kamu bekerja sebagai seorang programmer sebuah perusahaan. Kamu bekerja menjadi programmer karena passion yang kamu punya adalah memainkan logika dengan bahasa komputer. Kamu pun bekerja maksimal dan memberikan hasil yang luar biasa untuk perusahaan. Bos kamu yang menilai dedikasimu dalam bekerja bisa jadi bangga dan memberikan kepercayaan dan jabatan yang lebih dan otomatis uang pun mengikuti. 

Wah, senang ya bekerja sesuai dengan passion? Apakah kamu sudah tahu apa passionmu, Sob? Kalau sudah, syukurlah karena kamu tinggal membuat peta kehidupanmu. Kalau belum, jangan khawatir! Kamu akan diberitahu bagaimana cara menemukan passionmu, Sob.

Cara Menemukan Passion 

Pernah dengar nggak keluhan teman-temanmu, Sob. Keluhan seperti ini:

“Aduh, aku nggak tahu apa bakatku.”

“Aku nggak tahu kelebihanku.”

“Aku bingung mau jadi apa, jangan-jangan aku nggak punya kelebihan apapun.”

Kalau pernah, minta mereka baca artikel ini. Kita diciptakan oleh Tuhan itu paket lengkap, Sob. Fisik, jiwa, pikiran kita sudah diatur sedemikian rupa dengan penciptaan yang terbaik. Otomatis di dalamnya termasuk paket kelebihan dan kekurangan. 

Pertanyaannya adalah sudahkah kita menggali apa yang jadi kelebihan kita? Jangan sampai kelebihan yang sudah dititipkan pada kita itu dianggurkan dan disia-siakan. 

Nah, cara menemukan passion itu sebenarnya gampang-gampang susah. Kamu hanya perlu untuk masuk ke dalam gua dirimu sendiri, merenung, berinstropeksi, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini. 

  1. Hal apa yang dilakukan orang lain sulit, tapi kalau kamu lakukan itu mudah?
  2. Hal apa yang akan kamu sering lakukan berulang-ulang, meskipun kamu tahu bahwa kamu tak akan dibayar?
  3. Hal apa yang ketika kamu mengerjakannya, kamu bisa lupa makan, waktu, bahkan tidur karena saking asyiknya?

Coba jawablah tiga pertanyaan itu. Tiga pertanyaan itu adalah rumus rahasia dari Edvan Kautsar, dalam bukunya Be A Passionpreneur. 

Cara Bekerja Sesuai Dengan Passion

Sejauh ini apakah sudah paham apa arti passion dan cara menemukannya? Kalau sudah, mungkin akan muncul pertanyaan lanjutannya. 

Bagaimana cara bekerja sesuai dengan passion? Misalnya kamu sudah ketemu nih passionnya adalah desain grafis, tapi sekarang kamu duduk di perkuliahan jurusan matematika. Agak nggak nyambung kan ya? 

Eits, tapi tunggu dulu. Jangan langsung menjustifikasi tidak nyambung. Ikuti cara berikut ya agar kamu bisa bekerja sesuai dengan passion. 

  1. Jawab tiga pertanyaan sebelum ini tentang cara menemukan passion.
  2. Tulislah segala passion yang muncul.
  3. Kombinasikan passion yang kamu miliki dengan latar belakang pendidikan atau pekerjaanmu. 
  4. Cari referensi pekerjaan apa yang sesuai dengan kombinasi passion dan latar belakang pendidikanmu. 
  5. Kalau sudah ketemu, teguhkan niat untuk menjalani pekerjaan yang kamu pilih. 

Oke, tadi studi kasusnya adalah kuliah di jurusan matematika, tapi suka desain grafis. Terus gimana dong? Jangan khawatir, kamu bisa masuk ke langkah ketiga yakni mengkombinasikan passion dan latar belakang pendidikanmu. 

Cari permasalahan yang terjadi di masyarakat terkait jurusan matematika. Misalnya masih banyak orang yang kurang melek finansial. Nah, kamu pintar desain grafis, cobalah kamu menjadi konten kreator yang membuat konten terkait melek finansial. Nah, seperti itu? 

Jangan buru-buru menjustifikasi bahwa salah jurusan itu petaka. Hal yang perlu kamu tanamkan baik-baik bahwa segala sesuatu sudah diatur oleh Tuhan. Apabila kamu merasa salah jurusan, itu pun ada rencana Tuhan didalamnya. Malah kamu bisa mengkombinasikan passionmu dengan jurusan yang sedang kamu jalani.

Nah, itulah ulasan tentang apa arti passion, cara menemukannya dan cara bekerja sesuai dengan passion. Selamat menemukan passionmu dan bekerja sesuai dengan passion. Sukses selalu ya, Sob. 

Leave a comment