Apakah Sobat Ngobi sedang mencari rekomendasi aplikasi Al Quran 30 Juz Android dan terjemahannya?

Tenang saja, Sob. Kali ini Sobat Ngobi akan diajak untuk menelusuri beberapa aplikasi Al Quran terbaik di Android 30 juz terbaik dan terjemahannya.

Sudah saatnya aktivitas pekerjaan dan karier tidak menjadi hambatan untuk belajar Al Quran. Karena hanya lewat HP Android, Sobat Ngobi sudah bisa mengaji Al Quran via aplikasi baik online maupun offline.

Rekomendasi Aplikasi Al Quran Terbaik 30 Juz untuk Android

Untuk memilih aplikasi yang menyediakan pembelajaran terkait Al Quran, sebaiknya Sobat Ngobi juga mempertimbangkan pengakuan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hal ini sebagai bentuk kehati-hatian umat muslim, khususnya di Indonesia, untuk menghindari kesalahan baik dalam penulisan Al Quran maupun terjemahannya agar sesuai arahan dan fatwa ulama., Sob.

Yuk langsung saja kita ulas tentang tujuh aplikasi Al Quran 30 Juz untuk Android berikut ini!

1. Aplikasi Al Quran Best

Aplikasi belajar Al Quran ini sangat populer dan 100% asli buatan orang Indonesia sob. Selain itu juga sudah resmi bersertifikat dari departemen Agama RI.

Aplikasi Quran Best ini juga memiliki desain Al Quran senyaman mushaf cetak, dilengkapi terjemah dan tafsir bahasa Indonesia, catatan lembar tilawah. Selain itu juga sudah disertai audio murottal mp3 dari berbagai Qori di seluruh dunia.

Tampilan al-Qur’annya juga super lengkap sob, mulai dari tampilan khat tajwid dan non tajwid Indonesia sampai Madinah ada di aplikasi ini. Selain itu juga sudah dilengkapi terjemahan baik yang perhalaman, per ayat bahkan sampai per kata.

Selain itu juga tersedia berbagai fitur pendukung ibadah lainnya seperti; jadwal shalat dan azad, penunjuk arah kiblat, grup ngaji, dan masih banyak lainnya.

>>Download Aplikasi Al Quran Best di Google Play Store<<

2. Aplikasi Al Quran Umma

Buat Sobat Ngobi yang ingin memiliki aplikasi ngaji Al Quran lain yang lengkap hasil karya anak negeri, cobalah download Al Quran dan terjemahannya pada Aplikasi Al Qur’an Umma.

Aplikasi ini memiliki fitur tajwid serta transliterasi Al Quran serta terjemahan dalam berbagai bahasa. Setelah membaca Al Quran, Sobat Ngobi juga bisa menambahkan bookmark agar lebih mudah menemukan ayat yang baru dibaca.

Selain itu, Sobat Ngobi bisa mengaktifkan notifikasi adzan berdasarkan lokasi dimana pun.

Nah, buat Sobat Ngobi yang sedang puasa, aplikasi ini juga memiliki notifikasi imsak agar tidak terlambat sahur.

Apakah Sobat Ngobi ingin belajar Islam secara daring? Umma menyediakan Live-Streaming dan Q&A jadi kita bisa berkomunikasi dengan para ustadz untuk menanyakan dan membahas berbagai topik keislaman. Video ceramah dan artikel juga bisa kita buka di aplikasi ini lho!

>>Download Aplikasi Umma di Google Play Store<<

3. Qara’a – Belajar Quran dan Ibadah

Qara’a Merupakan aplikasi Islam terlengkap yang juga mendukung kebutuhan ibadah sehari-hari sob.

Fitur al-Qur’annya juga memudahkan saat dibacanya berkat fitur mushaf digital. Tidak hanya sampai disitu sob, disini juga dilengkapi fitur seperti, asbabun nuzul, tafsir jalalain, serta terjemahan bahasa indonesia tentunya.

Mencari ayat juga mudah di aplikasi ini dengan fitur searhnya, bookmark bisa sampai 5 ayat agar memudahkan penanda bacaan sobat ngobi. Selain Al Qur’an juga terdapat fitur hadits sob. 

Yang paling menarik, adalah fitur belajar ngajinya sob, cocok banget buat yang lagi pengen belajar ngaji yang baik, baik itu bagi yang masih muda, juga bagi yang sudah usia lanjut.

>>Download Aplikasi Qara’a di Google Play Store<<

4. Aplikasi Quran Pro · Qur’an

Aplikasi Quran Pro adalah kumpulan bacaan Al-Quran terbaik di dunia, dengan desain antar muka pengguna yang mengagumkan serta serangkaian fitur terbaik sob. Terdapat qari-qari terbaik dunia termasuk Abdul Rahman Al-Sudais, Syeikh Mishary Rashid Al-Afasy, Syeikh Saad Al-Ghamidi, dan banyak lagi.

Disini aplikasi ini sobat ngobi juga bisa menandai bacaan dan Qori favorit sobat ngobi. Mendownload berbagai qori dan mendegnarkannya secara offline.

Selain itu sobat ngobi juga bisa berbagi dengan keluarga dan teman sobat ngobi di aplikasi ini. Tapi bukan untuk pamer ya sob, melainkan untuk berbagi semangat.

Di Aplikasi ini juga terdapat daftar doa-doa yang terdapat dalam al-Qur’an untuk membantu sobat ngobi belajar doa-doa terbaik.

>>Download Aplikasi Muslim Go di Google Play Store<<

5. Aplikasi Al Quran Indonesia

Aplikasi besutan developer Andi Unpam ini menghadirkan Al Quran terjemahan bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah, atau 30 juz.

Di aplikasi ini terbilang cukup kaya fitur, seperti opsi membaca al Quran dalam mode landscape atau portrait, mode malam, tajwid berwarna, fitur menyalin, sharing dan bookmark ayat Al Quran, serta backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke cloud.

Ada juga fitur tambahan lainnya seperti jadwal sholat, imsakiyah, arah kiblat dan kalender hijriah. Semua fitur ini bisa diakses secara offline dan gratis di aplikasi ini.

6. Aplikasi Quran for Android

Quran for Android termasuk salah satu aplikasi Al Quran terbaik yang ada di Play Store. Aplikasi buatan pengembang Quran.com ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Agar tetap nyaman mengaji di malam hari, Quran for Android memiliki fitur dark mode. Fitur lain yang ditawarkan antara lain terjemahan dan tafsir hingga 20 bahasa, pemutaran audio, bookmark, tagging dan sharing ayat. Terdapat juga fitur pencarian agar memudahkan sobat ngobi mencari suatu ayat tertentu.

7. Aplikasi Aminin

Yang terakhir aplikasi Al Quran buatan anak negeri lainnya yaitu Aminin. Aplikasi ini dikembangkan oleh Bahaso Intermedia Cakrawala, developer yang juga pengembang aplikasi belajar bahasa asing Bahaso.

Aplikasi ini menampilkan surah-surah Al Quran dalam bentuk warna-warni yang membuatnya lebih mudah dan menarik untuk dibaca. Di bagian bawah setiap halaman terdapat tombol play yang jika ditekan akan memutar lantunan ayat yang dibaca oleh qori.

Tidak hanya untuk mengaji, Aminin juga memiliki fitur untuk menguji kemampuan membaca dan memahami Al Quran. Fitur pendukung lainnya antara lain terjemahan dan tafsir, bookmark, penanda ayat, dan fitur membagikan ayat ke media sosial.

Terdapat juga fitur bagi keseharian muslim seperti: jadwal azan dan sholat, arah kiblat, kalender Hijriah, sampai pengingat imsak saat ramadhan.

Penutup

Demikian informasi tentang aplikasi Al Quran 30 juz terbaik dan terjemahannya yang layak untuk diunduh melalui smartphone sobat ngobi. Semoga bisa membatu sobat ngobi lebih dekat dengan al-Qur’an. Baik untuk belajar menghafal dan sebagainya.

Namun kami menyerankan untuk tetap memiliki mushaf fisik sob, karena memiliki bentuk fisik akan menambahkan satu indra lagi yaitu sentuhan dan dapat meningkatkan kreatifitas sobat ngobi. Gunakanlah mushaf aplikasi hanya saat di waktu-waktu tertentu saja ya.

Sebagai generasi hari ini kita harus mampu menyeimbangkan antara digital dan manual. Kapan-kapan akan kami bahas khusus di video kami selanjutnya ya

See you again generasi terbaik masa depan Indonesia.

8 Comments

Leave a comment