Apakah sobat ngobi sedang tertarik untuk belajar menulis artikel? Namun, kamu masih bingung bagaimana cara menulis artikel yang enak dibaca?

Tenang, artikel ini akan membantumu. Semakin berkembangnya internet membuat orang lebih sering berinteraksi dengan gadget mereka.

Hal tersebut mengubah kebiasaan membaca banyak orang. Sekarang ini banyak orang yang lebih suka membaca melalui media online. Karena media online menyajikan artikel yang ringkas dan langsung pada fokus pembahasan.

Mengapa Harus Belajar Menulis Artikel?

Apakah belajar menulis artikel itu susah? Tidak, asal kamu tahu caranya. Sekarang ini artikel bukan hanya dibuat untuk media cetak saja. Media online pun butuh artikel agar pembaca yang berkunjung lebih banyak lagi.

Kabar baiknya, kamu bisa lho mendapatkan penghasilan dari menulis artikel? Serius? Tentu saja, karena menjamurnya media online, website, blog, membuat orang perlu untuk mengisi website mereka dengan artikel.

Ada yang bisa langsung mengisi website-nya dengan tulisan artikelnya sendiri. Namun, banyak juga yang perlu menggunakan jasa penulis artikel. Nah, ini kesempatan untuk kamu agar mendapatkan penghasilan.

Baca juga : 9 Jenis Pekerjaan Penulis Lepas atau Freelance Writer

Langkah-langkah Belajar Menulis Artikel

Apabila kamu masih pemula sekali, jangan minder untuk belajar menulis artikel. Semakin kamu sering menulis maka akan semakin meningkatkan kemampuan menulismu.

Nah, berikut ini langkah-langkah belajar menulis artikel.

1. Banyak Membaca

Sebelum kamu terjun langsung belajar menulis artikel, maka kamu perlu pemanasan. Nah, pemanasan bagi seorang penulis adalah dengan membaca.

Semakin banyak kamu membaca maka secara tak sadar akan ada kosakata baru yang tertanam dalam pikiran bawah sadarmu. Sehingga ketika menulis nanti, tulisanmu tidak kaku karena kaya dengan kosakata baru.

Secara tidak langsung ketika kamu membaca, kamu juga belajar tentang gaya bahasa penulisan, belajar diksi kata, belajar bagaimana seorang penulis mengungkapkan idenya. Bisa dibilang bahwa membaca adalah kunci belajar menulis.

Kalau kamu enggan untuk membaca itu akan berpengaruh pada kualitas tulisanmu. Tulisan yang kamu tulis bisa jadi kaku dan tidak menimbulkan kesan bagi pembacanya.

2. Tentukan Tema yang Akan Ditulis

Penting bagi kamu yang baru belajar menulis artikel untuk bisa menentukan tema yang akan ditulis. Bagi para pemula, bisa dicoba latihan dengan menulis tema yang disukai atau dikuasai.

Dengan menulis tema yang disukai atau dikuasai, tentu akan membuat kamu semakin semangat menulis dan bisa merasakan bahwa menulis itu mudah.

3. Menentukan Sudut Pandang dari Tema yang Ditulis

Tahukah kamu, bahwa di dunia ini tidak ada ide yang orisinal? Lantas mengapa ada penulis yang bisa terkenal dan ada yang tidak terlalu dikenal?

Jawabannya adalah karena mereka menulis dari sudut pandang berbeda. Sudut pandang yang berbeda akan membuat tulisanmu berbeda dengan tulisan lainnya meski dengan topik yang sama.

Cara sederhana untuk menentukan sudut pandang bisa menggunakan pertanyaan 5W +1H yakni what, when, where, who, where, and how.

4. Menentukan Ide Pokok

Setelah kamu menentukan tema dan sudut pandang, langkah selanjutnya dalam belajar menulis artikel untuk pemula adalah menentukan ide pokok. Sebuah artikel harus ditulis ringkas dan tidak terlalu bertele-tele.

Agar lebih terarah, kamu bisa menentukan ide pokoknya. Misalkan, kamu ingin menulis artikel tentang tema gaya hidup sehat. Lalu sudut pandang yang diambil adalah bagaimana cara menerapkan gaya hidup sehat.

Kamu bisa menentukan ide pokoknya yakni food combining sebagai gaya hidup sehat.

5. Membuat Kerangka Tulisan

Agar di tengah jalan kamu tidak mengalami kebuntuan, maka perlu untuk membuat kerangka tulisan atau dalam dunia penulisan disebut dengan outline.

Kerangka tulisan membuat tulisanmu lebih terarah dan tidak melebar jauh dari pembahasan. Kamu bisa juga mengembangkan kerangka tulisan dengan memenuhi unsur 5W+1H. Karena artikel yang baik itu bisa menjawab unsur 5W+1H.

6. Mulailah Menulis Bebas

Setelah kerangka tulisan jadi, ini saatnya kamu menulis. Tulis saja dulu apa yang keluar dalam benakmu. Jangan memikirkan apakah yang kamu tulis itu bagus atau tidak.

Biarkan otak kananmu bekerja terlebih dahulu. Setelahnya giliran otak kiri yang bekerja untuk menyunting tulisan.

7. Lengkapi Tulisanmu dengan Berbagai Referensi

Agar tulisanmu lebih dipercaya maka tambahkan juga dengan data dan opini penguat dari berbagai referensi. Karena bila hanya sebatas opini kamu semata, terkadang orang belum yakin.

Namun, perlu diingat ya, jangan sampai kamu melakukan copy paste secara langsung. Kamu bisa melakukan parafrasa, yakni menulis kembali suatu tuturan atau kutipan dengan gaya bahasa sendiri tampa menghilangkan esensi dari kutipan itu sendiri. Tentunya sertakan juga ya siapa yang menulis kutipan itu.

Hindari plagiasi sedikit apapun. Karena itu akan mencoreng nama baikmu.

8. Buatlah Judul yang Menarik

Setelah kamu selesai menulis, ini waktunya untuk memberikan judul. Berikan judul yang menarik dan mengundang rasa penasaran untuk pembaca.

Sekarang ini salah satu judul yang menarik itu diawali dengan angka, misalkan 5 cara menerapkan gaya hidup sehat. Karena tipikal pembaca online sekarang ingin membaca cepat dan segera menemukan informasi.

9. Lakukan Penyuntingan Sendiri

Kalau kamu melaksanakan langkah satu sampai dengan delapan diatas, itu tandanya artikelmu sudah jadi. Selamat ya!

Namun, jangan lupa untuk melakukan penyuntingan, barangkali ada salah ketik, pengejaan yang kurang benar, kesalahan penulisan dan sebagainya. Bacalah kembali naskahmu dan lakukan penyuntingan sendiri agar tulisanmu lebih enak dibaca.

Kesimpulan

Nah, itulah 9 langkah belajar menulis artikel untuk pemula. Agar tulisanmu semakin enak dibaca kuncinya hanya satu yakni menulis, menulis lagi dan terus menulis.

Tips belajar menulis artikel ini tidak akan ada artinya apabila tidak dipraktikkan langsung dengan menulis. Selamat belajar menulis artikel ya !

7 Comments

Leave a comment