Belakangan dunia internet di hebohkan dengan salah satu sosok yang menyebut dirinya si Bossman atau si sontoloyo, ya dia bernama asli Mardigu Wowiek yang kerap kali mengkritik pemerintah atas kebijakan-kebijakannya.

Biasanya, pribadi yang mampu berpikir “out of the box” dan mampu menyampaikan pendapat selalu menarik perhatian banyak orang. Apalagi jika dibarengi dengan keberanian dan tak ada keraguan seandainya yang diucapkan bisa menimbulkan pro dan kontra. Punya pendirian yang kuat itu perlu. Disertai dengan alasan yang rasional demi mempertahankannya bisa jadi nilai plus. Hal itu bisa terlihat dalam diri Mardigu Wowiek Prasantyo. Dikenal sebagai pengusaha sukses, rupanya banyak hal menarik lain yang makin membuat sosok ini makin karismatik.

Nah siapa sih bossman sontoloyo alias Mardigu Wowiek ini?

Berkumpullah dengan orang yang akan mengangkat Anda, karena dalam kehidupan ini sepertinya lebih banyak orang yang akan menjatuhkan Anda

MARDIGU WOWIEK

1. Mengaku sebagai Pribadi yang Introver

Mardigu Wowiek Prasantyo mengaku sebagai pribadi yang introver. Beliau lahir di pertengahan tahun 60’an dan kini memiliki empat putra dan putri. Ayahnya seorang pensiunan angkatan udara berpangkat kapten. Saat kecil, Mardigu kerap mengikuti perjalanan dinas orangtuanya. Hingga membuat dia harus sering tinggal berpindah-pindah di banyak kota. Beberapa di antaranya adalah Pendopo, Palembang, Balikpapan, serta sebagian kota di Jawa dan Bali.

2. Melekat dengan Kata Sontoloyo sejak Kecil

Pada salah satu video di channel YouTube-nya bersama Helmy Yahya, Mardigu bercerita bahwa julukan sontoloyo sudah dia dapatkan sedari kecil. Kala itu, pemikirannya sudah berbeda, kritis, dan berani bertanya mengenai suatu hal. Sebagian keluarganya mengenyam pendidikan agama di Pesantren Sidogiri, Pasuruan. Ketika beliau berusia sepuluh tahun, mbahnya memberi ceramah tentang pentingnya berislam kafah atau total. Saat semua orang duduk, Mardigu justru berdiri. Kemudian dia menyampaikan suatu hal yang justru membuatnya diomeli dan disebut ngawur. Hingga akhirnya keluarlah kata sontoloyo saat itu.

3. Dijuluki Bossman

Hingga detik ini, julukan bossman pun masih sebegitu melekatnya pada diri Mardigu. Bahkan sudah seperti identitas yang tak bisa dipisahkan dari dirinya. Diungkapkan Mardigu, julukan bossman diberikan oleh anak buahnya sejak 20 tahun lalu. Beliau mengaku sebagai sosok yang cukup menekan dan tegas di dalam kantor. Namun, saat di luar sisi rendah hatinya langsung terlihat. Mardigu dengan sifat tegasnya pun tak akan segan untuk memecat anak buah yang menurutnya tidak kredibel.

4. Pengusaha Cryptocurrency Pertama di Indonesia

Pengusaha asal Bandung ini sempat menjadi perbincangan hangat di dunia cryptocurrency dan blockchain technology. Cyronium yang diciptakan Mardigu disebut-sebut sebagai cryptocurrency pertama Indonesia bersama perusahaannya yang bernama PT Santara Daya Inspiratama. Padahal, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan sudah memberi peringatan keras. Cryptocurrency merupakan mata uang digital dan berkembang pada 2015. Menurut Mardigu, itu adalah bisnis masa depan khususnya bagi generasi millenial. Cyronium lebih stabil dan harganya tidak akan turun drastis seperti cryptocurrency lain.

Mardigu memiliki 32 perusahaan berskala nasional dan regional. Salah satunya usaha di bidang minyak dan gas. Pendapatannya diklaim mencapai US $200 juta. Beberapa nama perusahaan yang dia pimpin adalah PT Titis Sampurna, PT Empora Gaharu, Narapatih Mind & Mental Clinic. Selain itu, dia juga aktif sebagai motivator bisnis melalui program Millionaire Mindset Bootcamp.

5. Dikenal sebagai Hipnoterapis dan Pengamat Terorisme

Selain karier yang malang melintang di bidang bisnis, Mardigu juga menyibukkan dirinya dengan hal-hal lain. Pada 2009-2010, nama Mardigu tak asing di media massa karena eksistensinya sebagai pengamat terorisme. Selain menganalisa gerakan para teroris, dia pun bisa mencari petunjuk terkait hal yang belum jelas pada suatu kasus.

Dia menyebut, sudah ada ratusan teroris yang diwawancara. Pengalamannya mewawancarai teroris pun dilatarbelakangi oleh keahliannya di bidang hipnoterapis atau terapi mental, pikiran dan emosi, serta perilaku yang dilakukan dengan hipnotis.

6. Si Dermawan yang juga Hobi Menulis

Berpenghasilan ratusan juta dolar Amerika Serikat, tak membuat Mardigu jumawa. Dia tetap menyisihkan sebagian uangnya untuk beramal. Ya, dirinya pun mengaku sebagai filantropi. Mardigu mempunyai program Rumah Yatim Indonesia dan diisi sebanyak 10.000 santri yang tersebar di seluruh Nusantara. Mardigu meyakini bahwa di dalam diri anak yatim ada banyak sekali harta karun.

Kegemarannya di dunia tulis-menulis pun dia salurkan ke beberapa buku yang sudah terbit. Sebagian bukunya berkisah tentang bisnis dan motivasi. Beberapa judul buku yang ditulis Mardigu adalah Sadar Kaya, Tajir Melintir, dan Jangan Pernah Berkata Saya Tidak Pernah Memperingatkan Anda.

7. Terlibat sebagai YouTuber

Kini, hampir semua orang dari berbagai kalangan mulai merambah sebagai YouTuber dengan konten-konten andalan. Tak terkecuali Mardigu yang merupakan pengusaha sukses dengan ragam pengalaman. Hingga detik ini, tercatat ada 880 ribu subscribers yang setia menonton unggahan videonya. Total video yang diunggah, sejauh ini ada 326.

Melalui video yang dia unggah, Mardigu kerap menyampaikan pesan-pesan positif dan spiritual kepada para penonton. Dirinya menganggap hal tersebut sebagai cerminan kepribadiannya yang baik hati.

8. Sempat Membuat Bill Gates Salah Tingkah

Mardigu memang tak henti-hentinya mendapat perhatian dari publik. Bahkan seorang Bill Gates yakni pendiri Microsoft dengan kekayaan mencapai Rp 1.000 triliun itu sempat dibuatnya salah tingkah. Di suatu kesempatan pada 2008 silam, Gates menyambangi Indonesia dan bertemu dengan beberapa pengusaha di jamuan makan malam. Salah satunya adalah Mardigu. Kala itu, Mardigu menyebut bahwa Gates tak akan pernah bisa menjadi Andrew Carnagie. Gates merasa canggung dan tak nyaman. Rupanya, Carnagie adalah idola dari Gates.

9. Percaya Modern Monetery Theory

Mardigu memiliki pandangan tersendiri terhadap kebijakan moneter. Dia anti terhadap IMF dan Bank Dunia. Dirinya juga menentang dolar sebagai mata uang dunia yang dicetak sekenanya tanpa Amerika sejak 1971 silam. Menariknya lagi, Mardigu meminta pemerintah untuk mencetak uang berlandaskan proyek. Konsep itulah yang dia sebut sebagai Modern Monetery Theory (MMT). Berkaitan dengan cyronium atau uang digital yang sedang dia garap, rupanya tak mendapat izin dan ditentang oleh Bank Indonesia.

10. Blak-blakan Soal Konspirasi Virus Corona

Konspirasi yang Mardigu sampaikan mengenai virus corona dengan salah satu YouTuber, Deddy Corbuzier jadi perbincangan dan ramai mencuat di media sosial. Dirinya percaya bahwa virus yang sudah menginfeksi sekitar lima juta penduduk bumi adalah buatan manusia. Hal itu dia sampaikan berdasar pada data dari seorang teman yang berprofesi sebagai doktor di Cambridge University. Menurutnya lagi, ada beberapa pihak yang diuntungkan dari pandemi ini. Berkaitan dengan perlawanan bidang farmasi di Amerika Serikat. Video tersebut cukup menyita perhatian dan ditonton sekitar 3-4 juta kali yang terbagi ke dalam dua bagian.

11. Profil Mardigu di Wikipedia Dihapus

Tentu saja hal ini menjadi pertanyaan di benak orang yang ingin mencari tahu soal siapa Mardigu Wowiek. Lazimnya, orang-orang yang memiliki pengaruh besar dan terkenal sudah pasti namanya segera muncul di Wikipedia. Lengkap mulai kisah pribadi hingga karier penunjang. Namun, hal tersebut tak berlaku bagi Mardigu. Padahal, bukan hal yang sulit baginya untuk dibuatkan profil oleh Wikipedia. Namun entah mengapa namanya tak ditemukan di sana. Beberapa waktu lalu, entah dengan alasan apa Wikipedia memutuskan untuk menghapus profil Mardigu dari laman mereka.

Penutup

Bagaimana sob? Apakah setelah membaca profil si bossman ini, Anda sudah merasa lebih mengenal sosok Mardigu Wowiek? Memang tak akan ada habisnya membahas sosok unik nan karismatik tersebut. Namun, dari pengalaman beliau yang luar biasa semoga dapat menginspirasi sobat ngobi semua ya.

Pertanyaan

Terlepas dari sikapnya yang terkesan nyeleneh dan blak-blakan menyampaikan sesuatu, hal apa saja sih yang sobat ngobi sukai dan bisa dicontoh dari seorang Mardigu? Silahkan tulis di kolom komentar dibawah

Leave a comment