Pernahkah sobat ngobi bertanya dalam hati, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang menarik sehingga HRD langsung memutuskan memanggil sobat ngobi untuk interview?

Mungkin puluhan surat lamaran kerja sudah disebar ke berbagai perusahaan atau instansi. Namun tak ada satupun yang memanggil untuk interview. Sehingga sobat ngobi butuh tips cara membuat surat lamaran kerja yang menarik. Tenang, artikel ini akan membantu anda membuat surat lamaran kerja yang menarik mata HRD mulai dari pandangan pertama. 

Tahukah sobat ngobi bahwa surat lamaran kerja yang masuk ke pihak HRD sebuah perusahaan itu banyak loh? Tidak hanya puluhan bahkan ratusan surat lamaran pekerjaan. Hanya butuh beberapa detik bagi HRD untuk beralih dari surat lamaran kerja yang satu ke yang lainnya.

Kalau surat lamaran kerja yang anda buat sama saja dengan pelamar lainnya maka jangan kecewa apabila berkas surat lamaran kerja anda hanya dilirik sekilas dan ditumpuk tanpa ada panggilan untuk interview. 

Mengapa Surat Lamaran Kerja Itu Penting?

Ibarat seseorang yang akan bertamu, maka perlu terlebih dahulu untuk mengucapkan salam dan menyatakan maksud dan tujuan bertamu. Seperti itulah kegunaan surat lamaran pekerjaan. 

Surat lamaran kerja menjadi sebuah surat pengantar ketika sobat ngobi akan melamar pekerjaan. Pada surat lamaran kerja ini sobat ngobi bisa mempromosikan diri dan memberikan alasan-alasan mengapa anda menjadi kandidat yang tepat untuk posisi yang dilamar. 

CV, Ijazah, Portofolio dan kelengkapan aplikasi lamaran pekerjaan itu akan menjadi lebih powerful  dan menarik minat HRD apabila didahului dengan surat lamaran pekerjaan yang menarik juga. 

Sayangnya, kebanyakan pelamar kerja menggunakan format yang biasa dan cenderung sama antara pelamar yang satu dengan yang lainnya. Hal ini tentu membuat HRD melewati surat lamaran anda dengan cepat. 

Sobat ngobi tak perlu khawatir karena di artikel ini, anda akan mendapat trik cara membuat surat lamaran kerja  yang menarik. 

Baca Juga : 8 Tips Wawancara Kerja Agar Diingat Bos

Kesalahan Umum Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Apakah surat lamaran kerja yang sobat ngobi pernah buat formatnya seperti ini?

Semarang, 22 Oktober 2014

Hal : Lamaran Pekerjaan Kepada Yth.,

Manajer Sumber Daya Manusia

Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                         : 

Tempat, Tanggal Lahir              : 

Pendidikan Terakhir                  : 

Alamat Asal                               : 

Telepon/Email                           : 

Mengajukan permohonan diri untuk bergabung dengan perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah D-3 dan transkrip nilai.
  3. Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. 

Hormat saya, 

Format surat lamaran kerja seperti diatas menurut para praktisi perekrutan karyawan merupakan surat lamaran kerja yang tidak informatif dan sangat biasa.  Kalau sobat ngobi ingin menarik perhatian HRD maka perlu membuat surat lamaran kerja yang berbeda dari yang lainnya.

Format surat lamaran kerja seperti diatas sangat umum sekali digunakan oleh para pelamar kerja. Kesalahan umum dalam membuat surat lamaran kerja yang pertama adalah format surat lamaran kerjanya meniru persis seperti yang ada di internet sehingga tidak ada bedanya dengan surat lamaran kerja pelamar lainnya.

Kesaahan umum lainnya adalah hanya membuat satu surat lamaran kerja yang sama dan dikirimkan ke beberapa perusahaan yang dilamar. Seharusnya ketika membuat surat lamaran itu sebaiknya berbeda antar satu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya, disesuaikan dengan posisi yang dilamar. 

Nah, bagaimana cara agar terhindar dari kesalahan umum tersebut? Baiklah, setelah ini akan dipaparkan trik dalam membuat surat lamaran kerja yang memikat hati HRD sehingga panggilan interview pun segera datang.

Format Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Sobat ngobi, cara membuat surat lamaran kerja yang menarik tentu dengan mengerti bagaimana format surat lamaran kerja. Format surat lamaran kerja yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Paragraf Pembuka

Dalam paragraf pembuka ini sobat ngobi bisa menuliskan darimana anda mengetahui info lowongan pekerjaan dan mengapa anda tertarik melamar di posisi ini. 

  • Paragraf Inti

Dalam paragraf ini sobat ngobi bisa menceritakan tentang keunggulan diri. Sebisa mungkin dalam paragraf inti ini, sobat ngobi mempromosikan diri dan berikan alasan yang membuat perusahaan yakin bahwa anda adalah kandidat terbaik yang mereka butuhkan. 

  • Paragraf Penutup

Dalam paragraf ini jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dan harapan untuk dipanggil interview.

Karena format surat lamaran kerja yang baik sebaiknya hanya satu halaman maka sebaiknya bahasa yang digunakan lugas dan tidak berbelit-belit. 

Kunci Rahasia  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik 

Surat lamaran kerja yang sobat ngobi buat adalah impresi pertama perusahaan terhadap anda. Akankah impresi pertama mengesankan atau justru membosankan itu tergantung pada surat lamaran kerja. Ini dia kunci rahasia cara membuat surat lamaran kerja yang menarik. 

  • Menggunakan format penulisan yang baik dan menggunakan kaidah EYD. 
  • Hindari typo atau salah ketik karena ini akan menunjukkan gambaran sobat ngobi dalam bekerja. Ibaratnya baru melamar saja tulisannya banyak yang keliru, apalagi ketika sudah bekerja. 
  • Sebutkan nama perusahaan dan kalau perlu nama HRD yang memproses rekrutmen. Sobat ngobi bisa mencari nama HRD yang bersangkutan di linkedin.
  • Jelaskan ketertarikan sobat ngobi akan posisi dan perusahaan yang dilamar. 
  • Sebutkan skill atau keterampilan yang dimiliki disesuaikan dengan posisi yang dilamar.
  • Sebutkan kelebihan sobat ngobi yang bermanfaat bagi produktivitas perusahaan.
  • Jangan lupa untuk meyakinkan perusahaan bahwa sobat ngobi adalah kandidat terbaik untuk posisi yang tersedia. 
  • Oh iya, jangan sampai copy paste surat lamaran kerja yang ada di internet ya.  

Nah, itulah cara membuat surat lamaran kerja yang menarik dan membuat HRD segera memanggil sobat ngobi untuk interview. Selamat membuat surat lamaran kerja yang menarik dan mengesankan ya!

Leave a comment