Berbicara di depan umum menjadi salah satu keterampilan yang penting bagi seseorang untuk kelangsungan karirnya di masa depan, karena memberi dampak positif untuk kita seperti dikenal oleh rekan kerja dari divisi lain saat menyampaikan gagasan atau ide untuk kemajuan perusahaan.

Selain itu, berbicara di depan umum, akan memungkinkan orang lain untuk dapat mengenal kita lebih dekat dan mengetahui kelebihan kita melalui sebuah presentasi yang bagus.

Namun tidak semua orang memiliki rasa kepercayaan diri yang sama untuk dapat bebicara di depan umum dengan baik, terlebih lagi untuk kita yang sama sekali belum memiliki pengalaman untuk berbicara di depan umum.

Terkadang, bebicara di depan umum malah menjadi satu momok yang menakutkan untuk beberapa orang, sehingga membuat mereka lebih memilih diam saat berada dalam sebuah forum.

Berada di depan banyak orang dan menyampaikan sesuatu sering kali membuat kita grogi, cemas, dan takut, yang mana akan menghalangi kita memberikan presentasi yang bagus dan berdampak pada kemajuan karir dan pekerjaan yang lambat.

Untuk dapat berbicara di depan umum dengan baik dan lancar memang bukanlah satu hal yang mudah, namun bukan pula sesuatu yang tidak bisa kita lakukan ya Sobat Ngobi.

Cara Melawan Rasa Grogi dan Gugup saat Presentasi

1. Melawan Rasa Malu

Rasa malu sering kali menjadi momok paling menakutkan bagi seseorang dalam urusan berbicara di depan umum. Hal ini terbukti dari sebagian besar orang yang diminta berbicara di depan umum menolak dengan alasan malu. Rasa malu sendiri sebenarnya berasal dari ketidakyakinan terhadap potensi diri sendiri dan membuat kita enggan berbicara di depan umum.

Satu cara terbaik untuk melawan rasa malu tersebut adalah dengan menganggap semua orang di hadapan kita sama. Menanamkan pemikiran bahwa waktu yang kita miliki adalah sama, kebiasaan yang sama, dan keseharian yang sama.

Sehingga dalam momen kali ini, Sobat Ngobi dapat mengesampingkan hal-hal seperti jabatan, latar belakang, gaji atau kemampuan para hadirin yang kerap kali menjadi awal rasa tidak percaya diri dan pesimis untuk mulai berbicara di depan umum.

Mengingat pula bahwa para hadirin yang ada di hadapan kita membutuhkan informasi yang akan kita sampaikan, maka lebih baik berfokus pada apa yang akan disampaikan daripada mengkhawatirkan hal-hal yang lain. Dengan begitu, kita dapat merasa yakin dengan kepercayaan diri sendiri dan membuang jauh-jauh rasa pesimis bahwa oranglain lebih baik dari kita.

Selain itu, Sobat Ngobi dapat mengatasi rasa malu saat berbicara di depan umum dengan menganggap para hadirin adalah teman-teman kita. Hal ini dapat membuat kita lebih rileks dan nyaman saat berbicara di depan mereka.

2. Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

Saat Sobat Ngobi mendapat giliran menjadi pembicara atau harus berbicara di depan umum, hendaknya Sobat Ngobi dapat melakukan persiapan sebaik mungkin. Persiapan tersebut meliputi;

  • Materi presentasi yang matang
  • Peralatan pendukung saat presentasi
  • Pakaian untuk tampil

Dengan melakukan persiapan terbaik, Sobat Ngobi akan semakin menguasai materi yang akan disampaikan dan yang paling penting adalah  menguasai suasana dan hati para hadirin yang datang.

Melakukan persiapan terbaik juga akan membantu kita untuk mengingat inti materi yang akan disampaikan yang secara otomatis akan meningkatkan keyakinan dan rasa percaya diri kita, serta memberikan getaran yang baik sehingga Sobat Ngobi akan merasa lebih positif dan optimis untuk berbicara di depan umum.

Usahakan untuk selalu menyiapkan diri sebaik mungkin saat memiliki kesempatan untuk berbicara di depan umum, karena jika dilakukan tanpa persiapan akan memberikan hasil yang kurang baik dan berakibat fatal seperti tidak dapat menyampaikan materi dengan baik, tidak dapat mengendalikan suasana dan hadirin, dan presentasi yang gagal.

3. Menjadi Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri memang harus kita lakukan kapan saja ya Sobat Ngobi, termasuk saat mendapat kesempatan untuk berbicara di depan umum. Kita harus berusaha untuk tampil menjadi diri sendiri agar tidak terpengaruh terhadap gaya berbicara orang lain.

Meniru gaya berbicara dan pembawaan orang lain akan membebani kita karena kita harus mengejar standar yang belum tentu dapat kita penuhi dan membuat kita menjadi orang lain, serta memberi dampak yang kurang baik bagi para hadirin.

Selain itu, berbicara dengan gaya orang lain dan tidak menjadi diri sendiri menunjukkan bahwa kita merasa tidak percaya diri dengan potensi yang kita miliki. Maka dari itu Sobat Ngobi, saat mendapat kesempatan berbicara di depan umum hendaknya kita tetap santai dan tenang dalam berbicara.

Menguasai emosi dan membangun ikatan dengan penonton akan menciptakan suasana yang kondusif dan mendukung acara/presentasi yang sedang berlangsung.

Satu lagi yang paling penting nih Sobat Ngobi, berbicara dengan gaya sendiri di depan umum akan menonjolkan kelebihan dan kemampuan kita, serta membangun kredibilitas kita sebagai seorang pembicara dan memberi nilai tambah kita di dunia kerja.

4. Fokus Pada Materi

Sering terjadi saat kita berbicara di depan umum untuk pertama kalinya, yang menjadi fokus kita adalah para hadirin yang datang. Terlebih lagi jika hadirin yang datang adalah orang-orang hebat dan memiliki pengaruh yang cukup kuat. Kerap kali kita dihantui rasa takut dan minder karena berhadapan dengan orang-orang yang lebih hebat dari kita sedangkan kita harus menyampaikan sebuah informasi baru dengan kapasitas diri yang masih kurang.

Namun perlu kita ketahui sebelumnya, bahwa pada saat kita menjadi seorag pembicara, maka orang-orang yang hadir di tempat tersebut adalah orang-orang yang ingin mendapatkan informasi baru dari kita sebagai seorang pembicara/pemateri.

Jadi ada baiknya bahwa kita harus tetap fokus pada materi yang akan kita sampaikan tanpa mengkhawatirkan latar belakang bahkan jabatan para hadirin yang datang. Usahakan untuk menghindari hal-hal seperti minder dan tidak percaya diri terhadap diri kita sendiri yang justru akan menghambat proses penyampaian materi kita kepada para hadirin.

Tumbuhkan rasa percaya diri dan berikan keterikatan kepada para hadirin agar kita fokus dan lancar menyampaikan informasi dan materi kepada para hadirin yang datang.

5. Lebih Dekat dengan Kontak Mata

Saat berbicara di depan umum, sebaiknya kita melakukan kontak mata dengan lawan berbicara. Hal ini tidak hanya berlaku saat kita menjadi pembicara saja, namun saat menjadi hadirin/penonton yang mengajukan pertanyaan. Usahakan untuk tetap melakukan kontak mata saat berbicara, karena dengan begitu kita dapat membangun kedekatan emosi dengan hadirin dan komunikasi akan terjalin dengan baik dan nyaman.

Menjalin kedekatan emosi dengan kontak mata juga menggambarkan bahwa kita begitu menghargai dan menghormati lawan bicara kita. Jangan sekali-kali melihat ke arah lain seperti melihat ke bawah atau langit-langit ruangan karena hal tersebut menandakan bahwa kita sedang tidak percaya diri dan terkesan tidak menghargai lawan bicara kita.

Selain itu, kontak mata membantu kita untuk memastikan bahwa hadirin masih fokus dengan informasi/materi yang kita sampaikan dan meyakinkan bahwa mereka menjadi bagian yang cukup penting dalam pembicaraan yang sedang berlangsung.

6. Tidak Putus Berlatih

Menjadi pembicara yang hebat bukanlah satu hal yang instan dan mudah didapat dalam satu dua kali tampil. Maka dari itu, jika kita ingin menjadi seorang pembicara yang andal dan hebat, kita wajib mengasah kemampuan tersebut dengan terus berlatih.

Untuk berlatih berbicara di depan umum, kita dapat memulainya dengan berlatih berbicara di depan cermin atau merekamnya. Hal ini akan memudahkan kita untuk mengidentifikasi dan mengukur kemampuan kita saat berbicara seperti penguasaan materi, gerak tubuh, volume dan intonasi, bahkan mengatur bagaimana kita menonjolkan ciri khas/pembawaan kita saat berbicara.

Setelah berlatih di depan cermin atau merekamnya, kita dapat melanjutkan latihan ke tahap selanjutnya dengan mulai berbicara di depan sedikit orang seperti teman atau keluarga. Saat kita berlatih di depan mereka, kita dapat meminta bantuan mereka untuk mendengarkan penyampaian materi dan setelah itu meminta koreksi dan saran terbaik dalam memperbaiki performa kita saat berbicara di depan umum.

Rajin berlatih sebelum tampil berbicara di depan umum akan menempa mental dan meningkatkan rasa percaya diri kita sehingga kita tidak lagi merasa canggung dan takut untuk tampil berbicara di depan umum.

7. Cari Mentor Terbaik

Apabila Sobat Ngobi memiliki kendala untuk berbicara di depan umum, salah satu cara lain yang dapat kita tempuh adalah dengan mencari mentor yang profesional di bidangnya. Memiliki mentor untuk berbicara di depan umum dapat membantu kita dalam berlatih berbicara di depan umum seperti memberikan pelatihan-pelatihan tentnag apa saja yang kita butuhkan dan apa yang harus kita kuasai untuk berani berbicara di depan umum.

Memiliki mentor juga dapat memberikan dorongan rasa percaya diri untuk kita saat tampil di depan umum. Selain melalui mentor, kita juga dapat memperoleh pendampingan untuk berlatih berbicara di depan umum melalui kelas public speaking yang bisa kita dapatkan dengan mudah di mana saja, seperti internet atau kelas-kelas pelatihan public speaking.

Jika rasa percaya diri di depan umum disebabkan karena faktor psikologis seperti trauma, Sobat Ngobi dapat melakukan terapi untuk menghilangkan rasa takut ketika berbicara di depan umum. Tentunya juga dengan bantuan terapis/mentor untuk mendampingi proses berlatih yang lebih baik.

8. Berdoa

Berdoa juga menjadi salah satu kunci utama untuk melakukan sesuatu termasuk berbicara di depan umum. Berdoa sebelum berbicara di depan umum akan membuat perasaan lebih tenang dan rileks serta memberikan getaran positif yang dapat membantu kita menjadi berani berbicara di depan umum.

Berdoa sebelum berbicara di depan umum juga membantu mengingatkan kita bahwa apa yang akan kita lakukan dapat menjadi sebuah ibadah dan memberi manfaat baik untuk kita sebagai seorang pembicara dan para hadirin yang datang.

Berbicara di depan umum adalah salah satu kesempatan emas kita untuk menunjukkan potensi diri kita kepada orang lain. Dengan pembawaan kita yang baik dan memiliki ciri khas, akan membuat kita lebih mudah dikenal oleh publik. Jangan ragu saat kita mendapat kesempatan untuk berbicara di depan umum ya Sobat Ngobi, buang jauh rasa malu dan tidak percaya diri agar kita dapat melakukannya dengan sangat maksimal.

Semakin sering dan berani kita berbicara di depan umum akan semakin meningkat kemampuan kita menjadi seorang pembicara yang lebih hebat. Itulah 8 cara terbaik mengatasi rasa takut saat berbicara di depan umum, semoga dapat memberi inspirasi dan motivasi untuk Sobat Ngobi ya.

PENUTUP

Untuk pertanyaan hari ini, Apakah Sobat Ngobi memiliki cara khusus untuk mengatasi rasa takut saat berbicara di depan umum ?  silahkan jawab dikolom komentar dibawah ya.

2 Comments

Leave a comment