Masih ingat waktu kecil kita sering kali ditanya, nanti kalau sudah besar nanti pengen jadi apa?

Sebuah pertanyaan simpel sebenarnya, pertanyaan yang dengan polosnya kebanyakan dari kita akan mejawab, jadi dokter, guru, pejabat dan sebagainya. Namun realitanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh Gallup menunjukkan bahwa dari 1 Milyar orang yang di survey, hanya 15% dari mereka yang bahagia dengan pekerjaannya. Artinya 85% sisanya membenci pekerjaan mereka saat ini.

Lalu apakah dari 85% orang tersebut salah memilih karir dan rencana hidup mereka? atau jangan-jangan sobat ngobi salah satu diantara mereka?

Nah pertanyaan ingin jadi apa ini, yang tadi simpel perlahan mendadak menjadi serius. Kemana saya harus melangkah? jurusan apa yang harus saya ambil? mengapa saya melakukan pekerjaan saya saat ini? atau lebih jauh lagi, apa sih yang ingin saya capai di hidup ini?

Jika Anda memiliki pertanyaan tersebut maka wajib membaca tulisan ini sampai habis! Kami akan coba memandu sobat ngobi dalam memutuskan karir dan merancang rencana hidup. Hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan agar tidak menyesal dikemudian hari.

5 Tips Menentukan Rencana Hidup

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merancang masa depan agar tidak salah langkah. Nah, berikut ini adalah 5 tips cara menentukan rencana hidup masa depan sobat ngobi:

1. Big Why

Hal paling utama, yang sobat ngobi harus tanamkan diawal dalam merancang tujuan hidup adalah, kita tidak hidup selamanya, dimana usia rata-rata manusia hari ini berkisar diangka 60 tahun. Sebagai orang yang percaya akan adanya hari akhir, maka harus disadari bahwa tujuan utama kita hidup didunia hanyalah mengumpulkan bekal untuk kehidupan abadi di akhirat.

Lalu pertanyaannya apa yang sudah kita lakukan dalam hidup, apa yang sudah kita kontribusikan dalam hidup ini. Apakah ada amal yang sudah bisa kita banggakan kelak? sebuah karya yang bisa diwarisi manusia bahkan setelah kita meninggal dunia.

So, tugas pertama sobat ngobi yaitu. Mulailah sering-sering merenung dan bertanya dalam diri, “Apa amal atau karya yang bisa kita banggakan kelak di akhirat?”

2. Bakat Lahir

Mengenali bakat diri, juga menjadi hal yang bisa membantu dalam merancang tujuan hidup kita. Bakat yang ada pada diri kita secara alami sejak kita lahir. Hal-hal yang kita warisi dari DNA orang tua kita, dan yang kita serap sejak jantung kita pertama kali berdetak di kandungan orang tua kita.

Tapi sob, saya dari kecil kok kaya gak ada bakat apapun ya, semuanya serba standar? Nah perlu ditanamkan di diri sobat ngobi bahwa semua kita terlahir spesial. Hanya saja kita kurang mengenali diri kita saja, Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengenali bakat yang sobat ngobi miliki?

  • Kecenderungan alami, yaitu hal-hal yang kita sukai sejak kecil dan menjadi kebiasaan kita.
  • Belajar cepat, yaitu hal-hal yang saat anda mempelajarinya Anda bisa dengan cepat meresap semua informasinya
  • Percaya diri, yaitu hal-hal yang jika sobat ngobi lakukan, timbul rasa percaya diri secara alamiah

Nah cobalah buat list beberapa hal tersebut!

3. Minat / Ketertarikan

Tips selanjutnya adalah mengenali minat, minat disini adalah hal-hal yang berkembang seiring banyaknya informasi yang kita serap selama hidup. Jika sobat ngobi masih muda, maka kami sangat menyarankan untuk mengeksplor sebanyak-banyaknya, hal-hal baru. Minat ini sendiri sangat erat kaitannya dengan;

  • Kecenderungan, kita mungkin sering kali menyebutnya passion. Makanya kita mengenal istilah pekerjaan paling menyenangkan didunia adalah passion yang dibayar.
  • Tekad kuat, ini juga menjadi indikator minat sobat ngobi, dimana jika ada hal-hal yang membuat kita terus memikirkannya dan bahkan rela mengorbankan hal-hal yang kita miliki.
  • Pengaruh lingkungan, minat juga sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan kita, sehingga perlu memperhatikan lingkungan kita berada saat ini.

Nah cobalah menambahkan list bakat diawal tadi dengan beberapa hal yang paling sobat ngobi minati!

4. Membaca Masa Depan

Membaca arah masa depan menjadi tips selanjutnya tidak kalah pentingnya untuk sobat ngobi perhatikan. Karena walaupun sesuai renacana hidup kita sudah sesuai minat dan bakat, tapi tidak sesuai dengan kondisi yang akan datang, maka akan sia-sia juga akhirnya.

Sebagai contoh, jika bakat dan minat sobat ngobi saat ini ingin mendirikan sebuah perusahaan bengkel mobil misalnya. Nah sobat ngobi harus mampu membaca situasi, dimana 5-10 tahun kedepan masa depan mobil adalah kendaraan listrik. Yang artinya bengkel mobil konvensional tidak akan banyak lagi dibutuhkan.

Jadi persiapkanlah hal-hal yang berkaitan dengan bengkel kendaraan listrik. Jangan sampai 5 tahun yang Anda habiskan mempelajari mesin mobil konvensional akhirnya sia-sia. Inilah pentingnya juga membaca situasi masa depan, baik skala lokal, nasional bahkan internasional.

5. Taufiq

Setelah sobat ngobi menganalisa mulai dari minat, bakat dan membaca arah situasi masa depan. Pilihlah satu bidang yang paling cocok buat sobat ngobi.

Lalu istikharah lah, minta petunjuk Allah, mintalah agar hati sobat ngobi ditunjukkan kecenderungan memilih bidang terbaik untuk masa depan sobat ngobi. Bidang yang Anda mampu mengukir karya terbaik, yang akan menjadi catatan amal terbaik sobat ngobi di dunia.

Setelah memutuskan bidang yang dipilih, terakhir tinggal merancang langkah-langkahnya, akan kami coba jelaskan lebih lengkap di video-video kami selanjutnya. jadi jangan lupa di subscribe sob!

Penutup

Apapun yang menjadi bidang pilihan sobat ngobi, jika diawali dengan niat yang benar dan dirancang dengan sebaik-baiknya maka itu sudah menjadi kesuksesan awal sobat ngobi. Apapun hasilnya bagi kami Anda sudah berhasil karena Allah tidak menilai hasilnya namun dari usaha manusia.

So, selamat memutuskan bidang yang sobat ngobi akan pilih dalam hidup. Dan sampai jumpa di video-video kami selanjutnya. Silahkan sharing atau curhat di kolom komentar jika ada yang ingin sobat ngobi tanyakan. Salam!

2 Comments

Leave a comment