Berawal sebagai seorang reporter di perusahaan media di Kalimantan, Dahlan Iskan menjadi sosok fenomenal di Indonesia. Berasal dari desa miskin di Magetan,  Jawa Timur, kini Dahlan Ishan dikenal sebagai pengusaha sukses yang pernah memimpin BUMN.

Pak Dahlan pernah divonis oleh dokter bahwa umurnya hanya beberapa bulan saja tidak membuat dirinya menyerah. Walaupun sangat beresiko, sosok pekerja keras ini akhirnya sembuh dari penyakit livernya dengan melakukan transplantasi hati. Sosok yang sederhana ini patut menjadi teladan dalam kegigihan.

Beliau dikenal ahli dalam memperbaiki kondisi perusahaan. Karena prestasi yang diraihnya dalam memimpin Jawa Pos dan Perusahaan Listrik Negara (PLN), akhirnya Dahlan Iskan diangkat menjadi Menteri BUMN walaupun sempat menolaknya. Namun begitulah sosok yang berprestasi, jabatan datang tanpa diminta.

Untuk mengenal lebih dalam mengenal Dahlan Iskan, berikut adalah 10 fakta unik Dahlan Iskan yang layak anda perhatikan.

10 Hal Menarik Dahlan Iskan yang Jarang Diketahui

Jika semua yang kita impikan segera terwujud, lalu dari mana kita belajar sabar?

DAHLAN ISKAN

1. Pernah Minum Air Sungai

Berasal dari desa miskin yang berjarak sekitar 6 km dari Magetan, Dahlan Iskan biasa minum air sungai semasa kecil. Imunisasi pun merupakan sesuatu yang tabu dan tidak dikenal waktu itu.

Menurut beliau, penyebab penyakit hepatitis B yang dideritanya diperkirakan karena dulu terbiasa minum air sungai. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi agar tidak menimbulkan penyakit dikeesokan hari.  

2. Nyeker Saat Sekolah

Coba anda bayangkan seorang anak kecil seusia siswa sekolah dasar (SD) menempuh jarak 6 km dengan jalan kaki setiap hari. Hanya untuk belajar beliau memiliki kesungguhan yang luar biasa. Bahkan beliau rela tidak memakai sepatu atau istilah Bahasa Jawanya adalah nyeker  ketika berangkat dan pulang sekolah.

Bayangkan bagaimana bila kakinya tertusuk duri, Sob. Panas menyengat yang dirasakan di telapak kakinya tak pernah memadamkan semangatnya untuk sekolah. Semangat sekolahnya yang tinggi telah mengantarkannya  menjadi tokoh besar yang menuai prestasi dalam memimpin perusahan-perusahan nasional.

3. Makan Seadanya

Panas yang begitu terik dengan kaki nyeker  rela dijalani oleh Dahlan Iskan. Belum lagi hujan yang membuat becek jalanan menjadi tantangan bagi Dahlan Iskan semasa kecilnya. Bahkan ketika sampai di rumah usai belajar dari sekolah, perutnya harus menahan lapar karena tidak ada makanan di rumah.

Dahlan Iskan makan seadanya asalkan ada bahan makanan yang bisa dimasak. Garam pun sudah cukup untuk mendampingi nikmatnya makan untuk menutupi rasa lapar.

4. Pernah Mencuri Tebu

Ternyata ditemukan kisah lucu Dahlan Iskan semasa kecil, Sob. Beliau pernah mencuri tebu milik perusahaan BUMN. Waktu itu kondisi perusahaan masih kurang terawat sehingga tebu dapat dicuri oleh beliau.

Siapa sangka Dahlan Iskan yang pernah mencuri tebu itu kini telah menjadi Menteri BUMN. Teringat kisah masa kecil dulu, akhirnya beliau berkomitmen memperbaiki kondisi perusahaan gula yang mana tebunya pernah beliau curi. Alhasil, sekarang perusahaan gula di Magetan itu sudah beroperasi dan menuai perkembangan yang membanggakan.

Baca Juga : 10 Fakta Unik Dian Pelangi

5. Hobi Memakai Sepatu Kets

Kebiasaan sebagai wartawan selama 30 tahun ternyata terbawa hingga Dahlan Iskan menjadi seorang Menteri BUMN. Selain karena terbiasa, sepatu kets memberikan kenyaman tersendiri untuk menemani aktivitas beliau yang padat.

Bahkan sepatu kets didesain khusus dan diberikan nama DI 19 yang merupakan akronim dari Demi Indonesia. Angka 19 diambil dari jumlah huruf dari kata basmalah yang menandakan seorang Dahlan Iskan adalah seorang profesional yang agamis.

6. Konsisten Menjaga Kode Etik

Pernah ketika menjadi seorang wartawan Dahlan Iskan ditawari amplop dari narasumber, Sob. Tentu saja amplop ini harus diganti dengan imbalan khusus dengan menuliskan berita positif tentang narasumber. Namun beliau menolak untuk menjaga kode etik seorang wartawan dan memberikan contoh kepada generasi selanjutnya.

7. Bersih-Bersih Birokrasi

Seorang Dahlan Iskan merupakan kritikus PLN dan bahkan benci dengan manajemen di sana. Beliau juga suka bersih-bersih mencegah para pejabat untuk berbisnis dengan proyek PLN.

Banyak yang tidak menyukai cara beliau, namun cara ini adalah tepat dilakukan untuk menjaga penyalahgunaan jabatan dan wewenang oleh para pejabat.

8. Cepat Membaca

Jawa Pos dan Wall Street Journal menjadi bacaan harian Dahlan Iskan. Walaupun demikian banyak media informasi di hadapannya, beliau mampu membaca dengan cepat dan mengetahui inti informasi dari media cetak tersebut.

Itulah salah satu kebiasaan beliau yang selalu haus informasi untuk menambah wawasan khususnya sebagai referensi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan.

9. Insentif Puntung Rokok

Fakta unik lain Dahlan Iskan sewaktu memimpin PLN adalah beliau memberi insentif bagi staf yang menemukan puntung rokok di area kerja. Beliau memberikan insentif Rp 1.000,- per puntung rokok. Hal ini beliau lakukan secara pribadi terhadap para stafnya agar area kerja menjadi kondusif.

10. Suka Memberi Otoritas Kepada Stafnya

Inilah salah satu fakta unik Dahlan Iskan dalam memimpin birokrasi dan dijadikan sebagai prinsipnya. Beliau suka memberi otoritas kepada stafnya untuk memberikan keputusan. Prinsip ini ternyata sangat efektif untuk menumbuhkan rasa tanggungjawa para staf.

Menurut Dahlan Iskan cara ini sangat efektif untuk memberdayakan staf yang memang ahli di bidangnya. Dampak positif lainnya adalah proses pengambilan keputusan lebih cepat sehingga tidak lanjut penyelesaian masalah menjadi lebih cepat.

KESIMPULAN

Itulah fakta unik Dahlan Iskan yang mampu menginspirasi banyak orang di Indonesia. Seorang anak bangsa dan pemimpin yang sederhana namun memiliki banyak prestasi yang membanggakan.

Beliau senantiasa menjaga kode etik di setiap profesinya. Kredibilitasnya diakui untuk menyelesaikan permasalahan birokrasi dan pencapaian bahkan mendapatkan jabatan strategis tanpa memintanya.

Semoga fakta unik Dahlan Iskan bisa menjadi teladan bagi anak bangsa Indonesia!

Leave a comment