Apakah Sobat Ngobi suka melihat kompetisi kuliner Master Chef yang ada di televisi? Tentunya kenal dong dengan Chef Juna. Dia selalu tampak maskulin dan cool, Sob. Kali ini kita akan mengulas fakta unik Chef Juna dan biografinya. Penasaran? Yuk simak sampai habis ya. 

Dulu Chef Juna adalah remaja yang nakal, Sob. Dia pernah disiksa, diculik, dan bahkan overdosis. Sempat kuliah selama 3,5 tahun di Universitas Trisakti juga Sob. Namun, ia memilih untuk tidak melanjutkan kuliahnya. 

Akhirnya, Chef Juna mulai sadar dan berniat mengubah diri. Pada tahun 1997, Chef Juna pergi ke Amerika Serikat untuk belajar menjadi pilot, Sob. Namun takdir bekata lain, perusahaan pesat tempat dia bekerja bangkrut dan ini lah awal dia berkenalan dengan dunia kuliner. 

Biografi Unik Chef Juna

Terlahir dengan nama lengkap Junior John Rorimpandey atau lebih dikenal dengan Chef Juna. Chef Juna lahir di Manado pada tanggal 20 Juli 1975. Meskipun usianya tak lagi muda, Chef Juna masih tetap tampan.

Berikut biografi Chef Juna dan perjalanan karirnya di dunia kuliner.

  • Nama lengkap : Junior John Rorimpandey
  • Tempat, tanggal lahir: Manado, 20 Juli 1975
  • Agama : Kristen
  • Film : The Haunted
  • Acara TV Nasional : MasterChef Indonesia di RCTI (session 1, 2, 5, 6, dan 7), Arjuna di Global TV, Hell’s Kitchen Indonesia di SCTV, DCODE: The Progressive (NET.), dan OK Chef di RCTI.
  • Karir Profesional : Pelayan restoran Jepang, murid Koki masakan Jepang, permanent resident di Amerika Serikat, Head Chef restoran Jepang (menggantikan pelatihnya) tahun 2002, Head Chef Uptown Susyi tahun 2003, Executive Chef Uptown Susyi, pindah dan belajar dari awal di restoran Perancis French Laundry yang menerapkan standar kerja tinggi, Executive Chef Jack Rabbit Jakarta hingga tahun 2011, Juri dan aktor di acara stasiun TV nasional.

Kisah Menarik Chef Juna

Masih ada 10 fakta unik Chef Juna yang menarik untuk dibaca. Sobat Ngobi masih penasaran dengan fakta-fakta unik Chef Juna? Berikut ini terdapat 10 fakta unik Chef Juna di dunia kuliner yang layak diketahui. 

1. Chef Dadakan

Chef Juna tidak pernah memiliki cita-cita menjadi seorang koki, Sob. Ketika di Amerika Serikat, dia bekerja sebagai waitress di sana. Hal ini bukanlah tanpa sebab, Sob. Pada tahun 1998, Indonesia mengalami krisis ekonomi. Akhirnya, terpaksa dia mencari pekerjaan untuk membiayai hidupnya. 

Tidak tanggung-tanggung, Sob. Chef Juna berada di Amerika selama 13 tahun. Dia dengan penuh ketekunan memperoleh kepercayaan demi kepercayaan. Hingga sampai dia belajar dan menguasai masakan Jepang dan Perancis. Ini merupakan perjalanan yang membutuhkan keteguhan dan mental baja. 

2. Disangka Mirip Ariel NOAH

Siapa yang menyangka ternyata banyak orang mengira Chef Juna mirip dengan Ariel NOAH (saat itu Peterpan), Sob. Kejadian ini terjadi ketika dia kembali ke Indonesia. Waktu itu. Chef Juna rambutnya masih cukup gondong seperti Ariel.

Namun, Chef Juna tidak tahu siapa Ariel itu. Maklum,dia  baru datang dari Amerika Serikat , Sob. Siapakah Ariel itu? maka dia tidak tahu. Hanya saja teman-teman di sekitarnya menganggapnya mirip Ariel. Pernah pada suatu kesempatan, Chef Juna mengganti akun media sosialnya dengan foto penyanyi band itu, Sob.

3. Fakta Chef Juna Ketika Di Depan Kamera

Meskipun sering terlihat di layar TV, fakta unik Chef Juna yang lainnya adalah dia merasa kaku di depan kamera, Sob. Alasannya, di acara TV dia tidak secara langsung terasa disorot kamera. Dia hanya mengerjakan pekerjaan sesuatu arahan tim kreatif, Sob.

Menurutnya, berbeda rasanya di sorot kamera yang khusus seperti interview . Dia lebih percaya diri dan nyaman bila dia disorot ketika dia sedang mengerjakan sesuatu bukan berbicara banyak seperti di acara talk show.

4. Menunjukkan Atmosfer Dapur Profesional

Chef Juna berprinsip untuk melahirkan seorang master chef, maka para kontestan selalu ditekan. Ekspresi marah dan serius memang sengaja dia tunjukkan karena juga ingin mengedukasi masyarakat betapa disiplinnya di dapur profesional.

Hal ini dinilai sangat berguna untuk memberikan gambaran kepada masyarakat. Tidak semua pekerjaan terlihat mudah seperti di acara TV pada umumnya, Sob.

Kabar baiknya, semenjak Master Chef tayang di siaran TV, industri kuliner khususnya pelatihan memasak meningkat, Sob. Rupanya masyarakat semakin tertarik menjadi seorang koki handal.

5. Tegas Ketika Di Dapur

Fakta unik Chef Juna berikutnya adalah dia lebih tegas di dapur profesional dibandingkan di acara master chef, Sob. Mungkin di dapur profesional Chef Juna lebih leluasa membentak atau mengomentari dengan keras hasil pekerjaan yang kurang sempurna, Sob. Namun, sebenarnya dia berniat baik dengan tujuan untuk mendidik dan mengasah mental tim dapurnya.

6. Professional Dulu, Baru Terkenal

Bagi Sobat Ngobi yang ingin terkenal seperti Chef Juna, dia berpesan agar mengutamakan menjadi seorang yang profesional terlebih dahulu sebelum menjadi publik figur, Sob. Menurutnya, ketenaran yang berlandaskan profesionalisme akan bertahan lebih lama. Masyarakat memang sudah mengakui kapasitas keterampilannya.

Bayangkan ketika ketenaran tidak didasari dengan kompetensi di bidangnya. Mungkin awalnya seseorang dapat mencapai ketenaran. Namun, seketika pencitraan itu dapat hancur bila masyarakat tahu kemampuan yang sebenarnya.

7. Suka Makan Babi Guling dan Bebek Betutu

Sobat Ngobi ada yang suka makan babi guling? Chef Juna sangat gemar makan babi guling, Sob. Namun, karena menu ini tidak dianjurkan kepada muslim, Chef Juna juga menyukai masakan bebek betutu asli Bali. Daging bebek betutu terkenal nikmat karena empuk dan kaya bumbu yang meresap ke dalam daging. Minat untuk coba bebek betutu, Sob?

Menu yang otentik menjadi pilihan Chef Juna. Dia memiliki selera yang tinggi untuk mencicipi kualitas suatu masakan, Sob. Ini yang dinamakan menghargai diri sendiri dengan memilih menu masakan berkualitas.

8. Suka Wanita Non-Matre

Ternyata Chef Juna memiliki kriteria wanita idaman yang unik, Sob. Chef Juna sangat menyukai wanita yang smart, tidak matre, dan mau diajak hidup susah.

Kriteria ini memang sangat wajar karena mungkin banyak wanita yang menyukai namun hanya melihat di sisi keberhasilan saja, Sob. Bagaimana pun keadaan seseorang, pasti dia ingin dihargai dan dicintai tanpa melihat materi yang dimiliki.

9. Mencintai dengan Kejujuran

Kejujuran tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan ketika ingin merekrut karyawan. Chef Juna pun sangat mengutamakan kejujuran dalam menjalin suatu hubungan, Sob. Setiap orang pasti tidak mau menjalin hubungan berlandaskan kebohongan.

Bila suatu hubungan sudah diawali dengan kebohongan maka akan menjadi bom waktu yang akan meledak dan meninggalkan luka yang lama membekas, Sob.

10. Ingin Seperti Bob Sadino

Jauh didalam hati Chef Juna sebenarnya menginginkan ketenangan hidup. Keadaan ini didapatkan ketika seseorang mampu memiliki hidup yang seimbang antara pekerjaan dan kebebasan, Sob.

Salah satu tokoh yang diidolakan oleh Chef Juna adalah Bob Sadino. Seorang tokoh yang terkenal karena kesederhanaan dan kesuksesannya. Menurutnya, sosok Bob Sadino mampu menggambarkan kondisi impian yang dia cita-citakan.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Bob Sadino

Penutup

Demikianlah 10 fakta unik Chef Juna di dunia kuliner. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi Sobat Ngobi yang berminat dan serius menekuni dunia kuliner. Semoga bermanfaat dan sukses selalu, Sob.

5 Comments

Leave a comment