Bisnis makanan memang selalu mendapatkan tempat tersendiri, Sob. Karakteristik khas orang Indonesia yang telah mendarah daging adalah suka berkumpul dan makan bersama teman, keluarga, atau orang-orang tercinta. Apalagi sekarang adalah era internet, ide jualan makanan online menjadi solusi bisnis yang digandrungi saat ini. 

Sobat Ngobi mungkin pernah memiliki ide jualan makanan online  tetapi belum sempat dieksekusi. Banyak faktor yang membuat ide jualan makanan online tidak kunjung dilakukan. Mulai dari sibuk, tidak memiliki modal yang cukup, hingga merasa tidak percaya diri terhadap produk yang ditawarkan.

Untuk menghilangkan kekhawatiran menjalankan ide jualan makanan online, sebaiknya Sobat Ngobi perlu melakukan observasi atau semacam mini research untuk menentukan produk yang akan dipasarkan, Sob. Hal ini sangat berguna untuk menganalisis peluang usaha potensial.

Syarat Ide Jualan Makanan Berpotensi Laris

Tanpa menganalisis ide jualan makanan terlebih dahulu, sangat besar kemungkinan melakukan tindakan spekulatif, Sob. Menganalisis ide sangat berguna untuk mengukur pasar dan kemampuan diri. 

Kabar baiknya, Sobat Ngobi dapat dengan mudah dan cepat menganalisis peluang usaha dengan memenuhi beberapa syarat. Berikut ini adalah lima syarat utama ide jualan makanan berpotensi laris di pasaran bahkan sebelum memulai jualan.

1. Menjawab Permasalahan Konsumen

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa Sobat Ngobi harus menemukan pain point.  Peluang usaha berarti peluang solusi untuk target konsumen. Solusinya dalam hal ini adalah jenis makanan yang akan ditawarkan kepada mereka, Sob.

Misalnya peluang usaha toko online dengan produk makanan. Sobat Ngobi harus memiliki keunggulan yang dijadikan solusi untuk menyelesaikan permasalah konsumen. Mungkin produk makanan yang ditawarkan berkhasiat untuk kesehatan dan membantu program diet.

2. Keunikan dan Keunggulan Produk

Keunikan berarti pembeda yang membuat konsumen tertarik untuk mencoba produk. Sedangkan keunggulan berarti nilai tambah yang ditawarkan suatu produk. Kedua variabel ini harus ada di dalam produk agar produk Sobat Ngobi menjadi ngangenin dan dicari konsumen. Alhasil, penjualan usaha pun dapat meningkat  secara berkelanjutan.

3. Sumber Daya Mudah Diperoleh

Terlepas produk apa pun yang Sobat Ngobi tawarkan baik makanan ringan maupun makanan cepat saji, pastikan sumber dayanya mudah diperoleh. Ketersediaan sumber daya menjadi syarat mutlak untuk menyediakan pelayanan yang berkelanjutan kepada konsumen, Sob. 

Bayangkan produk tidak tersedia ketika konsumen membutuhkannya, resikonya adalah kegagalan penjualan, Sob. Tidak hanya itu, konsumen dapat pindah menggunakan produk kompetitor.

4. Risiko Usaha

Setiap peluang usaha pasti memiliki resiko tersendiri. Pengusaha yang bijak harus mengetahui berbagai resiko yang akan dihadapi, Sob. Karena sebagai pelaku usaha harus selalu berpikir dinamis dan selalu menemukan solusi untuk mengelola risiko.

Cara menganalisis peluang usaha umumnya terkait risiko biasanya berkaitan dengan empat hal, Sob. Keempat risiko itu yakni;

  • risiko pemasaran
  • risiko operasional
  • risiko sumber daya manusia
  • dan risiko keuangan.

Keempat risiko ini saling berkaitan sehingga harus bijak dalam mengidentifikasi dan memberikan solusi terkait produk yang dipasarkan.

5. Jalur Distribusi

Ibarat air sungai yang mengalir ke muara, maka ide jualan makanan yang Sobat Ngobi miliki juga harus merencanakan jalur distribusi, Sob. Pada bagian ini Sobat Ngobi harus dapat menentukan beberapa alternatif strategi pemasaran.  Siapa saja mitra pemasaran harus ditetapkan sejak awal. Ada 2 cara pemasaran yang umum digunakan yaitu;

  • Direct Selling (langsung ke konsumen)
  • Indirect Selling (tidak langsung ke konsumen)

Kedua cara ini memiliki cara-cara tersendiri ketika dipraktekkan, Sob. Yang perlu digaris bawahi adalah disesuaikan dengan kapasitas Sobat Ngobi terlebih dahulu. Setiap strategi pasti memiliki peluang dan resiko masing-masing.

Ide Jualan Makanan Online Laris

Dalam pasar online, makanan ringan lebih banyak disukai konsumen. Sebagai gambaran, berikut ini ada sepuluh ide jualan makanan online yang laris dan disukai pasar.

1. Snack Pillow

Pillow adalah suatu jenis makanan ringan yang lembut dan renyah ketika dikunyah. Biasanya di bagian tengah terdapat lubang kecil. Lubang itu dapat juga diberikan selai untuk menambah cita rasa snack pillow.

Berat pillow yang ringan memungkinkan mendapatkan biaya pengiriman paket lebih murah. Bahkan, dalam satu kilogram snack pillow  jumlah barang yang akan dikirim menjadi lebih banyak dengan biaya yang sama. Tingginya permintaan snack pillow di pasar online membuat ide jualan makanan online berupa snack pillow sangat potensial laris disukai pasar.

2. Snack Tinggi Serat

Kesadaran masyarakat untuk memiliki pola hidup dan makanan sehat semakin meluas, Sob. Ini juga mampu dijadikan ide jualan makanan online. Orang-orang mulai berpikir bagaimana memiliki badan proporsional dengan tetap makan makanan yang enak.

Ide jualan makanan online dengan produk snack tinggi serat dijamin laris dan disukai pasar. Perlu diketahui, apabila Sobat Ngobi ingin membidik target pasar menengah atas, snack tinggi serat dapat dijadikan peluang usaha baru.

3. Snack Stick

Berbeda dengan jenis snack yang lain, snack stick memberikan sensasi dan impresi yang unik kepada konsumen. Tangan dapat merasakan teksturnya lebih lama ketika memakannya. Fungsinya tidak hanya sebagai camilan, tapi juga sebagai mainan tangan, Sob.

Anak-anak memiliki imajinasi yang luas dan kompleks terhadap benda-benda di sekitarnya. Termasuk ketika mereka memegang snack stick, maka pikirannya dapat menjelajah sambil menikmatinya. Sobat Ngobi sebaiknya perlu mempertimbangkan ide jualan makanan online sejenisnya agar lebih mudah diterima target konsumen.

4. Mie Lidi

Sulit untuk cepat bosan memakannya, ternyata mie lidi mampu memberikan sensasi tersendiri ketika menikmatinya, Sob. Bentuknya yang kecil dan panjang membuat isi kemasan terkesan banyak. Apalagi bila Sobat Ngobi memakannya satu per satu, seakan tidak ada habisnya.

Tekstur mie lidi yang agak keras memberikan pengalaman mengunyah tersendiri. Bumbu-bumbunya menyatu dengan sensasi kriuk pada mie lidi. Kualitas snack ini sudah terbukti laris disukai pasar. Tidak ada salahnya bila Sobat Ngobi memilih ide jualan makanan online berupa mie lidi.

5. Keripik Kentang

Siapa yang tidak kenal brand-brand dunia seperti Chitato, Lays, dan sebagainya. Ini merupakan bukti bahwa keripik kentang sangat disukai pasar, Sob. Tekstur snack ini begitu renyah dan lembut sehingga semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa menyukainya.

Tidak ketinggalan, bumbu bercita rasa asin dan pedas sangat cocok untuk menambah kenikmatan keripik kentang. Sobat Ngobi tertarik memiliki produk keripik kentang? Ini dapat menjadi peluang usaha untuk jualan makanan online, Sob. Ketahanannya pun berlangsung cukup lama sehingga resiko death stock lebih mudah dihindari.

6. Snack Jagung

Snack yang satu ini sangat populer di kalangan anak-anak sejak zaman dahulu, Sob. Contohnya seperti merk Cheetos. Bentuknya seperti stick tapi ukurannya sedikit lebih lebar dengan tekstur yang lembut dan renyah. Biasanya rasa yang  laris disukai pasar adalah rasa balado.

Agar lebih diminati target konsumen, Sobat Ngobi dapat menambahkan hadiah berupa mainan atau koleksi rangkaian kata. Dengan cara ini, sudah terbukti membuat anak-anak semakin tertantang untuk mengoleksi mainan atau mengumpulkan huruf-huruf agar dapat terangkai dan mendapatkan hadiah.

7. Snack Baked Crips Kentang

Inilah jenis snack baru yang mampu mencuri perhatian pasar, Sob. Sensasi asin, renyah, dan gurih menjadi satu di dalamnya. Mungkin Sobat Ngobi sudah tahu dengan merk Tricks. Kemasan yang kokoh membuat snack di dalamnya tetap aman hingga dinikmati konsumen.

Bentuk dan rasanya yang bervariasi mampu menarik target konsumen lebih cepat. Yang perlu diingat adalah jenis snack ini memiliki kemasan yang kedap udara. Tidak seperti snack lain yang membutuhkan udara di dalam kemasan agar tidak rusak.

Snack baked crips kentang diharuskan dilengkapi dengan kotak kecil semacam kertas karton untuk menjaganya tetap aman sampai ke tangan konsumen.

8. Wafer Roll

Bagi penggemar snack stick dengan tekstur lembut, renyah, dan manis maka wafer roll menjadi pilihan utama. Corak warnanya pun bervariasi dan biasanya bentuknya terbagi menjadi dua jenis yakni panjang dan pendek.

Karena snack ini mudah rusak maka dibutuhkan kemasan yang kokoh, Sob. Biasanya jenis kemasan kertas tebal seperti kertas karton sangat direkomendasikan untuk ukuran gramasi kecil. Sedangkan ukuran gramasi lebih dari 300 gram sangat direkomendasikan menggunakan toples plastik.

9. Snack Serba Goceng

Berikutnya adalah snack serba goceng aneka rasa yang berfokus pada pertimbangan harga dan kemasan. Karena rata-rata pembeli camilan adalah anak-anak, sangat dianjurkan bagi produsen membuat kemasan kecil yang disesuaikan dengan uang saku anak-anak, Sob. 

Kemasan kecil sangat efektif dipasarkan di area sekolah dan warung-warung kelontong. Biasanya strategi harganya dibagi menjadi beberapa kelas yakni harga distributor, harga grosir, dan harga eceran.

10. Snack Serba Sepuluh Ribu

Perilaku yang berbeda dibutuhkan kemasan makanan yang berbeda, Sob. Snack serba sepuluh ribu sangat cocok dinikmati oleh target konsumen usia remaja hingga dewasa.

Tidak hanya karena harganya, kemasan snack seharga ini lebih mudah untuk dibawa kemana pun. Misalnya pergi nonton bareng teman-teman, nongkrong, atau camping. Pertimbangannya adalah simple dan mudah dibawa dengan rasa yang enak.

11. Mie Goreng Toping

Sekarang mie instan telah berubah menjadi produk makanan pokok selain nasi dan roti. Mie dapat menggantikan kedua makanan pokok tersebut karena memiliki tekstur dan rasa yang khas. Wajar saja Sob misalkan produk mie instan sangat membanjiri pasar. 

Namun, untuk membuka usaha makanan kekinian mempertimbangkan selera konsumen. Mie goreng saat ini dilengkapi dengan toping tertentu seperti ayam, daging ham, dan sayuran.

Sebutannya pun banyak di antara mie level, mie gacoan, mie setan, dll. Sangat bijak bagi Anda misalkan Anda mempertimbangkan makanan kekinian mie goreng toping. 

12. Steak

Hampir setiap generasi muda saat ini menyukai steak sebagai makanan favorit sekaligus nongkrong. Cita rasa saus steak yang begitu kental dan khas membuat setiap orang menjadi berselera untuk menyantapnya. 

Usaha makanan kekinian berupa steak memang sebagian besar ditemukan di restoran. Karena di samping membutuhkan modal yang besar, Anda harus memiliki kemampuan manajemen yang baik.

Namun, Anda dapat memulainya dengan membuat gerobak dan menyewa teras strategis. Dengan cara ini usaha makanan kekinian berupa steak dapat  Anda eksekusi. 

13. Pizza

Cobalah Anda melihat restoran yang menawarkan menu makanan pizza. Anda akan mendapati bahwa restoran yang menyedikan menu pizza telah berkembang pesat, Sob. Ini berarti bahwa pizza merupakan produk yang diterima dan disambut baik oleh pasar. 

Namun, jangan berkecil hati, Sob. Sebab Anda dapat memulai usaha makanan unik berupa pizza yang lebih efisien dari aspek permodalan. Bermodal gerobak dan bahan-bahan pendukung Anda dapat memulai usaha dimana pun asalkan tempatnya strategis. 

Baca Juga : 7 Cara Jualan Makanan agar Laris dan Untung Besar

14. Burger

Konsumsi masyarakat Indonesia terkait burger adalah tergolong tinggi. Menu masakan burger merupakan jenis makanan yang terdiri dari roti, daging ham, sayuran, dan saus. Rasa saus cabai, tomat, dan mayonaise memberikan sensasi tersendiri ketika menyantap burger. 

Lihatlah beberapa restoran yang menyajikan burger sebagai bagian dari menu mereka. Ini adalah bukti bahwa burger telah menjamur, Sob. Yang pasti, burger memiliki pangsa pasar yang luas dan layak dipertimbangkan. Keberadaannya diterima semua kalangan, Sob. 

15. Dimsum

Makanan kekinian yang satu ini sangat diminati oleh semua kalangan. Anda dapat menemukannya di restoran cina atau restoran yang target pasarnya adalah remaja hingga dewasa. 

Dimsum merupakan makanan isi adonan daging baik ayam maupun seafood yang dibalut kulit dimsum yang kenyal. Sekilas mirip dengan siomay, tapi dimsum disertai saus khusus. Perpaduan rasa pedas dan segar didalamnya membuat dimsum menjadi menu usaha makanan kekinian yang disukai. 

Baca Juga : 7 Peluang Usaha Menjanjikan Bagi Pecinta Kuliner

16. Ayam Geprek

Usaha makanan kekinian berupa ayam geprek ini begitu populer di kalangan remaja hingga dewasa. Diperkirakan mulai dikenal di Yogyakarta, sekarang ayam geprek telah menjadi makanan favorit hampir di semua wilayah di Indonesia, Sob. 

Ayam geprek disebut sebagai salah satu usaha makanan kekinian karena penyajiannya yang unik. Ayam tepung disuir kemudian ditaburi bumbu cabe cangak. Tingkat kepedasannya pun bervariasi mulai dari level 1 hingga level tertentu, Sob. Alhasil, konsumen mendapatkan banyak pilihan pedas sesuai selera. 

17. Kebab

Mirip dengan burger namun kebab menggunakan adonan tepung pipih untuk membungkus isi kebab. Makanan yang berasal dari turki ini berisi salad, tomat, potongan daging sapi, dan saus. Biasanya sausnya terdiri dari saus tomat, saus cabai, dan mayonaise

Saking berkembangnya usaha makanan kekinian dengan menu kebab, bahkan sudah ada perusahaan waralaba yang menawarkannya. Ini membuktikan bahwa kebab diterima oleh pasar.

Apabila Anda seorang karyawan dan ingin membuka usaha makanan kekinian yang disukai semua kalangan namun sibuk, waralaba kebab dapat dijadikan pilihan, Sob. 

Kesimpulan

Itulah sepuluh ide jualan makanan online yang laris disukai pasar, Sob. Semoga ide-ide itu dapat membantu Sobat Ngobi memulai peluang usaha baru yang diterima baik oleh pasar. Semoga sukses selalu.

5 Comments

Leave a comment