Pasti Sobat Ngobi sudah mengenal sosok satu ini, namanya sekarang sedang naik daun di film laga internasional. Dialah aktor utama di film laga The Raid. Yups, sosok itu adalah Iko Uwais. Ternyata fakta unik Iko Uwais kali ini menarik untuk ditelusuri, Sob.

Bernama asli Uwais Qorny, Iko Uwais memang sangat senang dengan dunia olahraga. Bahkan dia pernah menjadi seorang gelandang di salah satu klub sepak bola, Sob. Namun, takdir berbicara lain karena impian menjadi atlet sepak bola kandas karena klubnya telah bangkrut. 

Walaupun tidak menjadi seorang atlet sepak bola yang diimpikan, Iko Uwais masih memiliki talenta di bidang olahraga lain, Sob. Olahraga itu adalah pencak silat. 

Fakta unik Iko Uwais dalam pencak silat patut diacungi jempol, Sob. Dia pernah meraih prestasi yakni sebagai juara ketiga pada Kejuaraan Pencak Silat DKI Jakarta 2003. Ketekunannya belajar silat Betawi di perguruan pencak silat pamannya telah menuai prestasi. 

Belajar Seni Pecak Silat

Ternyata, Iko sejak berusia 10 tahun sudah belajar seni bela diri Pencak Silat, Sob. Di perguruan pencak silat Pamannya, Tiga Berantai, Iko mendalami aliran pencak silat Betawi.

Di dunia persepakbolaan, dia pernah menjadi atlet sepak bola. Dia menyandang posisi sebagai gelandang di Liga-B klub sepak bola Indonesia.

Nah, Sobat Ngobi. Pendidikan keterampilan terkait potensi Iko sudah dimulai sejak usia 10 tahun. Penting untuk digarisbawahi, perencanaan karir sebaiknya sudah diupayakan sejak dini, Sob.

Tipologi Fisik

Iko Uwais memiliki tubuh yang atletis. Sobat Ngobi dapat melihatnya di berbagai video atau media sosial yang meliput acara demontrasi pencak silat yang dilakukan Iko bersama rekan-rekannya.

Tinggi badan Iko tergolong sedang menurut rata-rata tinggi orang Indonesia yakni sekitar 168 cm. Lengan Iko yang atletis terbukti sering dilatih, Sob. Pernah pada suatu kesempatan dengan teman-teman aktor Hollywood, dia mengukur kekuatan pukulan. Ternyata kekuatan pukulan Iko Uwais paling kuat dibandingkan yang lain walaupun menggunakan pukulan tangan kiri.

Kepribadian Iko Uwais

Secara personal, Iko terlihat sangat bersahabat dan percaya diri dalam berbagai kesempatan. Di dalam berbagai kesempatan, dia suka bergurau dengan orang-orang di sekitarnya, terutama di lingkungan profesional.

Dia adalah seorang praktisi yang mampu membuat koreografi dan menempatkan diri sebagai seorang profesional. Karakter seperti ini menandakan dirinya menyukai tantangan dan hal-hal baru.

Bila dilihat dari kata mata konsep kepribadian BRAIN (BRAIN Personalities), Iko memiliki tipe kepribadian Adventurer (petualang). Seorang praktisi dan konseptor berdasarkan pengalaman praktik. Dan juga, Iko memiliki determinasi tinggi dan tahan terhadap rasa sakit.

Spiritualitas

Nilai-nilai yang terkandung didalam seni beli diri pencak silat sangat erat kaitannya dengan spiritulitas, Sob. Silat berasal dari kata ‘silaturahmi’ yang berarti menjalin dan menjaga hubungan persaudaraan.

Kata ‘silaturahmi’ berasal dari bahasa Arab, Sob. Jadi, seorang atlet pencak silat wajib memiliki spiritualitas yang baik. Dan secara umum, budaya pencak silat berdasarkan budaya Islam.

Coba Sobat Ngobi melihat beberapa wawancara Iko Uwais. Kata syukur ‘alhamdulillah’ sering terucap dari lisannya. Sudah terbukti bagaimanakah spiritualitas Iko kan, Sob?

Apakah Sobat Ngobi adalah fans Iko Uwais? Masih penasaran dengan 10 fakta unik Iko berikutnya? Inilah

10 Hal Menarik dari Iko Uwais

1. Juara Jambore Nasional

Prestasinya pun berlanjut pada tahun 2005, dia berhasil meraih Juara Pencak Silat Terbaik Nasional kategori demonstrasi. Inilah yang menjadi awal dia dilirik dunia film laga karena wajah dan gesturnya sangat cocok di depan kamera, Sob.

Kejuaraan Jambore Nasional itu telah menjadi batu loncatan bagi Iko Uwais untuk menjadi aktor laga di film Merantau. Di film ini, dia sukses memerankan tokoh film bernama Yuda. Seorang pemuda Minangkabau yang merasakan kerasnya kehidupan Kota Metropolitan. 

2. Pernah Jadi Supir

Perjalanan seseorang memang tidak semulus harapan. Fakta unik Iko Uwais selanjutnya adalah dia pernah menjadi seorang supir, Sob. Harap dimaklumi karena saat itu dia baru saja undur diri dari klub sepak bola dan mencari peruntungan baru untuk menyambung hidup.

Lalu seorang supir yang bagaimana? Iko Uwais menjadi supir untuk kegiatan operasional salah satu perusahaan telekomunikasi, Sob. Apakah Sobat Ngobi pernah mengalami kondisi yang mirip Iko Uwais? 

3. Belajar Militer

Bagi Sobat Ngobi yang pernah menonton film The Raid pasti merasakan betapa menegangkannya setiap adegan di dalamnya. Mungkin kepala terasa semakin memanas dan adrenalin terus terpompa. Film ini memiliki 80% adegan perkelahian, Sob.

Lalu, bagaimana seorang aktor silat mampu berakting selayaknya satuan pasukan khusus? Sebelum memulai adegan film The Raid, para fighter diwajibkan mengikuti pelatihan militer selama seminggu, Sob. Cara penyergapan di gedung, pengintaian, dan memegang senjata diajarkan di pelatihan tersebut. Jadi, sangat wajar bila aktingnya terlihat natural. 

4. Tidak Pernah Bertengkar dengan Partner Film

Sebagai orang awam, mungkin saja di benak kebanyakan orang mulai berpikir, “Apakah para aktor laga pernah bertengkar?” Pertanyaan ini sangat wajar karena bukan tidak mungkin setiap aktor cedera dan sakit hati. 

Namun, perlu diingat bahwa profesionalisme selalu dijunjung tinggi di lingkungan syuting, Sob. Para fighter sudah bersepakat bahwa apa pun resiko yang diterima adalah konsekuensi untuk pengambilan gambar adegan. Hasilnya, mereka kompak dan tegar mentalnya. 

5. Pandai Koreografi 

Tidak banyak aktor laga yang pandai bela diri sekaligus koreografi, Sob. Hal ini tidak berlaku bagi Iko Uwais. Sebelum melakukan pengambilan gambar adegan, Iko Uwais bersama tim koreografi saling mengisi untuk mencapai kesempurnaan adegan. 

Makanya, di dalam panggung internasional Iko Uwais seringkali memperagakan demonstrasi kepada publik tentang bela diri silat. Dia tampak terkesan santai dan menikmati suasana panggung yang menunjukkan kematangan dalam merangkai koreografi laga. 

6. Tidak Menggunakan Stuntman

Dunia perfilman Hollywood tercengang karena selama melakukan adegan laga Iko tidak pernah menggunakan stuntman. Biasanya, yang memiliki karakter aktor seperti ini adalah Jackie Chan, Sob. Jangan heran bila ada beberapa aktor negeri Paman Sam menyebut Iko Uwais sebagai generasi penerus Jackie Chan.

Salah satu fakta unik Iko Uwais rela menjalani adegan tanpa stuntman adalah karena tingkat kepuasan pribadi. Seperti ada rasa ketidaksempurnaan bila adegan laga digantikan oleh orang lain, Sob. Wah, memang Iko Uwais sosok yang berintegritas. Pantas saja namanya harum di industri perfilman internasional. 

7. Lututnya pernah bergeser

Sebaik apa pun suatu koreografi dirancang, pasti masih ada kekurangannya, Sob. Inilah yang pernah dialami oleh Iko Uwais ketika memerankan adegan bantingan. Tanpa disadari, lututnya bergeser karena kakinya salah tumpuan sehingga dia harus beristirahat beberapa bulan. 

Setiap adegan penuh dengan pengorbanan. Makanya, jangan coba-coba menirukan adegan film The Raid di rumah tanpa didampingi seorang profesional ya, Sob. 

8. Fobia Kerupuk

Berikutnya adalah fakta unik Iko Uwais yang mampu membuat tertawa terpingkal-pingkal. Seorang aktor laga internasional Iko ternyata takut dengan kerupuk, Sob. 

Percaya atau tidak fobia kerupuk telah menjangkit Iko, Sob. Waduh, dengan kelemahannya ini sepertinya kegagahannya dan kegarangannya mampu takluk di hadapan orang biasa, Sob. Cukup berbekal senjata yang enak dan renyah, kerupuk. 

9. Bela Diri Untuk Kontrol Diri

Seni bela diri umumnya menonjolkan kekuatan fisik, teknik menendang, memukul, dan berbagai gerakan lainnya. Namun, pada dasarnya seni bela diri seperti pencak silat tidak mengajarkan dan menganjurkan untuk berkelahi. Konflik antar manusia tidak harus diselesaikan dengan pertarungan, Sob.

Perlu Sobat Ngobi ketahui bahwa Iko menganggap seni bela diri pencak silat hanya sebagai gaya hidup atau lebih tepatnya seni mengolah tubuh dan kontrol diri. Ada pun keterampilan bertarung yang diajarkan hanya sekedar untuk menghindari bahaya. Bukan untuk mencari gara-gara, Sob. Semua itu karena inti dari pencak silat adalah menyambung silaturahmi dan persaudaraan. 

10. Bermain Film Bersama Aktor-Aktor Dunia

Sederet film laga Hollywood pernah menghiasi karir Iko Uwais diikuti bersama aktor laga dunia lainnya. Dua di antara aktor-aktor itu adalah Tiger Chen dan Keane Reeves pada film laga Man of Taichi. Fakta unik Iko Uwais di film ini adalah dia hanya mendapatkan jatah sebagai peran pembantu, Sob. Namun, baginya ini sudah merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

Penutup

Sudah puas mengetahui sepuluh fakta unik Iko Uwais, Sob? Semoga fakta-fakta unik di atas mampu menginspirasi Sobat Ngobi dan menjadi penyemangat membuat karya-karya yang mengharumkan Indonesia. 

2 Comments

Leave a comment