Karier yang sukses tak selalu identik dengan jabatan kerja yang tinggi atau bisnis besar. Semua orang berhak memilih jalur karier berdasarkan passion yang dimiliki. Hal ini dibuktikan oleh atlet Seni Bela Diri Campuran atau Mixed Martial Arts (MMA) dunia, Khabib Nurmagomedov. Melalui Mixed Martial Arts, Khabib telah membuktikan bahwa dunia olahraga bisa membawanya menuju kesuksesan dan popularitas yang tak perlu diragukan lagi.

Sobat NGOBI penasaran dengan kiprah dan fakta-fakta menarik tentang Khabib Nurmagomedov? Yuk simak dulu ulasan selengkapnya!

10 Fakta Unik UFC Fighter Khabib Nurmagomedov

I Don’t Fight For Money, I Fight for Legacy, I Fight for History, I Fight for My People

KHABIB NURMAGOMEDOV

1. Arti Nama Bernuansa Islami

Nama Khabib Nurmagomedov yang kental dengan nuansa Rusia ternyata memiliki makna mendalam yang lekat dengan agama Islam. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab, ejaan kata Rusia “Nurmagomedov” memiliki arti “Nur Muhammad” atau cahaya Nabi Muhammad dalam bahasa Indonesia. Ungkapan yang menyatakan bahwa nama adalah doa tercermin dalam diri Khabib Nurmagomedov. Karena atlet MMA profesional ini dikenal sebagai sosok yang religius dan taat beribadah.

Wah, ternyata arti nama yang religius tuh kedengarannya jadi menarik juga ya kalau diterjemahkan dalam Bahasa Rusia.

2. Lahir dan Tumbuh di Lingkungan Keluarga Muslim

Khabib Nurmagomedov lahir dan tumbuh di lingkungan keluarga musim Avar yang bermukim di Desa Sildi, Distrik Tsumadinsky, Dagestan. Desa yang terletak di kawasan Pegunungan Kaukasus Utara tersebut dihuni oleh 80% masyarakat beragama Islam.

Latar belakang keluarga serta tempat tinggal tersebut membuat Khabib Nurmagomedov menguasai beberapa bahasa, yaitu Bahasa Avar, Kumyk, Rusia, Inggris, Arab, dan Turki. Kemampuan Khabib dalam berbahasa asing tak lantas membuatnya jadi sombong, Sobat NGOBI. Sang ayah malah mengatakan bahwa Khabib biasanya menuturkan Bahasa Arab dengan malu-malu.

3. Mewarisi Bakat Olahraga Sang Ayah

Kemampuan Khabib Nurmagomedov yang menonjol di bidang olahraga rupanya diwarisi oleh sang ayah. Ayah Khabib yang bernama Abdulmanap adalah seorang veteran angkatan darat sekaligus master olahraga nasional cabang gulat gaya bebas, juara sambo nasional Ukraina, dan pemilik sabuk hitam judo. Tanpa disadari, bakat tersebut telah diturunkan kepada Khabib Nurmagomedov sejak usia belia. Meskipun Khabib sempat menjadi atlet sambo saat kecil, sang ayah menginginkannya untuk sekolah seperti biasa dan tidak berkarier sebagai atlet. Khabib muda pun lulus dari Sekolah Tinggi Keuangan dan Ekonomi Makhackala.

Namun, takdir berkata lain. Khabib tak lantas berkarier di bidang ekonomi karena didasari latar belakang pendidikan akademisnya. Ayah Khabib mulai melihat bakat besar pada diri anaknya di tahun 2005 dan yakin bahwa anaknya bisa mencapai karier cemerlang di bidang bela diri. Sejak saat itu, sang ayah melatih Khabib Nurmagomedov agar menjadi petarung profesional. Hingga pada tahun 2008 akhirnya Khabib Nurmagomedov berhasil memulai debut pertamanya sebagai atlet Mixed Martial Arts (MMA) profesional.

Untuk lengkapnya silahkan tonton video berikut sob!

Video Sosok Inspiratif from Ngobi on Youtube.

 

11 Comments

Leave a comment