Sebagian orang memulainya dengan menebak-nebak, sebagian pergi bertanya atau melihat pesaingnya, sebagian lagi hanya dari menghitung angka-angka, kira-kira seperti itulah kebanyakan pengusaha pemula dalam menentukan harga jual yang kadang menjadi hal yang menyulitkan.

Nah jadi kali ini pembahasan kita yaitu tentang delapan faktor yang perlu dipertimbangkan saat menentukan harga jualan pada bisnis Anda. Sehingga Sobat ngobi memilki tambahan panduan untuk menentukan harga kedepannya.

Bagaimana Cara Memutuskan Harga Jual

1. Biaya Produksi Anda

Ada beberapa komponen biaya yang mempengaruhi harga modal sebuah produk. Komponen-komponen biaya ini timbul sejak awal produksi hingga produk sampai di tangan pembeli. Jangan sampai Anda lupa menghitung berapa biaya yang Anda keluarkan agar produk yang Anda jual ini tidak membuat Anda rugi. Beberapa komponen biaya tersebut seperti;

  • Biaya produksi
  • Biaya pemasaran
  • Biaya operasional
  • Biaya pengiriman.

Pastikan juga Anda menghitung semua biaya yang sering kali terlupa pada bisnis Anda seperti pajak, pulsa, pembelian ATK dan lain sebagainya.

2. Keuntungan Anda yang Diinginkan

Seringkali Anda terlalu memikirkan besarnya biaya produksi tanpa memperhatikan seberapa besar laba usaha yang ingin Anda dapatkan. Hal inilah yang terkadang membuat para pemula harus mengalami kerugian cukup besar dalam mengawali sebuah usaha.

Karena itu, sebelum menentukan harga jual sebuah produk, pastikan bahwa Anda telah menentukan besarnya laba yang diinginkan, agar kedepannya Anda juga bisa menikmati keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan

Baca Juga: 8 Tips Keuangan Untuk Pengusaha Muda Sebelum Memulai Bisnis

3. Permintaan Pasar

Jika apa yang Anda kerjakan memiliki permintaan tinggi, maka Anda harus mencoba untuk membuat pelayanan Anda lebih mahal. Sebaliknya jika permintaan pasar sedikit, Anda harus membuatnya lebih murah jika Anda ingin mampu bersaing.

Tanda-tanda bahwa permintaan tinggi termasuk banyaknya pekerjaan yang masuk. Sedangkan, tanda-tanda bahwa permintaan rendah termasuk Anda menemukan diri Anda harus bersaing untuk mendapatkan pekerjaan, kurangnya pekerjaan yang tersedia.

4. Harga Standar Pesaing

Sebelum menetapkan harga jual produk, ada baiknya bagi sebuah perusahaan untuk melakukan riset lapangan terlebih dahulu untuk melihat harga-harga produk yang ditetapkan oleh pesaing-pesaing yang ada di pasaran.

Setelah mengetahui harga jual rata-rata para pesaing tersebut, Anda bisa menentukan harga jual produk yang sama dengan para pesaing atau lebih tinggi sedikit namun mengandalkan kualitas bahan baku yang terbaik.

Atau bisa juga harga jual produk yang lebih rendah sedikit namun dengan kualitas bahan baku yang standar dan disertai dengan beragam pilihan yang bisa terlihat berbeda dengan pesaing-pesaing lain hingga menarik perhatian konsumen. 

5. Pengalaman Anda

Pengalaman juga merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan harga. Misalnya Anda mungkin memiliki dua orang pilihan fotografer profesional. Tetapi yang lebih berpengalaman mungkin memiliki keterampilan yang lebih baik. Misalnya dapat memprediksi masalah (dan dengan demikian menghemat waktu dan uang klien).

Pengalaman disini harus memengaruhi seberapa banyak harga yang akan Anda tawarkan. Dan pastikan juga hal tersebut sepadan dengan tingkat keahlian Anda.

6. Strategi Bisnis Anda

Strategi atau branding bisnis Anda akan membuat perbedaan besar pada bagaimana menentukan harga jual. Pikirkan tentang sarapan diwarung makan pinggir jalan yang menjual telur dadar dengan restoran mewah yang menjual sarapan omelet.

Sekalipun kedua makanan tersebut sama namun memiliki harga jual yang jauh berbeda. Cari tahu bagaimana Anda dapat menempatkan usaha Anda dan menggunakan strategi branding tersebut untuk membantu Anda menentukan harga jual apakah murah, mewah atau sedang.

7. Pelayanan Anda

Apa yang Anda berikan untuk klien Anda juga akan membuat perbedaan besar pada menentukan harga. Misalnya Anda mungkin seorang penjahit yang akan mengerjakan berbagai kebutuhan jahit, atau mungkin Anda menyediakan layanan telepon 24 jam setiap harinya jika ada keluhan.

Anda juga bisa hanya menyediakan beberapa jam saja untuk melayani pelanggan agar bisa memotong biaya. Apapun masalahnya, menyesuaikan harga dengan jenis dan tingkat pelayanan yang Anda berikan merupakan suatu keharusan.

8. Siapa Target Pasar Anda

Perusahaan harus mengetahui tipe-tipe konsumen yang kelak akan menjadi pelanggan perusahaan itu sendiri. Yang terpenting adalah pembagian konsumen dari ekonomi kelas menengah ke bawah maupun ke atas. Diusahakan agar harga jual yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen dengan kelas ekonomi menengah ke bawah dan menengah ke atas agar terjadi keseimbangan. 

Jika konsumen lebih mementingkan kualitas produk maka perusahaan dapat lebih meningkatkan kualitas produknya dengan menetapkan harga yang relatif lebih tinggi sehingga keuntungan yang diperoleh akan lebih besar.

Namun, jika konsumen lebih mementingkan harga jual produk maka perusahaan dapat memilih kualitas bahan baku produk yang biasa sehingga harga produksi tidak terlalu mahal namun diproduksi dengan berbagai variasi yang berbeda, sesuai dengan tren zaman kini. Dengan begitu, harga jual produk akan relatif lebih murah. 

Penutup

Baik sobat ngobi, Semakin banyak Faktor yang Anda pikirkan tentang alasan Anda di balik harga tersebut, semakin mudah Anda akan menentukannya. Namun dari semua faktor tersebut, akan ada banyak trial error dalam mencobanya sehingga Anda bisa menemukan harga yang paling sesuasi dengan bisnis Anda

3 Comments

Leave a comment