Apakah kamu sedang mencari inspirasi model baju wisuda terbaru di tahun 2021? Selamat! Kamu bertemu dengan artikel yang akan memberikan kamu referensi baju wisuda yang terbaik dan sesuai dengan dirimu.

Wisuda, momen paling ditunggu bagi setiap insan yang sudah lelah berjibaku dengan tugas akhirnya di bangku perkuliahan. Seiring berjalannya waktu, tak hanya anak kuliahan saja yang merasakan momen wisuda. Kini anak SMA bahkan anak TK saja sudah merasakan wisuda sebagai momen pelepasan.

Sebenarnya, ada pro dan kontra terkait prosesi wisuda yang sudah digelar dari bangku TK. Bagi mereka yang kontra terkait prosesi wisuda di semua jenjang menyatakan bahwa kini wisuda seperti sudah kehilangan esensinya.

Namun, ternyata dibalik pro dan kontra itu, ada berkah bagi para penjahit, toko kain, ataupun salon-salon yang menyewakan kebaya dan baju wisuda. Ada peluang bisnis yang besar. Karena setiap orang yang wisuda ingin tampil tercantik, terbaik, dan tentunya berbeda dengan teman lainnya.

Baju Terbaik yang Digunakan Saat Wisuda

Momen berburu model baju wisuda terbaik sudah seperti ajang mencari jodoh saja. Ada banyak model yang bertebaran di internet yang membuat mata bingung, model mana ya yang cocok untuk dipakai saat wisuda nanti?

Momen sakral seperti wisuda memang selalu dinantikan dan dipersiapkan dengan baik. Mulai dari fitting baju wisuda, make up wisuda hingga booking studio foto untuk mengabadikan momen terindah bersama keluarga.

Masa iya, sih, pergi ke acara wisuda dengan baju ala kadarnya? Momen sekali seumur hidup jadi tak terkesan secara sempurna. Lalu bagaimana cara memilih baju terbaik untuk wisuda, ya?

Begini Sobat Ngobi cara memilih baju terbaik yang digunakan saat wisuda:

  1. Pilihlah baju yang sopan dan memiliki kesan formal, tapi tidak menghilangkan esensi keindahannya.
  2. Pilihlah perpaduan warna yang menarik dan bisa disesuaikan dengan karakter kamu. Misal kamu seorang yang kalem maka warna-warna pastel sangat cocok untukmu.
  3. Tentukan pilihan baju wisudamu, apakah kamu ingin menggunakan dress modern, kebaya modern, kebaya klasik atau pun modifikasi.
  4. Bila kamu berhijab maka padukan warna hijab sesuai dengan warna baju wisuda.
  5. Agar menambah kesan cantik, kamu bisa memilih make up yang sesuai dengan karakter kamu.

Intinya bila ditanya baju terbaik yang digunakan saat wisuda itu seperti apa? Maka jawabannya adalah baju yang sopan, nyaman digunakan, dan menambah rasa percaya dirimu.

Model Kebaya untuk Acara Wisuda

Kebaya menjadi favorit baju wisuda para perempuan sekarang ini. Selain melambangkan budaya negeri, ternyata kebaya bisa dimodifikasi dengan gaya modern sehingga menampilkan kesan cantik dan elegan yang tidak menghilangkan karakteristik budaya.

Sudah terbayangkah model kebaya yang akan kamu kenakan di acara wisuda? Kalau belum mungkin model kebaya berikut ini bisa menginspirasimu.

Kebaya Simpel Mewah Ala Artis Indonesia

Artis sebagai seorang public figure menjadi salah satu sumber kiblat fashion masyarakat Indonesia, tak terkecuali saat mencari inspirasi untuk baju wisuda.

Beberapa artis yang telah selesai menyelesaikan jenjang perkuliahannya pun mengunggah fotonya ketika mengenakan baju wisuda. Seperti apa sajakah model kebaya simpel mewah ala artis Indonesia yang bisa kamu tiru?

1. Kebaya Merah Menyala Ala Febby Rastanti

Baju Kebaya Merah Menyala Ala Febby Rastanty

Buat kamu yang punya karakter berani, semangat, dan bold maka kebaya dengan warna merah menyala bisa kamu jadikan referensi.

Kebaya merah menyala dipadukan dengan kain jarik hitam ala Febby Rastanty ini tak hanya menunjukkan kesan mewah namun sederhana, tapi juga memberikan kesan semangat dan percaya diri.

Kebaya model seperti ini digunakan Febby Rastanti saat gladi resik wisuda.

2. Kebaya Potongan Peplum Ala Amel Karla

Baju Kebaya Ala Amel Karla

Model kebaya yang digunakan oleh Amel Karla ini adalah kebaya dengan potongan peplum. Model peplum ini adalah model baju yang memiliki bentuk menggelembung di bagian bawah. Peplum bisa diaplikasikan pada semua model baju, tak terkecuali kebaya.

Kebaya dengan potongan peplum ini mempertegas pinggang pemakai kebaya agar terlihat lebih cantik. Apalagi perpaduan warna baby blue yang digunakan oleh Amel Karla membuat kebaya ini tidak hanya simpel, namun juga mewah dan elegan.

3. Kebaya Kutu Baru Ala Tasya Kamila

Baju Kebaya Tasya Kamila

Berkuliah di luar negeri tak lantas membuat Tasya Kamila lupa dengan baju daerahnya. Justru saat wisuda ia mengenakan model baju kebaya sederhana yakni kutu baru yang dipadu dengan kain jarik.

Penampilannya semakin terlihat anggun dengan bros yang menghiasi baju kebayanya. Meski modelnya sederhana namun aura kecantikannya tetap terpancar. Berani mencoba?

4. Kebaya Ikat Pinggang Pita Ala Tiara Pangestika

Baju Kebaya Tiara Pangestika

Bagi kamu pecinta warna pastel, model kebaya yang digunakan Tiara Pangestika bisa jadi pilihan. Kebaya yang penuh dengan brokat dipadu dengan ikat pinggang berbentuk pita yang menambah kesan feminim.

Kebaya ikat pinggang pita berwarna merah muda dipadukan dengan kain jarik coklat tua memunculkan kesan cantik, sederhana, dan tentu tetap elegan.

5. Kebaya Brokat Merah Ala Rachel Amanda

Baju Kebaya Brokat Merah

Untuk kamu yang suka dengan model lebih tertutup, maka model kebaya dari Rachel Amanda bisa dijadikan referensi. Brokat berwarna merah mendominasi kecantikan kebaya ini.

Kain jarik merah dan lipstik merah memberikan kesan berani dan percaya diri bagi pemakainya. Apalagi potongan rambut curly Rachel Amanda ini membuat kesan elegan semakin terpancar.

6. Kebaya Navy Ala Febby Rastanty

Kebaya Navy

Kebaya berwarna biru navy masih menjadi idaman bagi para perempuan. Warna biru navy masih digemari karena bisa memberikan kesan ramping bagi para pemakainya.

Kebaya berwarna biru navy yang dipadu dengan kain jarik warna senada oleh Febby Rastanty ini memberikan kesan ramping dan juga elegan.

7. Kebaya Hitam Transparan Ala Alika

Baju Kebaya Alika

Buat kamu yang suka dengan warna hitam, maka tak masalah dipakai saat wisuda. Bukan berarti warna hitam menunjukkan kesedihan. Kamu bisa menggunakan kebaya wisuda warna hitam dengan model transparan ala Alika.

Perpaduan kebaya wisuda berwarna hitam dengan model transparan dan juga jarik membuat pemakaianya memiliki kesan ramping, tinggi, cantik, dan juga elegan.

8. Kebaya Bahu Transparan Ala Abel Cantika

Baju Kebaya Abel Cantika

Untuk kamu yang ingin tetap terlihat simpel dengan kebaya wisuda maka baju kebaya Abel Cantika ini bisa menjadi pilihan. Model kebayanya peplum asimetris dengan bahu transparan dan dipadu dengan kain motif abstrak membuat baju kebaya ini memiliki kesan playful.

9. Kebaya Full Payet Ala Bunga Citra Lestari

Kebaya Full Payet BCL

Baju yang penuh dengan full payet memang menimbulkan kesan mewah. Namun, perpaduan kebaya full payet dan kain jarik tradisional membuat kesan sederhana tetap ada. Kamu bisa mencoba model kebaya full payet ala Bunga Citra Lestari.

10. Kebaya dengan Payet Manis Ala Nikita Willy

Kebaya Nikita Willy

Faktor apa yang membuat sebuah kebaya terlihat cantik? Payet menjadi salah satunya. Detail payet yang manis membuat kebaya terlihat manis dan cantik. Seperti yang digunakan oleh Nikita Willy, model kebayanya off shoulder, berwarna pastel, dan memiliki kesan cantik dan elegan.

Pilihan Baju Wisuda Berhijab

Buat kamu yang berhijab memilih model baju wisuda terbaru termasuk tricky. Kebaya identik dengan mereka yang tak berhijab, tapi sekarang jangan salah meskipun berhijab, kamu tetap bisa kok tampil cantik di wisuda baik dengan kebaya atau model baju lainnya.

Berikut ini rekomendasi model baju wisuda terbaru untuk kamu yang berhijab.

1. Kebaya Panjang untuk Muslimah

Kebaya panjang (instagram.com/butik.purwaningsih)

Seorang muslimah memang harus memilih gaya baju yang menutup. Model kebaya panjang di bawah lutut bisa menjadi pilihan. Kebaya panjang dipadukan dengan kain jarik dan hijab satin warna senada kebaya membuat kamu tampil elegan.

2. Kebaya Panjang Model Loose Fit

Kebaya Model Loose Fit (instagram.com/butik.purwaningsih)

Pakaian muslimah identik dengan pakaian longgar dan tak membentuk tubuh. Untuk itu model kebaya model loose fit berwarna biru muda ini cocok menemani momen spesial kamu.

3. Baju Wisuda Perpaduan Kain Polos dan Kain Tile

Baju Wisuda Berhijab (instagram.com/butik.purwaningsih)

Kalau kamu tidak ingin menggunakan kebaya, maka model ini bisa kamu coba. Atasannya menggunakan kain polos dan bawahan rok berlapis kain tile. Model seperti ini membuat kamu terlihat lebih jenjang.

4. Kebaya Tunik

Kebaya Tunik Muslimah (https://www.instagram.com/ajpkebaya/)

Tunik menjadi baju favorit anak muda hari ini. Ternyata kamu bisa mengaplikasikannya pada baju kebaya wisudamu loh. Seperti model ini, perpaduan model kebaya klasik dan tunik membuat kesan elegan terlihat.

Kamu bisa menambahkan hijab satin yang senada dengan warna baju kebaya.

5. Kebaya Pita Cantik

Kebaya Pita (https://www.instagram.com/ajpkebaya/)

Buat kamu yang suka model baju kebaya yang lucu maka model kebaya pita ini bisa jadi pilihan kamu. Pita yang diletakkan di bagian perut memberikan kesan tak hanya cantik, tapi juga imut.

6. Kebaya Selendang Samping

Kebaya Selendang Samping (https://www.instagram.com/ajpkebaya/)

Akhir tahun 2020 lalu dan mungkin akan berlanjut di 2021 model dress dengan adanya selendang yang dihiaskan secara menyamping di pundak dan dijahit permanen dengan baju bagian atas.

Ternyata kebaya juga bisa dimodifikasi dengan selendang seperti itu. Selendang permanen itu menimbulkan kesan mewah dan elegan.

7. Kebaya Berselendang Panjang

Kebaya Berselendang Panjang (https://www.instagram.com/bajukondanganremaja/)

Kalau sebelumnya selendang hanya disampirkan di salah satu pundak, model lain yang bisa kamu tiru adalah selendang panjang yang dijahit permanen mulai dari bagian perut.

Selendang dibiarkan terjuntai memanjang hingga mata kaki. Model seperti ini membuatmu terlihat bak bidadari.

8. Baju Wisuda Lengan Terompet

Baju lengan terompet (https://www.instagram.com/bajukondanganremaja/)

Terompet tak hanya digunakan untuk euforia tahun baru semata, tapi juga bisa diaplikasikan pada model baju wisuda. Kamu bisa mengaplikasikannya pada lengan.

Kesan yang ditimbulkan dari lengan terompet ini tentunya adalah memberi efek cantik dan elegan

9. Baju Kebaya Brukat Potongan Miring

Baju Brukat potongan miring (https://www.instagram.com/bajukondanganremaja/)

Model baju full brokat potongan miring dipadu dengan jarik lilit berwarna krem dengan hijab senada membuat kamu terlihat anggun saat momen spesial.

10. Dress Model Cape dan Paduan Pita

Dress wisuda cape (https://www.instagram.com/bajukondanganremaja/)

Nah, buat kamu yang ingin menggunakan dress saat wisuda, maka model cape dan pita ini menjadi perpaduan yang cantik.

Kesimpulan

Momen spesial perlu disambut dengan penampilan yang spesial pula. Tak masalah kamu sibuk dengan memilih model baju wisuda terbaru. Tapi jangan lupa ya untuk merencanakan langkah ke depan setelah lulus.

Selamat berkreasi dengan model baju wisuda pilihanmu. Semoga artikel ini mampu mengatasi kebingunganmu.

Leave a comment