Apakah Sobat Ngobi pernah menemukan dua orang kembar namun memiliki kepribadian yang berbeda? Itulah keunikan manusia, Sob. Setiap kepribadian manusia memiliki keunikan tersendiri dan tidak sama. Tentu saja, kepribadian ini juga mempengaruhi motivasi kerja setiap orang. 

Padahal, mengetahui motivasi kerja merupakan sesuatu yang teramat penting di suatu organisasi, Sob. Bahkan perusahaan-perusahaan besar pun sangat memperhatikan motivasi kerja para karyawannya. Hal ini sangat berguna untuk membangun lingkungan yang kondusif di lingkungan kerja, Sob.

Bagi Sobat Ngobi yang sedang bekerja di perusahaan besar mungkin pernah ikut serta mengisi kuesioner terkait kepuasan kerja atau penilaian atasan dari sudut pandang bawahannya. Ini merupakan bukti bahwa mengetahui kepribadian manusia begitu penting untuk mengetahui motivasi kerja dan perilaku. 

Tidak berhenti sampai di sini, ketika perusahaan mengetahui kepribadian karyawannya maka secara otomatis juga ingin mengetahui bakatnya, Sob. Pengetahuan ini sangat membantu perusahaan untuk merencanakan karir karyawan di perusahaan. Ini juga termasuk cara perusahaan menempatkan posisi dan jabatan yang sesuai bagi karyawan. 

Berdasarkan teori kepribadian berbasis fungsi otak dominan BRAIN Personalities (Kepribadian BRAIN), otak manusia terbagi menjadi tiga bagian yakni otak insani, otak mamalia, dan otak reptil. Setiap bagian otak memiliki peranan masing-masing namun terdapat bagian otak tertentu yang paling sering digunakan. Inilah yang dinamakan kecerdasan dominan. 

Sangat disarankan bagi Sobat Ngobi untuk mengikuti tes BRAIN Personalities untuk mengungkap kepribadian dan kecerdasan dominan. Pun demikian bagi pemilik usaha agar menganjurkan karyawannya mengikuti tes tersebut. Hal ini sangat berguna untuk mengembangkan potensi dan karir karyawan. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi motivasi kerja seseorang, Sob. Hanya saja berdasarkan teori dari BRAIN Personalities terdapat 10 motivasi kerja berdasarkan kepribadian manusia. Berikut selengkapnya. 

Hal-hal yang Meningkatkan Semangat Bekerja

1. Kebahagiaan

Ukuran kebahagiaan seseorang sudah pasti berbeda, Sob. Namun, yang perlu digarisbawahi dalam kebahagiaan ini adalah kedamaian di suatu lingkungan. Apakah itu lingkungan rumah tangga atau lingkungan kerja, kedamaian seseorang menjadi syarat mutlak yang harus diperoleh oleh karyawan. 

Hasil riset ditemukan bahwa ketika seseorang kehilangan kedamaian di tempat kerja maka berpotensi tinggi untuk mengundurkan diri. Sangat penting bagi Sobat Ngobi yang merupakan seorang pemimpin agar mengedepankan kedamaian di tempat kerja. Secara tidak langsung, ini sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

2. Peranan

Mungkin dari sekian banyak motivasi kerja seseorang, sebagian besar ada pada faktor ini, Sob. Seseorang bekerja hanya untuk sekedar bekerja. Maksudnya, yang penting memiliki pekerjaan agar tidak dianggap sebagai pengangguran, Sob.

Tidak mengapa ketika seseorang hanya sekedar memiliki peranan, Sob. Namun, dapat diprediksi etos semangat belajar dan bersaing untuk menunjukkan kinerja yang berkualitas tidak maksimal. Ini disebabkan motivasi kerja hanya untuk sekedar mendapatkan pekerjaan. 

3. Keilmuan

Satu hal yang patut disyukuri adalah bila seseorang memiliki semangat belajar di lingkungan kerja. Biasanya, motivasi kerja ini dimiliki oleh seseorang yang sudah memiliki tujuan besar. Tujuan ini memiliki dua sisi, Sob.

  • Pertama, dia ingin mengejar karir di bidang yang ditekuni.
  • Kedua, dia belajar untuk mempelajari sistem di suatu organisasi.

Di kemudian hari, dia ingin mendirikan organisasi impian setelah dirasa khatam mempelajari sistem di organisasi tertentu. 

4. Uang

Faktor ini termasuk paling banyak ditemui, khususnya pada seseorang yang merasa memiliki nilai keilmuan atau kompetensi pada profesi tertentu. Fasilitas juga termasuk menjadi pertimbangan utama untuk meningkatkan kinerjanya. 

Boleh saja memiliki target untuk mendapatkan gaji atau penghasilan tinggi. Namun, itu hanyalah hasil dari sebuah nilai diri yang sudah memiliki bukti kinerja nyata, Sob. Poin penting yang harus diperhatikan bila motivasi kerja seseorang hanya uang, dikhawatirkan kurang loyal terhadap organisasi, Sob. 

5. Kepercayaan

Bagi seseorang yang menyadari bahwa keberhasilan besar bermula dari kepercayaan, maka dia akan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan amanah, Sob. Bahkan pada dasarnya banyak karir seseorang melejit karena telah dipercaya mengemban amanah dan menjalankannya dengan kinerja memuaskan. 

Inilah salah satu faktor yang banyak dicari oleh organisasi, Sob. Kejujuran dan amanah akan mampu menghidupkan organisasi. Sobat Ngobi patut memprioritaskan seseorang yang memiliki motivasi kerja seperti ini. 

6. Prestasi

Kinerja akan berujung prestasi. Untuk mencapai prestasi maka dibutuhkan profesionalisme dari tim kerja, Sob. Seseorang yang memilih prestasi sebagai motivasi kerja, maka akan berusaha menunjukkan kinerja yang efektif dan efisien. 

Semangat bersaing ada pada seseorang yang mengejar prestasi. Dia selalu menantang diri sendiri untuk menghasilkan kinerja yang membanggakan. Dalam jangka panjang, organisasi tempat dia bekerja mampu bersaing dan bertahan lama. 

7. Jabatan

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu syarat untuk meningkatkan gaji adalah dengan naik jabatan. Seseorang yang memiliki ambisi jabatan memiliki dua motif, Sob.

  • Pertama, dia memiliki kinerja pribadi yang unggul dan mampu berkolaborasi untuk memberikan dukungan kepada rekan kerja lain agar meningkatkan kinerjanya.
  • Kedua, hanya sebatas ambisi pribadi tanpa diimbangi keterampilan memimpin dan berkolaborasi. 

Bagi Sobat Ngobi yang memiliki tim dengan motivasi kerjanya adalah berorientasi pada jabatan, sebaiknya memilih karyawan yang punya motif pertama sebagaimana dijelaskan di atas. Dengan difasilitasi pelatihan manajemen dan kepemimpinan yang memadai, dia dapat berpotensi memberikan kontribusi besar kepada organisasi. 

8. Banyak Relasi

Seseorang yang memiliki orientasi pertemanan yang luas, maka dia sangat direkomendasikan di bidang pemasaran atau hubungan publik, Sob. Bila Sobat Ngobi memiliki karyawan seperti ini sebaiknya dikembangkan keahliannya.

Dalam setiap kesempatan, dia akan memberikan banyak informasi strategis. Bahkan, ketika Anda ingin menambah karyawan dia dapat memberikan rekomendasi karyawan dengan kinerja yang dapat diandalkan. 

9. Terkenal

Motivasi kerja dengan orientasi terkenal disarankan memiliki dasar keahlian dan profesionalisme tertentu terlebih dahulu. Karena bila tidak diimbangi dengan kedua hal tersebut, akan menimbulkan persepsi buruk terkait personal branding. Sobat Ngobi tentu tidak ingin memiliki karyawan yang hanya ingin mendapatkan perhatian dan terkenal, kan? 

Penutup

Demikianlah sembilan motivasi kerja berdasarkan kepribadian manusia. Sobat Ngobi disarankan untuk mengetahui kepribadian dan bakat masing-masing. Hal penting lainnya bila Anda adalah seorang pengusaha, maka wajib untuk mengetahui seluk-beluk kepribadian dan bakat karyawan, Sob. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk karir di lingkungan kerja di bidang yang sedang ditekuni. 

3 Comments

Leave a comment