Anda sedang mencari olahraga untuk meninggikan badan? Beberapa olahraga yang akan kamu simak berikut ini berpotensi membantu untuk meninggikan badan, lho.

Setiap orang punya tujuan masing-masing ketika ingin berolahraga, Sob. Ada yang ingin olahraga untuk mengecilkan perut, membentuk sixpack, dan mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan.

Terlepas apa pun yang menjadi asalan Sobat Ngobi, pasti tujuan akhir dari olahraga yang dilakukan adalah untuk membentuk kebugaran tubuh.

Semangat untuk selalu konsisten melakukan olahraga sangat dibutuhkan untuk hasil yang capai, Sob.

Nah, kali ini khusus untuk Sobat Ngobi akan direkomendasikan 9 olahraga untuk meninggikan badan. Tentu saja, beberapa gerakan meninggikan badan bisa anda lakukan, Sob.

Cara Meninggikan Badan Dengan Cepat

Untuk Sobat Ngobi yang memiliki permasalahan tentang tinggi badan, mencari solusi melalui olahraga termasuk pilihan yang sehat dan dianjurkan.

Beberapa jenis olahraga untuk meninggikan badan layak untuk dicoba. Diusahakan anda selalu menjaga ritme olahraga dan kuantitasnya, Sob.

Di samping itu, yang tidak kalah penting adalah menjaga asupan nutrisi untuk menunjang olahraga. Khususnya, olahraga untuk meninggikan badan secara alami, Sob.

Mindset Olahraga

Mungkin di sekitar anda terdapat teman-teman atau rekan kerja yang mengeluh karena berat badan yang sudah mencapai ambang obesitas. Beberapa dari mereka telah melakukan olahraga seperti jogging atau jalan-jalan di pagi hari. Mereka pun membuat jadwal khusus untuk melakukannya.

Namun, apa daya ternyata berat badan mereka masih belum mencapai ideal. Mereka mulai bercerita betapa mereka telah berusaha keras untuk meluangkan waktu berolahraga, Sob.

Sebelum Sobat Ngobi melakukan olahraga, sebaiknya pahami terlebih dahulu mindset olahraga. Unutk itu mencari alasan untuk membakar semangat harus selalu dimunculkan, Sob.

Ketika anda telah memahami mindset olahraga, kemungkinan besar seberat apa pun aktifitas olahraga yang dijalani akan terasa menyenangkan.

Ingin tahu apa saja poin-poin mindset olahraga? Yuk simak poin-poin penting untuk membentuk mindset olahraga yang benar!

1. Filosofi Olahraga

Olahraga bukanlah siapa yang mencapai garis finish terlebih dahulu, namun siapa yang mencapai garis finish berkali-kali. Seringkali orang-orang tergoda untuk mendapatkan tinggi badan cepat dengan berolahraga. Atau mungkin juga ingin cepat memperoleh tubuh ideal dan sixpack.

Karena justru dengan mengejar tujuan itu, mereka seperti merasa tertekan dan kurang menikmari setiap proses berolahraga, Sob. Kalau tujuan olahraga adalah untuk mencapai garis finish berkali-kali, maka sebenarnya olahraga adalah bagian dari pola hidup sehat yang secara konsisten dilakukan terus-menerus, Sob.

Nah, bisa dibilang olahraga bukanlah aktifitas musiman yang hanya dilakukan ketika berat badan atau tubuh terlihat kurang ideal. Sampai di sini semoga Sobat Ngobi mulai tercerahkan mengenai filosofi olahraga versi Ngobi. Yuk lanjut ke poin selanjutnya!

2. Asupan Nutrisi

Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang unik dan berbeda lho, Sob. Faktor penyebabnya juga bermacam-macam mulai dari faktor genetik hingga faktor budaya atau kebiasaan.

Namun, apa pun keadaannya Sobat Ngobi tetap harus menjaga asupan nutrisi untuk badan. Bila Sobat Ngobi yang kebetulan berbadan kurus, tentu saja memiliki kebutuhan asupan nutrisi yang berbeda dengan yang berbadan gemuk.

Misalnya, orang kurus lebih banyak membutuhkan asupan protein dan lemak yang lebih banyak dibandingkan orang yang gemuk. Di sisi lain, kebutuhan korbohidrat juga berbeda, Sob. Nah, ini tergantung tingkat aktifitas fisik yang dilakukan setiap orang.

Yang patut digaris bawahi adalah semakin seseorang memiliki aktifitas fisik yang berat, maka semakin banyak asupan karbohidrat yang dibutuhkan badan.

Termasuk kalau Sobat Ngobi yang memilih jenis olahraga untuk meninggikan badan, maka memilih makanan untuk meninggikan badan menjadi perhatian utama.

3. Pengolahan Makanan

Mayoritas orang sudah tahu bahwa jenis makanan akan mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang, Sob. Mereka juga mengetahui zat-zat yang terkandung didalam bahan makanan. Apakah itu karbohidrat, protein, atau vitamin mereka sudah mengetahuinya.

Karena kebiasaan dan selera setiap orang berbeda, cara mengolah makanan pun memiliki cara-cara tersendiri, Sob. Apakah yang bumbu diinginkan itu pedas, gurih, asin, atau manis, tergantung selera masing-masing.

Sobat Ngobi juga harus tahu, ketika seseorang tdak tahu cara mengolah makanan yang benar, secara otomatis akan merusak kandungan nutrisi didalam makanan, Sob.

Malahan, yang tadinya bahan makanan yang digunakan itu menyehatkan berubah menjadi makanan kurang sehat. Kesalahpahaman seperti ini sering terjadi bila seseorang terlalu mengutamakan rasa nikmat dari suatu masakan, Sob.

Jadi, sangat dianjurkan Sobat Ngobi berhati-hati dalam mengolah makanan agar nutrisi didalam makanan tidak rusak atau hilang.

4. Memilih Jenis Olahraga

Selanjutnya, Sobat Ngobi harus bijak dalam memilih jenis olahraga. Kembali ke tujuan olahraga yang dilakukan, Sob. Misalnya, Sobat Ngobi ingin menguruskan badan makan sangat dianjurkan melakukan olahraga yang melatih otot-otot rangka.

Beda lagi kalau Sobat Ngobi ingin memilih olahraga untuk meningggikan badan. Sebaiknya gerakan meninggikan badan lebih diprioritaskan, Sob.

Apabila Sobat Ngobi masih bingung untuk memilih jenis olahraga, anda bisa meminta atau menunjuk instruktur olahraga sangat dianjurkan.

5. Konsisten dan Teratur

Bisa dibilang olahraga itu seperti seseorang yang berlari marathon, Sob. Keteraturan untuk terus berlari dalam jarak panjang yang dibutuhkan. Semisal ditanya sampai kapan seseorang harus melakukan olahraga, maka jawaban yang bijak adalah melakukannya sepanjang hidup, Sob.

Seberapa keras Sobat Ngobi melakukan olahraga namun hanya sebulan sekali, tentu saja itu tidak realistis apabila anda berubah dari berbadan gemuk menjadi berbadan ideal, kan?

Baca Juga: 10 Kebiasaan Baik Orang Sukses yang Wajib Ditiru

Tinggi Badan Manusia

Karena kali ini kita sedang membahas tetang olahraga untuk meninggikan badan, berarti kita juga harus mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi tinggi badan manusia, Sob.

Selengkapnya, Sobat Ngobi bisa membaca tiga faktor yang mempengaruhi tinggi badan berikut ini:

1. Faktor Genetik

Sobat Ngobi harus tahu kalau manusia memiliki gen yang mempengaruhi tinggi badan yakni HMGA 2. Namun, masih banyak lagi gen-gen lain yang juga mampu mempengaruhi tinggi badan.

Kali Sobat Ngobi juga akan diberi tahu cara memperkirakan tinggi badan anak. Yuk pelajari selengkapnya berikut ini!

  • Anak laki-laki = (tinggi badan ibu + 13 cm) + tinggi ayah. Bagilah hasilnya dengan 2. Hasilnya berpotensi plus minus 8 cm.
  • Anak perempuan = (tinggi badan ibu – 13 cm) + tinggi ayah. Bagilah hasilnya dengan 2. Hasilnya berpotensi plus minus 8 cm.

Apakah rumus di atas itu benar? Tentu saja relatif tergantung apakah Sobat Ngobi menguji keabsahan rumusnya.

2. Faktor Nutrisi

Menurut ilmu kesehatan, manusia memiliki batas proses pemadatan tulang pada usia 35 tahun, Sob. Sebelum mencapai usia 35 tahun, sangat dianjurkan Sobat Ngobi mencukup asupan nutrisi berupa vitamin D, fosfor, dan kalsium.

Selain itu, Sobat Ngobi harus memenuhi kebutuhan protein baik dari protein hewani maupun protein nabati.

3. Faktor Aktivitas

Berdasarkan ilmu kesehatan, agar Sobat Ngobi memiliki tinggi badan yang ideal, sangat dianjurkan untuk memilih jenis olahraga untuk meninggikan tinggi badan yang berhubungan dengan tulang kaki panjang, Sob.

Tujuan dari memilih olahraga yang berhubungan dengan tulang kali panjang adalah untuk merangsang pertumbuhan tulang kali yang disebabkan aktivitas hentakan yang menahan berat badan, Sob.

Rekomendasi Olahraga untuk Meninggikan Badan

Sesi yang paling ditunggu-tunggu sudah tiba, Sob. Sesi itu adalah rekomendasi olahraga untuk meninggikan badan.

Yuk langsung saja pelajari apa saja olahraga yang meninggikan badan secara alami berikut ini!

1. Olahraga Renang

Coba Sobat Ngobi perhatikan orang-orang atau atlet-atlet renang! Secara keseluruhan mereka memiliki postur tubuh yang tinggi, Sob.

Di samping itu, mereka seringkali menggunakan tulang kaki panjang untuk olahraga renang. Inilah yang menjadi penyebab untuk membantu atlit renang memiliki postur tubuh yang tinggi, Sob.

2. Olahraga Basket

Olahraga yang menuntut seseorang untuk menggerakkan tulang kaki panjang berikutnya adalah olahraga basket.

Seorang atlet basket sangat sering menggunakan tulang kaki panjang untuk berlari dan melompat, Sob. Makanya jangan heran ya Sob kalau para atlet basket memiliki postur tubuh tinggi.

3. Olahraga Bola Voli

Tidak kalah dengan olahraga basket, olahraga untuk meninggikan badan kali ini adalah olahraga bola voli. Para atlet voli juga memiliki postur tubuh tinggi disebabkan mereka selalu menggunakan tulang kaki panjang untuk melakukan aktivitas smash, Sob.

Selain itu, mereka juga sering melakukan smash blocking untuk menghalau smash dari lawan.

4. Olahraga Lompat Tali

Nah, selanjutnya olahraga yang simpel namun bisa mempengaruhi tinggi badan lho, Sob. Olahraga itu adalah lompat tali.

Ketika Sobat Ngobi melakukan olahraga lompat tali, secara tidak langsung tulang kaki panjang dituntut untuk bekerja keras dan menahan berat badan sehingga mampu merangsang tinggi badan.

5. Olahraga Badminton

Aktivitas olahraga badminton tidak hanya mengandalkan kekuatan tangan saja lho, Sob. Kekuatan otot kaki juga sangat berpengaruh untuk melakukan lompatan smash.

Inilah olahraga yang meninggikan berat badan secara tidak langsung, Sob. Para pemainnya diharuskan selalu melatih otot tulang kaki panjang.

6. Olahraga Joging

Untuk melakukan aktivitas joging sangat fleksibel, Sob. Semisal melakukan joging didalam ruangan makan Sobat Ngobi perlu bantuan tredmill.

Otot tulang kali panjang juga terbentuk ketika Sobat Ngobi berlari. Otot itu terbiasa dilatih menyangga berat badan dalam jangwa tu cukup lama.

7. Olahraga Jump Spot

Olahraga yang satu ini sangat mudah dilakukan dimana pun dan kapan pun, Sob. Karena olahraga jump spot ini hanya khusu untuk melakukan lompatan.

Sobat Ngobi tinggal berdiri kemudian posisikan badan setengah jongkok. Selanjutnya, lompatlah setinggi mungkin dan mendarat di tempat berbiri yang sama.

Lakukanlah secara konsisten agar semakin cepat merangsang pertumbuhan tulang kaki panjang sehingga mampu meninggikan badan.

Kesimpulan

Agar Sobat Ngobi memiliki postur tubuh tinggi dan ideal dianjurkan untuk mencukupi nutrisi seimbang bagi tubuh, memilih jenis olahraga untuk meinggikan badan, dan konsisten dengan terus melakuakan olahraga secara teratur dan bersesinambungan.

Sangat dianjurkan bagi Sobat Ngobi untuk mencari instruktur olahraga yang profesional agar proses olahraga untuk meninggikan badan berlangsung dengan tepat.

Penutup

Nah, itulah informasi penting untuk Sobat Ngobi tentang rekomendasi olahraga untuk meninggikan badan dengan mudah. Tetaplah konsisten untuk terus melakukan olahraga. Semangat berolahraga, Sob!

3 Comments

Leave a comment