Dunia telah mengalami perubahan drastis karena pengaruh internet. Para profesional yang bekerja di perusahaan mulai mempertimbangkan untuk membangun usahanya sendiri. Mereka mulai melirik pekerja freelance, Sob. 

Pengaruh pandemi Covid-19 memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk mencari solusi pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah. Perusahaan juga mulai kewalahan untuk menanggung beban gaji karyawan tanpa diimbangi pendapatan yang ditargetkan, Sob. 

Maraknya marketplace sekarang ini tidak hanya menawarkan produk fisik namun juga jasa para profesional. Anda hanya tinggal menawarkan keterampilan Anda di internet dengan harga yang kompetitif. 

Apakah Anda menginginkan untuk dibayar dengan rupiah atau dolar? Semua itu tergantung kapasitas Anda untuk mencapainya, Sob. Apabila Anda menginginkan pembayaran dengan mata uang dolar, Anda tinggal memilih platform freelance khusus melayani konsumen global. 

Sebelum Anda serius menjadi pekerja freelance, Anda harus mengetahui 14 pekerjaan freelance yang selalu dibutuhkan pasar berikut ini. 

1. Content Creator

Seiring perkembangan teknologi informasi dan digital maka semakin banyak topik dan informasi yang disajikan kepada publik. Baik itu informasi tentang pendidikan, sains, maupun entertainment membutuhkan kumpulan topik yang selalu menyegarkan pembaca atau penonton. 

Inilah yang menjadi tugas utama seorang content creator, Sob. Anda diharuskan mampu menyampaikan informasi yang menarik dan disukai oleh target pasar. Semakin menarik cara penyampaian dan topik yang Anda rancang, maka semakin jasa Anda sebagai seorang content creator dibutuhkan pasar. 

2. Copywriter

Teknologi informasi berkaitan erat dengan bidang pemasaran. Termasuk pemasaran digital (digital marketing) yang membutuhkan teknologi informasi yang handal untuk menyampaikan pesan yang menarik kepada pasar. 

Dibalik kesuksesan pemasaran dan penjualan di era digital saat ini, tidak  bisa lepas dari kontribusi pekerja freelance copywriter. Pesan yang mengusik benak para konsumen untuk segera membeli produk atau jasa yang ditawarkan merupakan tugas utama copywriter. Para pekerja freelance copywriter profesional selalu dibutuhkan oleh pasar, khususnya oleh perusahaan. 

3. Editor

Cukup bagi Anda di rumah dengan modal keterampilan menulis dan kuota internet sudah cukup untuk menjadi editor. Apalagi sekarang sudah tersedia platform berjejaring untuk para profesional yaitu Linkedin. Anda dapat membuka diri untuk jasa profesional secara global, Sob. 

Seorang editor biasanya bertanggung jawab kepada aturan baku suatu tulisan. Apakah sudah sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Seorang editor perlu memiliki keterampilan menguasai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) dan memahami berbagai jenis tulisan. Itulah keterampilan yang harus dimiliki sebagai pekerja freelance editor.  

Baca Juga: 9 Jenis Pekerjaan Penulis Lepas atau Freelance Writer

4. Product Designer

Dulu desain produk dengan kemasan menarik hanya dimiliki oleh perusahaan besar, Sob. Karena sekarang sudah banyak perusahaan-perusahaan kecil yang sudah melek desain, tampilan kemasan produk menjadi prioritas utama. 

Untuk menjadi pekerja freelance product designer, Anda tidak hanya memiliki keterampilan graphic design, Sob. Anda juga harus mengerti jenis-jenis dan warna-warna tertentu agar kemasan suatu produk mudah diingat konsumen. Sekali melihat kemasannya, konsumen menjadi percaya untuk mencoba produknya. 

5. Web Designer

Sejak terjadi pandemi ini, kebiasaan masyarakat lebih sering berinteraksi dengan internet dan di rumah. Dalam berbelanja pun mereka lebih cenderung secara online, Sob. Otomatis dengan fasilitas internet, mereka akan sering membuka platform  digital seperti toko online dan media informasi di internet. 

Perubahan perilaku masyarakat ini merupakan kesempatan bagi pekerja freelance yang memiliki keterampilan web design, Sob. Jasa Anda sebagai seorang web designer pasti dibutuhkan baik untuk skala korporasi maupun usaha kecil menengah (UKM). Para pelaku usaha ini sudah mulai sadar untuk menjual produk-produk mereka secara online. 

6. Logo Designer

Tidak hanya dibayar dengan mata uang rupiah, jasa dari logo designer  dapat dibayar dengan mata uang dolar USD, Sob. Bagi perusahaan yang yakin bahwa produk mereka akan diterima pasar maka logo perusahaan atau produk menjadi investasi jangka panjang. 

Perusahaan berani membayar mahal jika Anda mampu memberikan desain logo yang berkualitas. Anda juga harus mampu membuat logo yang mampu menunjukkan keunikan suatu brand di benak pasar. 

7. Brand Designer

Brand merupakan suatu pantulan atau reaksi dari benak konsumen terhadap suatu produk. Tidak selalu berkaitan dengan produk, brand designer juga harus mampu merancang personal branding dari seorang tokoh. 

Biasanya seorang brand designer merupakan seorang pakar khusus untuk merancang konten-konten komunikasi yang berkaitan dengan produk. Quote yang berkesan dan mudah diingat menjadi sasaran perusahaan agar produk mereka selalu tertanam di benak konsumen. Akibatnya, konsumen menjadikan produk itu sebagai prioritas di dalam daftar belanja, Sob. 

8. Voice over

Pernahkah Anda menyaksikan iklan di televisi atau radio? Secara otomatis Anda pasti mendengar perkataan seseorang yang menyampaikan pesan-pesan ketika iklan berlangsung. Itulah yang dinamakan voice over

Penelitian membuktikan bahwa telinga menjadi indra yang paling sensitif untuk menerima pesan. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki suara yang bagus dan unik maka sebaiknya mencoba menawarkan jasa voice over. Sebagai pekerja freelance voice over, Anda diharuskan memberikan kejutan yang berkesan dan menyentuh emosi agar konsumen terpengaruh untuk membeli produk yang ditawarkan. 

9. Dubber

Apakah Anda pernah menyaksikan serial anime, Sob? Pada dasarnya anime adalah gambar gerak yang disisipi suara manusia untuk memberikan tayangan yang komunikatif. Penyedia jasa suara inilah yang disebut dubber

Dibutuhkan suara yang unik untuk menjadi pekerja freelance dubber, Sob. Suara unik ini juga mampu memberikan kesan karakter yang digambarkan pada serial anime. Namun, tidak hanya anime, film-film dari manca negara seperti telenovela, Hollywood, atau drama Korea juga membutuhkan jasa dubber agar dapat dimengerti oleh penonton dengan bahasa lain.

10. Penulis

Ketika Sobat Ngobi duduk santai dan dapat berselancar di dunia maya maka tidak lepas dari Google. Mesin pencarian Google mampu menyajikan informasi yang kita butuhkan. TInggal ketikkan kata kunci pada kolom pencarian, maka google akan menampilkan website yang mengandung informasi dari kata kunci yang kita cari. 

Berbagai tulisan di website atau konten video tidak lepas dari kontribusi penulis, Sob. Di tengah pandemi saat ini semakin banyak orang membaca informasi di internet. Dari sinilah pekerjaan freelance sebagai penulis mendapatkan proyek tulisan. Adapun jenis-jenis pekerjaan freelance ada banyak bentuknya yang bisa sobat ngobi sesuaikan dengan minat dan bakat misalnya;

  • Resume & CV
  • Deskripsi Produk
  • Konten Website
  • Proofreader
  • Penerjemah
  • Artikel & Blog
  • Dan lain-lain

11. Youtuber

Semenjak wabah Covid-19 banyak tokoh publik atau selebritis kehilangan pekerjaan, Sob. Mereka mayoritas menggunakan youtube sebagai media hiburan untuk mendapatkan traffic penonton. 

Nah, dari jumlah penonton yang semakin meningkat dan viral para youtuber bekerja sama dengan penyedia layanan iklan di youtube, Sob. Setiap iklan yang ditampilkan di video youtube bernilai uang, Sob. Bagi Sobat Ngobi yang ingin memilih pekerjaan freelance sebagai youtuber, maka Anda harus menyajikan konten-konten menarik, menghibur, dan bermanfaat. Tujuannya adalah untuk ditonton banyak penikmat youtube. 

12. Jasa Titip

Pekerjaan freelance dengan modal kepercayaan dan sangat dibutuhkan di tengah pandemi adalah jasa titip. Di kota-kota besar jasa ini sudah populer. Apalagi tuntutan pemerintah yang menganjurkan masyarakat untuk tetap berada di rumah, jasa titip menjadi peluang, Sob.

Jasa ini sangat cocok dilakukan oleh Sobat Ngobi yang berdomisili atau sedang tinggal di Kota Metropolitan dan memiliki teman di daerah. Cukup update status produk-produk yang dapat dipesan atau chat pribadi teman-teman atau kerabat. Ketika hendak membeli barang Sobat Ngobi tinggal menambahkan ongkos jasa titip kepada mereka. 

13. Reseller Produk Kesehatan

Di masa pandemi pemakaian masker dan hand sanitizer menjadi keharusan. Reseller produk kesehatan sangat dibutuhkan sekarang. Ini merupakan peluang untuk dijadikan pekerjaan freelance, Sob. 

Sobat Ngobi dapat menjual produk kesehatan dengan fleksibel. Misalnya dijual di toko online atau via Whatsapp. Meskipun berada di rumah, Anda tetap produktif menghasilkan pendapatan. 

14. Reseller Produk Emas

Membeli emas adalah cara aman untuk menjaga nilai tukar uang terkena dampak inflasi, Sob. Ini menjadi solusi di tengah situasi ekonomi yang sedang lesu seperti sekarang. Kabar baiknya harga emas semakin naik selama masa pandemi. Sobat Ngobi dapat mencoba peruntungan baru dengan memilih pekerjaan freelance sebagai reseller produk emas. 

Penutup

Itulah 14 pekerja freelance yang selalu dibutuhkan pasar bahkan di masa pandemi saat ini. Semoga mampu memberikan informasi untuk  Sobat Ngobi agar menjadi pekerja freelance yang dibutuhkan pasar.

Dengan Menjadi Seorang Freelancer Anda bisa Bekerja dari Mana saja dan Kapan saja.

4 Comments

Leave a comment