Dunia mahasiswa terkenal super sibuk, mulai dari mata kuliah beserta tugasnya, aktif di organisasi, hangout bareng teman, dan sebagainya. Oleh karena itu seorang mahasiswa dituntut untuk proaktif dan gercep, itulah sebabnya pekerjaan sebagai freelance sangat cocok untuk mahasiswa.

Mengapa Pekerjaan Freelance Cocok untuk Mahasiswa

Sebagai seorang freelancer artinya Anda adalah seorang wirausaha, dimana Anda bebas mengatur jam kerja, ingin bekerja dengan siapa, dan menentukan gaji Anda sendiri. Selain itu terdapat banyak manfaat bekerja sebagai seorang freelancer seperti:

  • Mendapat penghasilan tambahan
  • Bebas mengatur waktu kerja dan kuliah
  • Bisa mengeksplor minat dan skill baru

Pekerjaan Freelance Terbaik untuk Mahasiswa

Jika Anda saat ini akan atau sedang kuliah berikut ini beberapa pekerjaan terbaik untuk mahasiswa atau anak kuliah:

1. Pengajar Online

Sejak pandemi COVID-19, sekolah online menjadi sangat marak dan terdepan dalam pendidikan. Meskipun sekolah sudah mulai kembali ke format tatap muka, masih ada kebutuhan tinggi akan pengajar online. Mahasiswa dapat mengubah kemampuan akademik mereka menjadi pendapatan potensial dengan mengajar siswa lain dalam mata pelajaran yang paling mereka kuasai.

Teman-teman bisa mendaftar sebagai tutor seperti di ruangguru.com, skillacademy.com, dan sebagainya. Sesuai dengan skill atau ilmu yang kalian kuasai tentunya.

2. Desainer Grafis

Jika Anda tertarik dengan desain grafis, mencari pekerjaan sebagai desainer grafis bisa menjadi cara yang bagus untuk memperluas skill teman-teman. Perguruan tinggi adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan keahlian ini dan membangun portofolio Anda. Dengan menangani proyek desain grafis, Anda dapat mencoba banyak style dan menyempurnakan jasa desain Anda.

Setiap proyek yang Anda selesaikan memungkinkan Anda menambah portofolio pekerjaan teman-teman. Dimana kedepannya semakin bagus portofolio teman-teman, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pekerjaan besar kedepannya baik selama kuliah atau setelah lulus tentunya.

Mimin sendiri sewaktu kuliah beberapa kali mengerjakan proyek freelance desain grafis ini seperti mengerjakan logo perusahaan, membuat desain print template, dan masih banyak lainnya.

3. Manajer Sosial Media

Jika teman-teman berpengalaman di dunia media sosial dan suka membuat konten, berinteraksi dengan followers, dan menyusun kalender postingan media sosial yang konsisten, menjadi manajer sosial media mungkin sangat cocok untuk Kamu ni sob.

Dengan media sosial yang begitu lazim untuk bisnis dan influencer, ada kebutuhan besar bagi orang-orang yang dapat mengelola dan mengembangkan berbagai platform media sosial. Sebut saja UMKM yang sibuk ngurusin jualan dan butuh orang untuk mengatur sosial media mereka. Nah silahkan menawarkan jasa teman-teman pada mereka.

4. Penulis

Penulis akan selalu dibutuhkan. Apakah Kamu senang menulis artikel blog, iklan, teks media sosial, email penawaran, menulis adalah keterampilan yang sangat didambakan yang dapat dengan mudah menjadi pekerjaan freelance bagi mahasiswa.

Sama halnya dengan desain grafis dan pekerjaan kreatif freelance lainnya, setiap proyek menulis yang Kamu selesaikan akan memperkaya portofolio Kamu dan memungkinkan klien besar untuk melihat bakat Kamu nantinya.  

5. Web Developer

Jika Kamu anak IT atau senang dengan dunia coding khususnya membuat situs web dan membantu bisnis dan wirausahawan memamerkan cerita dan produk mereka secara online, pekerjaan freelance yang cocok untuk skill ini adalah web developer atau pengembang website.

Selalu ada permintaan yang tinggi untuk pengembang web yang mahir dalam coding. Pemilik bisnis biasanya menginginkan fitur khusus untuk membedakan situs web mereka dari pesaing. Klien akan lebih cenderung membayar harga tinggi untuk web developer yang dapat penyesuaian websitenya. Selain itu Kamu juga bisa menggunakan template agar pekerjaanmu bisa lebih cepat dan efisien sob.

Temukan Pekerjaan Freelancemu

Memiliki penghasilan tambahan, fleksibilitas waktu jam kerja, menambah skill dan minat, hanyalah beberapa alasan mengapa menjadi freelancer adalah pilihan yang tepat untuk mahasiswa. Dibandingkan Anda harus menjadi kasir atau pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu dan kehadiran Kamu dilokasi kerja.

Untuk pekerjaan freelance yang lebih kreatif seperti desain grafis, menulis, manajer media sosial, dan pengembangan web, Anda dapat mencari lowongan pekerjaan tersebut di situs-situs freelance yang sudah kami bahas di video kami.

Untuk mempromosikan jasa bisnis Kamu dan mendapatkan pekerjaan atau proyek dengan bayaran yang lumayan. Selain itu setiap proyek yang berhasil Kamu selesaikan, Kamu sedang dalam perjalanan untuk membangun portofolio dan membangun karier impian yang lebih baik dimasa mendatang.  

Leave a comment