Berbicara urusan perut tentu industri kuliner menjadi salah satu bidang utama yang disoroti zaman sekarang. Industri ini memang cukup menyenangkan, karen bisa mengenyangkan.

Bayangkan, apabila ada brand atau perusahaan yang meminta endorsement dari Anda mengenai suatu produk dan Anda cukup mem-posting-nya di media sosial, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Besarnya penghasilan bisa tergantung dari jumlah followers, engagement dengan para pengikut, jumlah page views di blog, atau hal-hal lainnya. Tentu menyenangkan bukan diberimakan lalu dibayar.

Jadi jangan hanya menjadikan kegemaran makan Anda sebagai hobi belaka. Sebenarnya sobat ngobi yang senang dengan dunia kuliner bisa menjadikannya peluang usaha!

Berikut 8 Pekerjaan buat Sobat Ngobi yang Pecinta Kuliner

Jadi Bukan cuma perut Anda saja yang senang, tabungan Anda pun demikian.

1. Menjadi Koki

Ini merupakan pekerjaan yang paling berhubungan dengan dunia kuliner. Kalau bukan koki yang menyajikan makanan untuk Anda, siapa lagi? Untuk menjadi seorang koki, Anda perlu mengasah kemampuan dalam mengolah bahan makanan.

Selain bisa mengikuti pendidikan formal terkait tata boga, Sobat ngobi juga bisa mengikuti kursus sebagai chef agar pengetahuan dan wawasan di bidang ini semakin bertambah.

2. Jurnalis atau Food Blogger

Berbeda dengan tipe yang satu ini, jika sobat Ngobi tidak jago memasak namun senang memotret makan sekaligus menulis blog? Mengapa tidak menjadi food blogger saja? Kuliner menjadi tema yang begitu digandrungi, apalagi erat kaitannya dengan lifestyle. Untuk mulai menjadi food blogger, Anda bisa mendatangi cafe, restoran, tempat makan, atau apapun itu yang berhubungan dengan makanan.

Anda bisa menceritakan bagaimana rasa makanan tersebut, apakah layak direkomendasikan kepada para pembaca Anda, di mana mereka bisa menemukan tempat makan tersebut, dan sebagainya.

3. Youtuber

Buat songat ngobi yang lebih percaya diri untuk tampil didepan kamera dan dilihat mencicipinya langsung maka pilihan ini sangat cocok untuk membuat channel youtube khusus review makanan. Sobat ngobi bisa mulai berkeliling mencoba jajanan khas disekitar tempat tinggal sobat ngobi. Selanjutnya bisa mencoba sampai kuliner di setiap kota bahkan mancanegara.

Kuncinya sobat ngobi harus punya ciri khas sendiri disaat makan dan mereview makanan tersebut, buatlah review yang semenarik mungkin. Dan dari sekedar yang awalnya berbagi tidak sedikit loh yang sampai diundang oleh restoran atau tempat makan terkenal hanya untuk mereview tempat mereka.

4. Pengusaha Katering

Seringkali, orang-orang tidak memiliki waktu untuk memasak atau mempersiapkan bekal makan siang mereka terutama bagi masyarakat perkantoran. Di sisi lain, banyaknya pilihan makanan yang dijual terkadang membuat bingung, mau makan apa ya, hari ini.

Nah, katering pun hadir sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Apalagi, banyak karyawan kantor atau anak kos yang membutuhkan katering guna memudahkan mereka untuk memenuhi kebutuhan primer mereka sembari menyelesaikan kesibukan lainnya.

Jika berminat untuk membuka peluang usaha kuliner satu ini, tentukan jenis makanan apa yang akan Sobat ngobi ingin suguhkan. Tentunya menyesuaikan dengan lokasi sobat ngobi ingin membuka usaha tersebut. Misalnya Makanan cepat sajika, jajanan atau Makanan sehat.

Apabila usaha Anda sudah dikenal masyarakat luas, tidak menutup kemungkinan bisnis ini akan merambah menjadi katering untuk event-event tertentu, bahkan katering pernikahan yang tentu akan menghasilkan keuntungan lebih besar.

Sobat Ngobi juga bisa menggunakan layanan gojek diawal memulai usaha untuk membantu pemasaran sekalipun hanya dimulai dari rumah ya.

5. Fotografer Kuliner

Tidak sedikit lho, pemilik bisnis makanan yang membutuhkan jasa fotografer untuk membuat makanan dan minuman yang disajikan terlihat lebih menggiurkan. Nah, apabila Sobat ngobi gemar memotret, jadikanlah ini sebagai peluang untuk memperoleh pundi-pundi uang.

Agar foto Anda disukai klien, Anda perlu mempertinggi kemampuan fotografi dan tahu pasti bagaimana membuat hasil gambarnya terlihat lebih menarik. Sobat ngobi juga bisa bekerja sama dengan perusahaan advertising atau desainer untuk berkolaborasi membuat iklan makanan tersebut. dan bagian menariknya setelah memotret, biasanya Sobat ngobi bisa ikut mencicipi makanan tersebut tentunya.

Baca Juga : 9 Ide Bisnis Fotografi Bagi Pecinta Fotografer

6. Pemilik cafe atau restoran

Bagi sobat ngobi yang memiliki modal yang lumayan besar ini bisa menjadi salah satu opsi menarik yaitu membuka cafe atau restoran. sekalipun membutuhkan modal yang lumayan besar namun bisnis makanan ini sangat menggiurkan dan cocok sekali untuk Sobat Ngobi yang pecinta kuliner.

Anda bisa menjadikan teman Anda yang sudah berkecimpung di usaha kuliner sebagai partner bisnis Anda. Bisa juga, membuka usaha franchise brand terkenal jika Anda tidak ingin memulai bisnis kuliner dari nol. Namun jangan lupa ya untuk memilih lokasi yang pas dan ramai sesuai dengan segmen pasar yang dituju.

7. Ahli Gizi

Pekerjaan ini cocok untuk Sobat ngobi yang ingin menawarkan pelayanan terkait makanan dari segi ahli gizi. Pekerjaan ini berputar pada mengatur gizi dan penggunaan diet khusus untuk mencegah dan mengobati penyakit. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan konsultasi mengenai menu diet serta makanan sehat untuk para atlet profesional. Anda pun bisa mengatur nutrisi makanan untuk klien atau dari keluarga sobat ngobi sendiri.

PENUTUP

Baiklah sobat ngobi itulah 7 ide bisnis buat sobat ngobi yang pecinta kuliner, menarik bukan senang makan dan sekaligus bisa berbisnis. Silahkan dicoba ya sesuai dengan minat dan bakat sobat ngobi, asal jangan lupa untuk sebelumnya riset pelanggan terlebih dahulu.

Sebagai penutup hari ini dari 7 Peluang usaha kuliner diatas, mana yang paling Sobat ngobi minati? silahkan menuliskannya di kolom komentar dibawah ya

6 Comments

Leave a comment