Dalam dunia kerja, sudah sewajarnya sebuah perusahaan meminta CV atau Resume dari pelamar demi mengetahui latar belakang dan pencapaian pelamar. CV atau Resume menjadi acuan bagi para perekrut dalam memahami karakter dari pelamar yang sedang melamar pekerjaan di posisi tertentu.

Bisa dibilang, CV dan Resume menjadi pintu gerbang pertama bagi pelamar untuk memasuki serangkaian “ruang seleksi” demi memperoleh posisi yang ia sedang ingin capai.

Kerap kali baik para fresh graduate ataupun para pekerja yang sudah berpengalaman, banyak dari mereka tidak memahami perbedaan antara CV dan Resume. Mereke menganggap Resume adalah CV atau sebaliknya, sedangkan keduanya adalah dokumen yang berbeda.

Nah, bagi sobat Ngobi yang sedang mencari pekerjaan, berikut adalah perbedaan CV dan Resume dari berbagai segi yang wajib kalian simak agar tidak salah dalam menyiapkan berkas lamaran untuk pekerjaan yang kalian idam-idamkan.

Perbedaan CV dan Resume

1. Pengertian

Secara pengertian, CV adalah gambaran rinci tentang pengalaman, kualifikasi, dan prestasi dalam hal akademis, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan.

Dalam CV, kita juga dapat mencantumkan foto, status kewarganegaraan (untuk melamar pekerjaan di luar negeri), serta status perkawinan (untuk pekerjaan yang mengharuskan calon pegawainya berstatus belum menikah).

Sedangkan Resume dapat diibaratkan sebagai sebuah iklan atau promosi singkat tentang diri seseorang. Melalui resume, seseorang tersebut dapat dinilai patut dikatakan sebagai orang yang tepat untuk mengisi posisi yang tersedia tersebut atau tidak.

2. Isi

Dari segi konten atau isi, antara CV dan Resume pun memiliki perbedaan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, CV merupakan gambaran rinci tentang pengalaman, kualifikasi dan prestasi seseorang dan kaitannya dengan pekerjaan.

Maka dari itu dalam penulisannya, isi CV terbatas kepada rincian tentang pendidikan apa yang telah seseorang dapatkan semasa hidupnya dan pengalaman kerja serta pencapaian apa saja yang sudah didapatkan. Isi CV harus benar-benar ditulis secara rinci.

Lalu bagaimana dengan Resume? Resume hanya memuat informasi tentang kemampuan, keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang ingin diraih saja.

Maka dari itu secara format, tidak seperti CV yang ditulis dengan detail, Resume ditulis dengan sangat ringkas. Biasanya untuk mempersingkat tulisan dalam Resume, poin-poin keterampilan yang dipaparkan dibuat dalam skema angka atau simbol dengan range 1-10.

3. Jumlah Halaman

Dalam segi jumlah halaman, ada perbedaan yang cukup signifikan antara CV dengan Resume. Karena CV memuat poin-poin yang detail, jumlah halaman dalam CV tidak dibatasi.

Meskipun demikian, alangkah baiknya jumlah halaman dalam CV tetap dibuat seperlunya saja. Setidaknya maksimal cukup dibuat sebanyak 3 halaman dengan poin-poin yang rinci namun tidak bertele-tele.

Dalam Resume, jumlah halamannya hanya dibatasi sebanyak 2 halaman saja. Apabila bisa merangkum semua keterampilan dan pengalaman kerja relevan dalam satu halaman saja, hal itu dianggap lebih baik.

4. Fungsi

Orang awam mungkin mengira bahwa CV dan Resume memiliki fungsi yang sama yaitu hanya untuk melamar pekerjaan. Bisa dibilang pernyataan tersebut adalah benar, namun tidak sepenuhnya. Memang benar apabila fungsi Resume adalah digunakan untuk melamar suatu posisi dalam bidang pekerjaan tertentu saja.

Namun tahukah sobat Ngobi sekalian bahwa CV memiliki fungsi lain selain untuk melamar pekerjaan? Selain untuk melamar pekerjaan, CV juga dapat digunakan sebagai persyaratan untuk melanjutkan pendidikan setingkat Magister atau Doktor.

Memang jarang ditemukan universitas-universitas di Indonesia yang menggunakan CV sebagai patokan untuk menyeleksi calon mahasiswa pada tingkat pendidikan tertentu, namun di luar Indonesia sistem seperti ini sangat mudah ditemukan.

Salah satu contoh universitas yang menggunakan CV sebagai standard penyeleksian calon mahasiswa adalah Michigan State University di Amerika Serikat.

5. Penggunaan CV dan Resume di Dunia

Point kelima ini cukup penting disimak bagi Sobat Ngobi yang ingin melamar pekerjaan di luar negeri. Patut diketahui bahwa setiap negara memiliki standard preferensi diri yang berbeda-beda dalam proses pencarian tenaga kerja.

Di Indonesia, baik CV maupun Resume sama-sama digunakan dan tidak ada standard baku yang berlaku dalam penggunaannya. Berbeda dengan Indonesia, negara-negara lain di dunia memiliki standard-standard tertentu sebagai preferensi mereka dalam persyaratan tenaga kerja.

Di wilayah US dan Kanada, resume lebih banyak diberlakukan daripada CV. Sedangkan beberapa negara besar Eropa seperti Inggris, Irlandia dan Jerman, CV lebih sering digunakan. Secara global, Resume sering dipakai untuk persyaratan lamaran kerja dalam sektor swasta sedangkan CV lebih sering digunakan pada posisi layanan publik.

Point terpentingnya adalah bahwa dimanapun kalian ingin melamar pekerjaan, cermatilah dengan teliti persyaratan apa yang diminta oleh perusahaan incaran kalian tersebut. Apakah itu CV? Ataukah Resume? Dengan demikian, kesalahan dalam mempersiapkan berkas lamaran dapat kita dihindari.

PENUTUP

Demikianlah beberapa informasi tentang perbedaan antara CV dan Resume yang jarang diketahui. Semoga dengan mengetahui perbedaan kedua dokumen ini, kita menjadi lebih teliti dan tidak salah dalam memahami kegunaan CV maupun Resume sehingga lamaran pekerjaan yang kita ajukan dapat efektif dan membuahkan hasil terbaik.

Untuk pertanyaan hari ini, Pernahk kah Sobat Ngobi menggunakan Resume untuk melamar pekerjaan di Indonesia? silahkan jawab dikolom komentar dibawah ya

Leave a comment