Karismatik, humoris, akrab dengan anak muda, dan merupakan seorang arsitek profesional, itulah ciri dari pemimpin Gubernur Jawa Barat saat ini. Ya, beliau adalah Ridwan Kamil. Kedekatan dengan anak muda dibuktikan dengan konten sosial medianya yang selalu mampu mengundang anak muda untuk berinteraksi dalam setiap postingannya. Pantas saja kini followers-nya mencapai 13,1 juta. 

Wih, jadi penasaran nggak sih dengan gubernur satu ini? Nah, Ngobi akan mengulas 10 fakta unik dari Ridwan Kamil? Sudah siap? Yuk simak pembahasannya. 

Kang Emil, begitulah sapaan akrabnya, memiliki banyak karya di bidang arsitektur, Sob. Karya arsitektur bergengsi di luar negeri seperti Syria Al-Noor Ecoplis di Syria berhasil digarap. Di Cina, Ridwan Kamil berhasil merancang arsitektur Suzhou Financial District. Wah, beliau benar-benar memiliki reputasi kelas dunia, Sob.

Salah satu fakta unik Ridwan Kamil adalah berhasil menggarap proyek sosial masjid merapi, Sob. Saking uniknya, batako yang dijadikan material dibuat dari abu letusan gunung Merapi. 

Kontribusi lain di ranah sosial dan komunitas adalah menggagas gerakan bandung bersepeda. Gerakan ini juga disebut Bike Bdg. Suatu gerakan bagi masyarakat Bandung untuk senantiasa berolahraga menggunakan jasa sewa sepeda (bike sharing). Suatu gerakan yang mampu mengungkit ekonomi dan pola hidup sehat, Sob. 

Sudah tidak sabar mencari tahu fakta unik Ridwan Kamil lainnya, Sob? Berikut ini adalah sepuluh fakta unik Ridwan Kamil selama menjadi pejabat publik yang layak direnungi sebagai seorang pemimpin. 

Cerita Menarik Kang Emil

Siapa ni yang gak penasaran dengan sosok satu ini, yuk simak berikut 10 fakta menarik tentang beliau berikut:

1. Rela Disuntik Vaksin yang Belum Teruji

Baru-baru ini Ridwan Kamil telah menunjukkan keberanian sebagai seorang pemimpin, Sob. Mayoritas orang sudah tahu bahwa wabah Covid-19 belum dapat diselesaikan. Bahkan vaksinnya pun masih dalam proses uji coba. 

Keberanian seorang pemimpin benar-benar dicontohkan Ridwan Kamil. Beliau rela menjadi relawan yang disuntikkan vaksin, Sob. Padahal vaksin belum teruji. Hal ini beliau lakukan sebagai bentuk keprihatinan dan solusi untuk menguji kualitas vaksin dari Cina itu. Sebagai pemimpin, dia harus berani memulainya terlebih dahulu. 

2. Pemimpin Harus Berani Di Depan

Di kancah peperangan seringkali terlihat seorang panglima berada di belakang pasukan untuk membuat strategi khusus dan mengamati keadaan. Hal ini sangat penting karena seorang panglima adalah otak dan pusat komando pertempuran. 

Uniknya, hal berbeda dilakukan oleh Ridwan Kamil, Sob. Fakta unik Ridwan Kamil selanjutnya adalah beliau berani berhadapan langsung dengan kematian. Buktinya, keberaniannya menjadi relawan uji kelayakan vaksin Covid-19. Yang pasti keberanian beliau juga atas dasar ilmu dan nasehat para pakar, Sob.

3. Bertindak Berdasarkan Ilmu 

Keberanian Ridwan Kamil menjadi relawan uji vaksin bukan serta merta keputusan spekulasi, Sob. Keputusan ini beliau ambil setelah mempertimbangkan resiko dan keamanan dari para pakar vaksin. 

Inilah yang menjadikan fakta unik Ridwan Kamil kali ini, Sob. Kondisi apa pun yang dihadapi seorang pemimpin, dia harus bertindak berdasarkan ilmu. Pendapat para pakar harus diindahkan agar keputusan yang diambil membawa kemaslahatan bersama. 

4. Menghitung Resiko 

Berbicara tentang bidang arsitektur maka tidak cukup hanya mengetahui teknik merancang bangunan saja, Sob. Yang harus Sobat Ngobi ketahui adalah di bidang arsitektur harus pandai menghitung resiko. Inilah yang menjadi pedoman beliau dalam mengambil kebijakan. 

Termasuk ketika beliau menjadi relawan uji vaksin, Sob. Perhitungan terhadap resiko dan kemungkinan negatif seperti efek samping, kematian, dan sebagainya telah dilakukan. Dengan cara ini, sosok Ridwan Kamil telah memberi teladan tentang sikap kehati-hatian sebelum seorang pemimpin bertindak. 

5. Berpikir dengan Tiga Sudut Pandang 

Fakta unik Ridwan Kamil satu ini adalah beliau berpikir menggunakan tiga sudut pandang dalam merespon sesuatu. Ketiga sudut pandang itu adalah:

  • sudut pandang politik,
  • keilmuan, dan
  • sosial.

Karena sebagai pejabat publik tidak dapat terlepas dari ketiga hal ini dalam mengambil kebijakan.  Dengan ketiga pemikiran ini juga beliau lebih bijak menanggapi persoalan yang tengah dihadapi, Sob.

6. Merenung Sebelum Mengeluarkan Kebijakan 

Sekalipun telah menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan persoalan. Namun, Ridwan Kamil tetap membutuhkan waktu untuk menyendiri. Merenung menjadi pilihannya sebelum mengeluarkan kebijakan, Sob.

Bahkan sebelum menjadi relawan uji vaksin, beliau telah merenung hingga dua hari. Benar-benar beliau adalah sosok yang penuh pertimbangan. 

7. Tidak Mudah Tersinggung

Kritik yang pedas tanpa dasar pemikiran dan data seringkali diterima oleh beliau, Sob. Dengan lapang dada beliau tidak mempermasalahkannya. Dengan kepala dingin, beliau selalu memberikan kesan bahwa beliau adalah seorang pemimpin yang terlihat ceria dan bersemangat di hadapan rakyatnya. 

Poin fakta unik Ridwan Kamil ini patut dicatat bahwa beliau termasuk orang yang tidak mudah tersinggung, Sob. Karakter ini patut dijadikan teladan apabila kelak Sobat Ngobi menjadi seorang pejabat publik. 

8. Menghargai Riset 

Sosok Ridwan Kamil merupakan sosok yang logis dan humanis. Walaupun beliau terkesan kharismatik. Namun, sebenarnya beliau sangat menghargai dan fokus mempertimbangkan kebijakan berdasarkan riset yang dipercaya dan diakui kredibilitasnya, Sob.

Beliau ternyata sangat menjunjung tinggi riset. Pantas saja seringkali beliau mendapatkan banyak penghargaan dan dipercaya sebagai pemimpin kelas dunia di bidangnya. 

9. Program Desa 4.0 Ridwan Kamil

Hal yang membuat terkesan adalah fakta unik Ridwan Kamil yang satu ini, Sob. Di masa pandemi ini beliau sangat menganjurkan dan mengkampanyekan agar masyarakat hidup di desa dengan teknologi 4.0, Sob. Inilah fakta unik yang keren banget. 

Pemikiran ini bukan tanpa dasar yang asal-asal, Sob. Riset industri membuktikan bahwa di masa pandemi banyak harga saham jatuh kecuali tiga kategori saham yakni industri pangan, digital, dan kesehatan.

Oleh karena itu, beliau menganjurkan agar masyarakat hidup di pedesaan yang asri, makanan alami, dan didukung teknologi komunikasi mutakhir. Alhasil, jadilah masyarakat desa namun rezeki kota, Sob.

10. Pejabat yang Beretika

Berbekal jumlah follower di dunia maya mencapai jutaan, bukan tidak mungkin dimanfaatkan untuk jasa endorse dan komersial. Namun, fakta uniknya beliau tidak memanfaatkannya selama menjadi pejabat publik, Sob.

Baginya, tidak pantas seorang pejabat publik yang sedang mengabdi mengesampingkan tanggung jawabnya hanya karena untuk kepentingan komersil.

Penutup

Demikianlah sepuluh fakta Ridwan Kamil selama menjadi pejabat publik yang sangat menginspirasi masyarakat karena penuh keteladanan. Semoga informasi ini mampu menambah inspirasi baru dan wawasan, Sob.

2 Comments

Leave a comment