Sobat Ngobi pasti sudah tidak asing dengan kata ‘tenggelamkan’. Betul, perkataan ini sangat viral karena diucapkan oleh Susi Pudjiastuti yang pernah menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia tahun 2014 hingga 2019, Sob.

Sosok wanita yang kontrovesial karena merokok dan bertato kini menjadi tokoh teladan di Indonesia. Walaupun pernah dikeluarkan dari sekolah, Susi Pudjiastuti tidak surut dalam belajar, Sob. Status sebagai Presiden Direktur pernah disandangnya.

Perjalanan Pendidikan

Wanita inspiratif, Susi Pujiastuti, lahir di Pangandaran 15 Januari 1965, Jawa Barat. Ternyata, walaupun sekarang tinggal di Provinsi Jawa Barat, beliau terlahir dari keluarga Jawa, Sob. Ayahnya Haji Ahmad Karlan dan Ibunya Hajjah Suwuh Lasminah berasal dari Jawa Tengah.

Beliau mengikuti Paket C ketika menjadi menteri tahun 2015 di Kabupatan Ciamis. Lihatlah Sob. Walaupun sudah menjabat beliau tetap memiliki semangat belajar. Akhirnya, kini beliau mendapatkan gelat Doktor Honiris Causa (HC) karena prestasi-prestasi yang pernah diraihnya.

Karir Bisnis

Siapa yang menyangka bahwa perusahaan Susi Pudjiastuti yang memiliki merek ‘Susi Brand’ dengan produk unggulan lobster berawal dengan modal Rp 750.000 dari hasil menjual perhiasannya, Sob. Beliau merintis usahanya sejak tahun 1983 sebagai pengepul ikan di Pangandaran.

Takdir Tuhan ternyata membuktikan hasil kerja keras beliau. Dua perusahaan besar telah didirikannya. Kedua perusahaan itu adalah PT ASI Susi Marine Product yang mengekspor hasil perikanan dan PT ASI Susi Aviation atau dikenal sebagai Susi Air di Jawa Barat.

Memiliki Kepribadian Unik

Dr.(HC) Susi Pudjiastuti dikenal sebagai tokoh yang lugas dan tegas. Beliau berani berbicara apa adanya dan bertindak dengan tegas selama memimpin. Buktinya, kapal ikan asing tidak segan-segan ditenggelamkan olehnya.

Kecintaannya kepada laut membuatnya memiliki hobi berselancar. Makanan sehari-hari pun tidak luput dari hasil laut. Walaupun sudah berumur namun fisiknya masih terlihat sangat bugar.

Bila dilihat dari konsep kepribadian BRAIN (BRAIN Personalities), beliau adalah pemilik kepribadian Balancer. To the point kepada tindakan solutif dan cekatan. Perjalanan hidup sebagai aktifis gerakan golput semakin menunjukkan bahwa dia sosok yang netral dan menilai sesuatu dengan berbagai perspektif berpikir dari aspek sosial dan kemanfaatan bersama.

Apa Agama Susi Pudjiastuti?

Banyak yang tidak sadar kalau ternyata Islam menjadi agama sosok yang lugas dan tegas ini, Sob. Susi Pudjiastuti pernah berdonasi berupa masjid dari hasil bisnis jasa sewa pesawat terbang, Sob. Pesawat-pesawatnya disewa oleh perusahaan nirlaba untuk program kemanusiaan bencana tsunami di Aceh.

10 Fakta unik Susi Pudjiastuti

Siapa sih yang tidak kenal dengan Susi Pudjiastuti, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia? Beliau merupakan sosok wanita ulet dan tegas. Indonesia memperoleh kemajuan yang pesat di sektor kelautan dan perikanan ketika beliau menjabat. Ada sepuluh  fakta unik Susi Pudjiastuti yang publik perlu tahu. Sepuluh fakta unik Susi Pudjiastuti ini akan membuat banyak pengusaha khususnya pengusaha perempuan terinspirasi oleh beliau, Sob.

Tahukah kamu bahwa Susi Pudjiastuti pernah dikeluarkan dari sekolah karena menjadi aktivis golput? Namun, siapa yang menyangka bahwa sosok tersebut mampu menggerakkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi dari sektor kelautan.

Dengan kemampuan beliau menjadi penguasa lobster,  kini kerja kerasnya membawakan hasil. Bahkan, usahanya berkembang di sektor dirgantara. Susi Air didirikan dengan kualitas pilot berstandar internasional, Sob. Bule-bule pun dipekerjakan sebagai pilot-pilot handal yang memberikan pengalaman berkesan kepada para pengguna Susi Air.

Apakah kamu sudah penasaran tentang sepuluh fakta unik tentang beliau, Sob? Berikut ini adalah sepuluh fakta unik Susi Pudjiastuti yang mampu menginspirasi banyak orang.

1. Melawan Illegal Fishing

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Susi Pudjiastuti sangat konsisten memerangi pemancingan ilegal (illegal fishing) bahkan sebelum menjadi seorang Menteri Perikanan dan Kelautan, yakni sejak tahun 2005. Jadi, sangat wajar bila Presiden Joko Widodo memilihnya sebagai menteri di kabinet kerja. Ketegasannya sangat diakui dengan kata “tenggelamkan” untuk kapal-kapal asing yang memancing di perairan Republik Indonesia.

Inilah fakta unik Susi Pudjiastuti sampai saat ini. Walaupun beliau seorang wanita, tetapi ketegasannya sudah diakui dunia, Sob. Jangan bermain api dengan beliau, hati-hati nanti Sobat Ngobi bisa-bisa ditenggelamkan.

2. Menetapkan 3 Pilar Kelautan Indonesia

Presiden Joko Widodo mengharapkan sektor kelautan menjadi masa depan yang menjanjikan bagi rakyat Indonesia. Oleh karena itu, Susi Pudjiastuti menetapkan 3 pilar yakni;

  • Kedaulatan
  • Keberlanjutan
  • Kesejahteraan

Dari ke tiga pilar itu ternyata mampu memberikan kesempatan kepada para nelayan untuk memanfaat potensi sumber daya kelautan. 

Selama beliau menjabat, sektor kelautan menjadi penyumbang terbesar terhadap perekonomian nasional. Ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan, Sob. Para pelaku usaha hasil laut banyak yang mencicipi manisnya kesejahteraan. Sungguh seorang pemimpin yang tegas dan cerdas.

3. Berkontribusi Untuk Korban Tsunami Aceh

Ketika bencana gempa tsunami di Aceh melanda pada tahun 2004, beliau rela meminjamkan pesawatnya untuk membantu kebutuhan logistik. Namun, siapa yang menyangka ternyata pesawatnya disewa oleh perusahaan NGO. Akhirnya, dari keuntungan itu beliau mampu membeli satu pesawat baru dan mendirikan satu masjid, Sob.

Fakta unik Susi Pudjiastuti ini menginspirasi sekali, Sob. Coba Sobat Ngobi renungkan! Sedekah beliau langsung diberikan balasan saat itu juga oleh Tuhan. Memang sudah terbukti bila seseorang berderma di jalan Tuhan, rezeki pasti akan menghampiri dari arah yang tidak disangka-sangka.

4. Belanja 30 Pesawat Sekaligus

Bukan seperti ibu-ibu kebanyakan yang suka belanja di mall, beliau malah belanja 30 pesawat sekaligus.  Perancis dan Singapura adalah tempat dimana pesawat-pesawat itu dibeli, Sob. Kejelian beliau dalam distribusi hasil laut membuatnya menggunakan armada pesawat udara untuk mendistribusikan hasil laut yang masih hidup dan segar.

Sekilas memang sulit dipikirkan untuk mengirim hasil laut menggunakan pesawat terbang. Namun, demikianlah fakta unik Susi Pudjiastuti yang selalu menemukan solusi di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian.

5. Hanya Makan Fresh Food

Susi Pudjiastuti sangat menjaga kualitas makanan. Beliau hanya makan makanan yang segar sehingga di usianya yang tidak muda, tetapi tetap memiliki stamina yang prima. Tentu saja, makanan segar dari hasil laut menjadi makanan favoritnya.

Alhasil, walaupun sudah tidak muda lagi beliau memiliki ketajaman berpikir yang pantas diacungi jempol, Sob. Seorang wanita dengan keterbatasan pendidikan, tetapi mampu memimpin perusahaan skala besar dan menjadi menteri perikanan dan kelautan pertama di Indonesia. Benar-benar sosok wanita paling berpengaruh di Indonesia saat ini, Sob.

6. Meraih Penghargaan Bergengsi

Penghargaan menunjukkan bahwa kredibilitas seseorang diakui dunia. Susi Pudjiastuti telah menerima beberapa penghargaan bergengsi. Beberapa penghargaan itu di antaranya adalah penghargaan dari Ernest and Young  tahun 2005 untuk kategori bisnis, penghargaan sebagai eksportir terbaik dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Eagle Award dari Metro TV untuk kategori ekonomi, dan masih banyak penghargaan  bergengsi lainnya.

7. Cepat dan Ketat

Beliau mengusulkan kepada Bupati Pangandaran untuk cepat dan ketat menangani wabah Covid-19. Tanpa menunggu instruksi dari pusat, Kabupaten Pangandaran melakukan manajemen khusus untuk mencegah wabah masuk dengan membatasi orang luar wilayah masuk. Hal ini memperoleh hasil yang baik karena kabupaten ini memiliki status zona hijau.

Status zona hijau ini tentu saja menjadi kabar baik dan menenangkan bagi masyarakat Pangandaran. Kedisiplinan dan peran serta masyarakat membuat kota ini menjadi tempat nyaman dan kondusif. Ini telah dibuktikan oleh Susi Pudjiastuti. Walaupun beliau sudah tidak menjabat, tetapi tetap berkontribusi untuk masyarakat.

8. Mengikuti Paket Kelulusan

Bagi mantan menteri kelautan dan perikanan ini, tidak perlu malu untuk melakukan kebaikan dan belajar, Sob. Walaupun telah menjabat sebagai seorang menteri, Susi Pudjiastuti tetap mengikuti paket kelulusan untuk tingkat SLTA.

Beliau sangat menganjurkan siapa pun untuk tidak malu belajar. Umur tidak menjadi penghalang untuk menempuh pendidikan, Sob. Pesan penting yang harus diingat adalah Sobat Ngobi agar memiliki jiwa pembelajar.

9. Cepat Pulih dari Cedera

Suatu ketika Susi Pudjiastuti mengalami cedera di bagian lutut. Cidera ini didapatkannya karena berselancar yang akhirnya membentur batu. Setelah didiagnosa, serabut ototnya termasuk memiliki ketahanan yang baik terhadap benturan dibandingkan serabut otot orang-orang seusianya. Hal ini disebabkan konsumsi makanan berkualitas dan segar yang menjadi kebiasaannya.

10. Membuat Channel Youtube

Sekarang, walaupun sudah tidak menjabat sebagai menteri, Susi Pudjiastuti sangat aktif di media sosial. Channel Youtube menjadi salah satu platform digital yang digunakan. Berbagai informasi bermanfaat untuk menginspirasi masyarakat sudah dapat diakses di akun Youtube Susi Pudjiastuti Official beliau, Sob.

Penutup

Itulah sepuluh fakta unik Susi Pudjiastuti yang penuh perjuangan dan kredibilitasnya telah diakui dunia. Sebagai wanita, beliau adalah teladan bagi para pengusaha wanita Indonesia. Selamat berkarya Sobat Ngobi! Semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi kalian. 

Jangan takut untuk bekerja, jangan bekerja kalau takut

SUSI PUDJIASTUTI

Leave a comment