Tak dapat dipungkiri kalau masih banyak orang yang kerap menyepelekan tips menabung karena dianggap hanya teori semata. Selain itu, tidak sedikit juga orang yang beranggapan jika menabung itu gampang, tapi faktanya selalu saja gagal menyisihkan uang setiap bulannya.

Untuk orang yang sudah memiliki penghasilan saja, masih susah mengalokasikan dana untuk ditabung. Apalagi buat mereka yang masih dalam status pelajar bukan?

Tips Menabung Sederhana Buat Anda yang Kesulitan Menabung

1. Mulailah dari Celengan Uang Koin

Tips yang pertama adalah dengan menabung uang koin. Ya, lumayan sih untuk menambah sedikit demi sedikit saldo tabungan sobat ngobi.

Bisa dimulai dengan menyisihkan kembalian usai berbelanja. Tidak perlu semuanya, cukup uang koin pecahan Rp 200, Rp 500 dan Rp 1.000 saja.

Satu bulan sekali atau enam bulan sekali, sobat ngobi bisa menukarkan koin-koin yang sudah terkumpul itu dengan uang kertas ke toko atau minimarket terdekat. Uangnya bisa sobat ngobi masukkan dengan ke rekening tabungan.

Walau kelihatan sepele, jangan remehkan ya kekuatan uang recehan sobat ngobi, uang ini juga seringkali menjadi penyelamat hidup disaat benar-benar kehabisan uang. Kumpulan uang receh ini bisa menjadi penyelaman hidup sobat ngobi lohh. Ayo ngaku tulis dikolom komentar ya siapa yang sering tertolong dengan uang recehnya?

2. Mengatur Jadwal dan Angka pasti Uang Tabungan

Langkah ini membutuhkan kedisiplinan, dimana setelah menetapkan tujuan dalam menabung. Misalnya dalam jangka waktu lima tahun harus memiliki uang dengan nilai tertentu untuk membeli rumah, maka disiplinkan diri untuk menabung setiap bulan, pada tanggal yang sudah di tetapkan sebagai komitmen untuk mengumpulkan uang tersebut. Sehingga waktu lima tahun yang direncanakan sebelumnya akan dengan mudah tercapai.

Selain jangka waktu yang harus ditentukan, Sobat ngobi pun harus menentukan berapa jumlah uang yang akan ditabung agar target jangka pendek dan jangka panjangnya dapat segera terwujud. Jumlahnya pun harus realistis disesuaikan dengan penghasilan yang dimiliki setiap bulannya.

3. Menabung Dalam Bentuk Saham, Emas atau Investasi

Tanpa sobat ngobi sadari sebenarnya menabung dalam bentuk uang kertas dalam waktu yang lama memiliki resiko yaitu menurunnya nilai dari mata uang itu sendiri. Maka lebih aman untuk menabung uang sobat ngobi dalam bentuk Saham perusahaan, emas atau diinvestasikan ke orang lain. Hal ini dapat menambah nilai uang sobat ngobi atau minimal membuat kekayaan sobat ngobi tidak berkurang. Selain itu ntuk saham atau investasi sendiri pastinya bisa menjadi sumber pasive income sobat ngobi dimasa yang akan datang.

4. Memisahkan Rekening Khusus Tabungan

Memang kadang terdengar sepele bukan? namun dampak dari hal ini akan sangat terasa. Dimana tanpa disadari, tiba-tiba saldo tabungan sobat ngobi sudah habis tanpa disadari.

Selain itu, tidak memisahkan rekening tabungan dengan kebutuhan bisnis atau kebutuhan sehari-hari membuat sobat ngobi cenderung senang belanja karena melihat masih banyak uang di rekening tersebut. Nah Solusi untuk masalah yang satu ini adalah dengan membuat rekening tabungan yang khusus untuk menabung.

5. Jangan Menyepelekan Pengeluaran yang Kecil

Tak peduli sekecil apapun pengeluaran tersebut, Sobat ngobi tetap harus mencatatnya. Banyak orang yang menyepelekan pengeluaran-pengeluaran kecil, padahal ini lah yang bisa menyebabkan pengeluaran sehari-hari menjadi membengkak.

Untuk memudahkan Sobat ngobi melacak dan mengidentifikasi pengeluaran, pertimbangkan untuk menyimpan catatan pengeluaran Anda baik dengan catatan harian dibuku saku atau dengan menggunakan aplikasi keuangan di smartphone sobat ngobi. Sekalipun simpel tapi Sobat ngobi akan dapat menghemat banyak pengeluaran yang tidak sobat ngobi sangka-sangka sebelumnya.

Manfaat Menabung untuk Perencanaan Karir Masa Depan

Di dunia digital seperti sekarang ternyata manfaat menabung memiliki tujuan yang lebih kompleks, Sob. Berbicara soal manfaat menabung sudah pasti identik dengan kata “menyimpan”. Namun, manfaat menabung untuk perencanaan karir di masa depan lebih layak untuk diprioritaskan.

Agar manfaat menabung anda lebih produktif, dibutuhkan pemahaman hubungan menabung dengan karir. Berikut ini 9 manfaat menabung untuk perencanaan karir di masa depan yang harus anda ketahui.

1. Mengetahui bakat dan potensi diri

Sebaiknya anda sudah mengetahui bakat dan potensi anda sedini mungkin, Sob. Bakat adalah suatu kemampuan untuk mempelajari dan menerapkan sesuai dengan tepat dan cepat. Sedangkan, potensi adalah kemampuan terbaik didalam diri yang paling cepat dapat berkembang.

Ketika anda telah mengetahui bakat dan potensi anda. Secara tidak langsung anda sudah memiliki blue print masa depan, Sob. Kesalahan memilih bidang pendidikan, khususnya pendidikan perguruan tinggi, dapat dihindari. Dengan demikian, resiko kesalahan memilih jurusan pendidikan yang berdampak pada pemborosan biaya pendidikan.

2. Mengungkap kepribadian

Kepribadian sangat erat kaitannya dengan emosi dan mental. Kesalahan bersikap kepada orang lain sangat berpengaruh terhadap hubungan sosial. Manfaat menabung akan lebih efektif bila anda mengalokasikan dana tabungan untuk keterampilan softskill. Keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk menjalin relasi yang langgeng di dunia karir.

3. Membeli buku-buku sejarah

Sejarah adalah catatan pengalaman orang lain yang sangat berharga. Buku-buku sejarah dapat membantu anda lebih bijaksana, Sob. Dan, yang lebih penting lagi, anda tidak akan mengulangi kegagalan yang serupa seperti orang-orang terdahulu. Di sana, akan ditemukan hikmah-hikmah dari para pemimpin-pemimpin besar.

4. Pendidikan bahasa asing

Untuk menaklukkan dunia, mutlak harus memahami bahasa, Sob. Misalnya anda berencana meniti karir di luar negeri. Bahasa Internasional wajib anda kuasai. Yang pasti, anda tidak dipermainkan oleh orang lain bila anda menguasai bahasa mereka. Jadi, sebaiknya manfaat menabung untuk perencanaan karir harus dialokasikan untuk kursus bahasa asing.

5. Pengetahuan geografis

Ada yang mengatakan bahwa ilmu para raja adalah salah satu wajib memiliki pengetahuan geografis. Tidak hanya sekedar mengetahui peta saja. Namun, anda juga harus mengetahui kondisi nyata suatu wilayah, Sob. Untuk menguasai ilmu geografi, alokasikan dana tabungan anda untuk melakukan perjalanan. Tentu saja, perjalanan anda harus produktif dan tidak sebatas mencari hiburan.

6. Kursus sesuai bakat

Bakat itu bagaikan mata pedang, Sob. Untuk menjaga ketajaman harus selalu diasah. Bakat didalam diri anda harus selalu ditempa. Dunia selalu bergerak dinamis. Setiap keterampilan harus selalu diperbarui agar sesuai dengan perkembangan zaman.  Manfaat menabung menjadi lebih produktif dengan mengalokasikan dana tabungan untuk meningkatkan keterampilan.

7. Penanaman keterampilan wirausaha

Hidup seperti lari marathon. Anda harus memiliki nafas panjang dan stamina untuk mencapai garis finish. Untuk menjadi sejahtera dan berdampak luas bagi bangsa dan negara, penanaman keterampilan wirausaha sangat dibutuhkan untuk perencanaan karir. Kewirausahaan akan memberikan pemahaman yang tepat untuk mengelola keuangan secara lebih produktif. Tabungan anda berpotensi terus bertambah dan mampu membuka lapangan pekerjaan.

Itulah tujuh manfaat menabung untuk perencanaan karir di masa depan. Bijaksanalah untuk mengelola tabungan anda secara produktif. Karena ketika anda memiliki orientasi produktif terhadap alokasi pemanfaatan dana tabungan, manfaat menabung yang benar akan anda rasakan.

PENUTUP

Baiklah sobat ngobi itulah 5 tips sederhana dalam menabung yang bisa sobat ngobi terapkan. Perlu diingat bahwa, kaya bukanlah seberapa banyak uang yang kita peroleh, melainkan seberapa pandai kita dalam mengelola amanah harta tersebut.

Untuk pertanyaan hari ini, berapa rekor jumlah tabungan paling besar yang pernah sobat ngobi miliki ni? dijawab dengan jujur dikolom komentar dibawah ya

Leave a comment