Sambil duduk sejenak ditemani kopi hangat dapat menenangkan pikiran untuk memikirkan usaha kreatif berpotensi sukses jangka panjang. Sob, penting untuk anda tahu bahwa memulai bisnis harus berpotensi sustain jangka panjang. Ibarat lari marathon, berwirausaha juga demikian.

Bagi anda yang mulai berpikir untuk memulai bisnis, maka usaha kreatif layak anda lirik. Hal ini begitu masuk akal karena mengingat usaha kreatif bisa dijalankan di rumah.

Usaha kreatif tidak hanya sekedar ide-ide produk yang ditawarkan namun juga mencakup seberapa fleksibel anda mengoperasikan usaha anda. Apalagi di tengah masa pandemi yang belum pasti dan tidak kunjung reda, pengoperasian usaha dari rumah menjadi suatu keharusan.

Fleksibel dalam mengontrol kegiatan usaha harus dipikirkan dan direncanakan sebelum memulai usaha. Pasalnya, tidak sedikit para pelaku usaha pemula khususnya kategori usaha kecil menengah mikro (UMKM).

Penasaran apa saja usaha kreatif berpotensi sukses jangka panjang? Berikut ini usaha kreatif yang berpotensi sukses jangka panjang sekarang dan masa depan.

1. Usaha Konten Kreatif

Konten kreatif sangat layak anda lirik. Usaha kreatif ini menawarkan jasa pembuatan konten baik itu untuk sektor periklanan dan personal branding. Dalam fungsi strategisnya, konten kreatif dibutuhkan dalam sektor jasa pemasaran untuk membentuk persepsi masyarakat terhadap suatu produk atau individu.

Di Indonesia, konten kreatif ini juga mencakup pembentukan personal branding untuk tokoh publik. Bagaimana persepsi di benak masyarakat terkait tokoh publik terbentuk merupakan andil dari konten kreatif yang disebarkan. Jenis usaha kreatif ini berpotensi panen besar sewaktu ada event politik.

2. Usaha Jasa Penulisan

Cakupan usaha kreatif dari penulisan memiliki banyak cabang. Mulai dari jasa penulisan artikel, riset, laporan publik, iklan, dan buku. Berawal dari rumah, anda pun mampu menjalankan usaha ini yang berpotensi mendapatkan klien baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Tinggal modal laptop dan kuota internet ditambah kegemaran membaca untuk mencari ide-ide tulisan, anda sudah bisa memulai usaha ini. Hal penting yang harus diperhatikan, anda harus banyak belajar karena anda dituntut untuk memahami pikiran pembaca.

3. Youtuber

Youtube menjadi suatu platform digital yang paling popular di masa pandemic untuk mencari hiburan dan ide-ide kreatif. Banyak para selebriti nasional membangun akun youtube sebagai solusi mendapatkan sumber pendapatan.

Dengan bermodalkan konten kreatif dan bermanfaat anda sudah memiliki 50 persen kesuksesan untuk terjun sebagai youtuber. Konten yang bagus bisa berpotensi viral sehingga mendapatkan banyak penonton. Dari banyaknya jumlah penonton itulah potensi penghasilan akan datang. Bisa datang dari iklan youtube ataupun sponsor yang tertarik meng-endorse produknya pada anda.

4. Voice over

Pernahkah anda melihat dan mendengarkan iklan TV dengan suara latar (back sound)? Suara-suara itu begitu unik sehingga mampu melekat di benak anda. Itulah tugas dari voice over . Voice Over adalah seorang pengisi suara khusus pada video iklan dan video lainnya yang memiliki ciri khas.

Ini menjadi peluang usaha kreatif berpotensi sukses jangka panjang. Anda diharuskan untuk memiliki suara yang bagus atau bisa mengumpulkan para speaker profesional menjadi tim anda. Tidak hanya bisa mendapatkan klien dalam negeri, rekening anda berpotensi dibanjiri mata uang Dollar Amerika Serikat  karena melayani klien dari luar negeri.

Baca Juga : Cara Menganalisis Peluang Usaha Dari Hobi yang Anda Sukai

5. Menjadi Seorang Selebgram

Sekaranglah masa dimana siapa pun memiliki peluang yang berimbang untuk menjadi selebriti. Termasuk bagi anda asalkan mampu memberikan nilai dan konten terbaik untuk netizen. Selebgram adalah seseorang yang terkenal di instagram.

Ada banyak peluang usaha ketika Anda menjadi seorang selebgram yakni bisa membuka jasa endorse , menjadi brand ambassador sebuah produk, membuka jasa sponsored post dan masih banyak potensi penghasilan yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang selebgram.

Untuk mengembangkan usaha kreatif melalui instagram, Anda harus membuat konten-konten kreatif dan menarik sehingga meningkatkan jumlah followers. Semakin banyak jumlah followers yang anda miliki, semakin banyak para sponsor yang berminat untuk menggunakan jasa endorse anda.

6. Video Editor

Dunia kreatif sangat erat berkaitan dan bersinergi dengan video. Video-video sangat mudah mendapatkan impresi yang tinggi dan mendapatkan respon positif dari masyarat. Mulai dari industri film, periklanan, edukasi, dan hiburan sangat membutuhkan jasa edit video.

Konten-konten akun youtube dan instagram pun sangat membutuhkan jasa edit video. Bahkan anda bisa bekerja di rumah bermodalkan komputer yang kompatibel, pendapatan jutaan rupiah mulai masuk ke rekening anda. Yang past  anda tetap berpenghasilan walaupun di tengah pandemi covid, Sob.

7. Graphic Designer

Kegiatan posting konten di media sosial, kemasan produk, dan kegiatan masyarakat seperti jasa pembuatan banner terdapat kontribusi besar dari seorang desainer grafis . Dunia digital sekarang sangat membutuhkan jasa ini dan tentunya berpotensi sukses jangka panjang.

Dengan modal keahlian graphic design, koneksi internet, dan komputer yang mendukung, anda sudah bisa memulai usaha kreatif ini. Apalagi bila anda bisa berbahasa Inggris, potensi penghasilan anda bisa berubah menjadi dollar Amerika Serikat, Sob. Klien-klien anda mulai bermunculan dari luar negeri.

KESIMPULAN

Itulah tujuh usaha kreatif berpotensi sukses jangka panjang yang layak anda rintis, Sob. Yang jelas, apa pun jenis usaha kreatif yang anda pilih pasti menuntut komitmen dan konsistensi yang luar biasa.

Penting juga diperhatikan, anda juga harus belajar tentang kepemimpinan, Sob. Sukses jangka panjang berarti anda harus mampu membangun dan memimpin tim kerja dengan bakat dan karakter yang berbeda. Semakin maju usaha yang anda tekuni, maka sudah pasti akan membutuhkan karyawan-karyawan yang perlu anda bimbing untuk memberikan kinerja terbaiknya.

Selamat memulai usaha kreatif yang anda cintai, Sob!

Semoga sukses jangka panjang selalu menyertai  setiap usaha kreatif yang anda bangun dan bisa berkontribusi untuk kemajuan ekonomi Indonesia.

Leave a comment