Sobat Ngobi, sejak pandemi ini sudah tak asing lagi dengan istilah Work From Home atau biasa juga dikenal dengan bekerja dari rumah. Work from home sendiri sudah mulai diterapkan sejak pemerintah memberikan status darurat corona di Indonesia. Ini berguna agar semua masyarakat tetap di rumah untuk menghindari penyebaran virus corona. Selama pandemi ini juga banyak perusahaan mengalihkan pekerjaan untuk dapat dikerjakan di rumah. 

Selain beberapa perusahaan mengalihkan pada work from home, Pandemi virus corona ini juga membawa dampak yang kurang menyenangkan bagi sektor industri yaitu banyaknya pemutusan hubungan kerja. Maka dari itu kini banyak masyarakat yang cukup kehilangan pekerjaan sampai beralih profesi. Lantas bagaimana agar tetap bisa bekerja dan produktif walaupun pandemi masih berlangsung? Maka dari itu simak ulasan berikut ini mengenai 12 peluang pekerjaan work from home yang dapat Sobat Ngobi coba selama masa pandemi seperti ini. 

12 Peluang Pekerjaan Work From Home

1. Penulis lepas

Penulis lepas atau biasa disebut freelance writer merupakan profesi yang dapat dikerjaan di rumah atau di mana saja. Sobat Ngobi bisa mencari info lowongan terkait freelance content writer yang banyak berjamur di banyak media sosial dan portal lowongan. Tugas penulis lepas ini biasanya tergantung keahlian masing-masing penulis, ada yang khusus mengisi web, membuat cerita fiksi, menulis untuk kebutuhan bisnis perusahaan dan masih banyak lagi. Saat ini profesi ini memiliki peluang yang cukup luas terlebih lagi jika menguasai beberapa skill seperti SEO atau skill menulis lainnya. 

Baca Juga : 9 Jenis Pekerjaan Penulis Lepas atau Freelance Writer

2. Desain Grafis 

Jika sobat Ngobi memiliki keahlian mendesain atau mempunyai pengalaman yang cukup lama dalam dunia desain, tak ada salahnya untuk mencoba menjadi desain grafis freelance yang mana sobat Ngobi bisa mencari client di beberapa platform media sosial dan tentu saja mempromosikan jasa desain. Profesi desain grafis secara freelance mulai banyak diminati, ini karena peluang pekerjaan ini sangat menjanjikan di mana saat ini era digital semakin berkembang pesat dan membutuhkan suguhan desain yang menarik di mata konsumen. 

3. Web developer

Dunia digital semakin melejit maka dari itu profesi sebagai programmer pun sangat banyak dibutuhkan. Semakin banyaknya start up yang berdiri di Indonesia pun juga membuat peluang profesi sebagai web developer pun banyak dicari. Nah untuk kamu yang memiliki pengalaman dengan dunia coding, patut dicoba untuk mulai menjalani profesi sebagai freelance programmer. Kamu bisa mencari banyak lowongan programmer di beberapa situs freelance. Hasilnya pun bisa dibandingkan dengan yang bekerja di kantoran. 

4. Penerjemah

Saat ini profesi sebagai penerjemah bahasa merupakan suatu hal yang menjanjikan. Profesi sebagai penerjemah pun mulai banyak muncul terlebih lagi seorang freelance translator. Jika sobat Ngobi memiliki keahlian dalam bahasa tertentu tak ada salahnya untuk menawarkan jasa penerjemah file-file berbahasa asing. Banyak perusahaan pun yang sebenarnya mencari jasa penerjemah untuk menerjemahkan beberapa file perusahaan yang berbahasa asing. 

5. Editor

Menjadi seorang editor juga merupakan opsi yang banyak dicari orang. Profesi juga bisa dikerjakan dengan work from home. Seorang editor bertugas menyunting baik itu artikel atau naskah buku. Profesi ini lebih sering berkomunikasi melalui online via email atau sosial media maka dari itu profesi editor dapat bekerja dari rumah. 

6. Data Entry

Data entry profesi yang bisa dikerjakan secara work from home. Data entry biasanya memiliki tugas untuk memasukkan data-data pelanggan ke sebuah website, toko online, blog, atau penyimpan online (cloud). Data entry juga semakin banyak dibutuhkan maka dari itu tak ada salah jika sobat Ngobi mencoba profesi data entry freelance ini karena profesi ini juga tidak harus memiliki keahlian khusus. 

7. Tutor Privat

Jika kamu seorang mahasiswa atau yang suka dengan bidang pendidikan, membuka jasa les privat di saat pandemi seperti ini juga merupakan peluang yang cukup bagus. Banyak sekolah yang dialihkan di rumah sehingga guru privat banyak dibutuhkan untuk membantu belajar anak-anak. Kamu juga bisa membuka jasa bimbingan belajar di rumah. Pekerjaan ini dapat dilakukan lebih fleksibel dan bisa work from home. 

8. Admin Sosial Media

Banyak sekali orang-orang yang membuka usaha online dan memanfaatkan segala sosial media untuk memasarkan produk-produknya. Tentu saja dalam mengatur sebuah sosial media untuk kebutuhan bisnis harus diusahakan menarik dan rapi sehingga pelanggan tertarik untuk sekadar melihat hingga melakukan pembelian. 

Tugas admin sosial media adalah mengatur sosial media online shop sehingga menarik para pengikut maupun pelanggan. Profesi satu juga sebenarnya dapat dilakukan secara work from home karena profesi ini selalu berkaitan dengan media online. 

9. Blogger

Blogger merupakan profesi yang saat ini sangat sering dijumpai. Maraknya dunia digital mendorong banyak orang untuk memanfaatkan platform blog untuk berbagai kebutuhan mulai dari berjualan sampai dengan berbagi informasi lewat artikel bermanfaat. Jika sobat Ngobi tertarik dalam dunia blogger hal ini akan sangat menarik karena profesi blogger dapat dikerjakan work from home maupun di mana saja. Penghasilan seorang blogger biasanya didapatkan dari iklan yang tersemat di blog tersebut. 

10. Dropshipper

Jika sobat Ngobi merupakan seorang yang suka dengan dunia bisnis, tak ada salahnya mencoba peluang baru sebagai dropshipper. Singkatnya, dropshipper merupakan model bisnis yang tidak perlu menyetok barang, kamu cukup memesan barang melalui produsen dan akan langsung dikirimkan kepada konsumen. Tentu saja hal ini tidak rumit karena kamu cukup bermodal promosi melalui media online yang dapat dilakukan dengan bantuan laptop atau smartphone. Praktis dan dapat dikerjakan secara work from home. 

11. Jasa pengetikan

Jasa pengetikan juga menjadi salah satu pilihan work from home. Saat ini terkadang seseorang terlalu repot dan tidak memiliki waktu untuk mengerjakan dokumen-dokumen yang banyak sehingga membutuhkan bantuan guna menyelesaikan pengetikan banyak dokumen kantor. Maka dari itu jasa pengetikan saat ini kerap kali sangat dibutuhkan. Tentu saja jasa pengetikan merupakan pekerjaan yang dapat dikerjakan di rumah. 

12. Bisnis online

Sekali lagi, karena maraknya dan tingginya potensi dunia digital membuat segala bisnis maupun marketing beralih pada bisnis online. Berbeda dengan dropshipper, bisnis online adalah kamu yang menyediakan stok sendiri dan menjualkannya secara online, tentu saja hal dapat dikerjakan di rumah dan lebih fleksibel. 

Kesimpulan

Nah ternyata ada banyak peluang pekerjaan yang dapat dilakukan secara work from home ya sobat Ngobi, jika kamu merasa kurang memiliki keahlian dari salah satu profesi di atas, tak ada salahnya untuk belajar terlebih dahulu dan mencoba kursus-kursus online yang banyak dibuka oleh para expert dalam bidangnya. Kursus-kursus tersebut dapat sobat Ngobi temukan di platform seperti Skill Academy, Udemy, atau lainnya yang dapat digunakan secara gratis hingga berbayar, 

Kamu dapat memanfaatkan platform tersebut dan belajar secara optimal sesuai skill yang dibutuhkan. Jadi, selama pandemi ini jika terdapat sobat Ngobi yang terkena pemutusan kerja pun menjadi tidak bingung lagi untuk mencari peluang pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah karena beberapa pilihan pekerjaan di atas dapat sobat Ngobi lakukan secara work from home. 

2 Comments

Leave a comment